Bitcoin News

Bitcoin Balik ke Harga $ 38 Ribu, Bagaimana Tren Selanjutnya?

Published

on

Pasar kripto kembali jatuh pada 27 April 2022 setelah sehari sebelumnya melonjak usai Elon Musk resmi mencapai kesepakatan untuk membeli seluruh saham Twitter.

Berdasarkan data coinmarketcap, setelah sempat mencapai angka $ 40.643,44, harga Bitcoin (BTC) terkoreksi 5,24% hingga $ 38,425,06 hari ini dan bahkan mencapai titik rendah $ 37.969,8 pagi tadi.

Penurunan harga BTC dan sejumlah altcoin pada perdagangan hari ini bersamaan dengan menurunnya pasar saham Amerika, terutama bagi saham-saham teknologi. S&P 500 turun 7%, sedangkan Nasdaq terkoreksi 11%, dan Dow mengalami kerugian 3%.

Namun, secara teknikal, pergerakan Bitcoin saat ini masih membentuk pola yang mengindikasikan harga akan kembali memamantul ke $39-40 ribu. Analis Portalkripto, Arly Fauzy mengatakan secara teknikal saat ini pergerakan Bitcoin tengah membentuk pola failing wedge. Atau di mana pola pergerakan harga memantul (bounce) di antara dua garis tren yang konvergen dan miring ke ke bawah. Artinya, dalam pola ini  menunjukkan pembalikan ke atas.

Baca juga: Daftar Aset Kripto yang Paling Banyak Dipegang Orang Indonesia

Advertisement
BTC/USD 4 jam (Coinbase). By: Arly Fauzi

“BTC/USD saat ini membentuk pola Falling Wedge, peluang pullback ke harga $39,7 ribu,” ujar Arly.

Arly mengatakan, jika pola tersebut tidak berhasil, Bitcoin akan mengalami penurunan ke area $ 37,4-37,5 ribu.

By: Arly Fauzi

Bitcoin sebagai mata uang kripto terbesar di dunia berhasil merangkak naik hingga 16% usai menyentuh titik terendah pada 24 Januari 2022 lalu. Sejak saat itu, Bitcoin terus berusaha mempertahankan harga agar tak kembali ke titik itu.

Namun melihat tren bearish yang terus berlanjut, bukan tidak mungkin harga Bitcoin bisa jatuh lebih dalam dari titik terendah tersebut. Pembeli berharap Bitcoin bisa terus stabil di atas $ 40.000 setidaknya selama tiga bulan untuk memasuki fase aman.

Baca juga: Tokocrypto Market Signal 27 April 2022: Pasar kripto Babak Belur di Zona Merah

Penarikan BTC saat ini mirip dengan apa yang terjadi pada September tahun lalu, ketika pembeli mulai mengambil keuntungan di sekitar zona resistensi $ 46.000-$ 50.000. Namun, tidak seperti situasi sekarang, tahun lalu pembeli diuntungkan oleh momentum positif jangka panjang.

Kapitalisasi pasar kripto keseluruhan sekarang mencapai $ 1.605 triliun dan tingkat dominasi Bitcoin sebesar 45,5%.

Advertisement

Penurunan BTC mengakibatkan sejumlah altcoin berkapitalisasi pasar besar pun terkoreksi. Ether (ETH), koin asli jaringan blockchain ethereum, turun 5,32% dalam 24 jam menjadi $ 2.839,11 hari ini atau kehilangan $ 168,25 dari penutupan sebelumnya.

Sementara Dogecoin (DOGE) ikut turun 8,98% selama 24 jam terakhir meski sempat terimbas euforia Musk. Sedangkan token SHIB Shiba Inu terkoreksi 4,19% selama periode yang sama.

Sumber

Popular

Exit mobile version