Connect with us

Altcoin News

Tokocrypto Market Signal 27 April 2022: Pasar kripto Babak Belur di Zona Merah

Published

on

Ilustrasi Tokocrypto Market Signal 27 April 2022.

Secara umum, kondisi pasar kripto yang lesu selama satu pekan terakhir ini, masih disebabkan oleh tipisnya volume perdagangan. Meski, pada awal pekan lalu, sejumlah kripto sempat menghijau, kini kembali babak belur di zona merah.

Menurut pantau situs Coinmarketcap pukul 10.00 WIB, 10 aset kripto berkapitalisasi pasar terbesar kompak berada di zona merah dalam 24 jam terakhir. Misalnya saja, Bitcoin (BTC) ada di harga $ 38.260,39 per keping, turun 5,7% dibanding sehari sebelumnya. Ether (ETH) juga anjlok 6,32% ke $ 2.822,7 per keping di rentang waktu yang sama.

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono, menjelaskan saat ini pelaku pasar masih ragu-ragu menempatkan uangnya di instrumen investasi berisiko, seperti aset kripto. Alhasil market masih terus bearish hingga pekan terakhir April 2022 ini.

“Sikap investor masih jenuh melakukan aksi jual-beli untuk mengakumulasi investasi aset kripto mereka. Hal tersebut dampak dari bagian aksi risk-off seiring maraknya sentimen negatif di exchange kripto. Selain itu, pelaku pasar juga ingin jaga jarak dengan gejolak di pasar kripto menjelang rapat The Fed bulan depan,” kata Afid.

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono.
Trader Tokocrypto, Afid Sugiono.

Sentimen Negatif The Fed

Sebelumnya, Ketua The Fed, Jerome Powell, memberi sinyal bahwa lembaganya tersebut akan mengerek suku bunga 50 basis poin pada bulan Mei mendatang. Langkah ini dikhawatirkan dapat menyumbat pertumbuhan konsumsi dan investasi, dua motor utama penggerak pertumbuhan ekonomi.

Sementara itu, sentimen negatif yang menghantam pasar kripto juga datang dari krisis konflik Rusia-Ukraina memasuki babak baru setelah Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov, mengatakan Rusia akan berkonfrontasi dengan negara-negara NATO, jika AS dan sekutunya terus menyediakan senjata bagi Ukraina.

“Nilai aset kripto kompak berguguran setelah muncul kabar mengenai eskalasi konflik geopolitik Rusia dan Ukraina. Hal ini menunjukkan bahwa ekonomi dunia bakal mengalami ketidakpastian baru dan membuat pasar aset spekulatif, seperti kripto, jadi tak menarik,” imbuh Afid.

Di samping itu, banyak trader yang mulai menerapkan strategi jangka pendek yang memilih untuk melakukan short trading BTC, ketimbang menahannya untuk mendulang profit. Hal tersebut terjadi pasca level support BTC ada di $ 37.500, meskipun sisi atas tampaknya terbatas menuju level resistance $ 46.000 per keping.

Advertisement

Di sisi lain, Afid memberikan rincian sejumlah aset kripto yang berpotensi bullish dan bearish di pekan ketiga bulan April ini. Simak selengkapnya di Tokocrypto Market Signal.

Baca juga: Ahli Prediksi BTC dan ETH akan Tembus Level Tertinggi di Tahun 2022

Daftar 5 Aset Kripto Bullish

1. Kava (KAVA)

Ilustrasi analisis teknikal Kava (KAVA).

Pergerakan KAVA kembali reli pada pekan terakhir bulan April ini. KAVA setidaknya sudah duduk nyaman dalam daftar aset kripto bullish selama beberapa pekan terakhir di Tokocrypto Market Signal.

Trader Tokocrypto, Afid Sugiono, mengatakan potensi kenaikan harga KAVA akibat peluncuran ETH Bride Beta yang kemungkinan besar akan dilakukan pada 30 April mendatang.

“Kava Network belum ada habisnya untuk reli. Sekarang sentimen positif datang dari peluncuran ETH Bridge Beta yang kemungkinan besar terjadi pada tanggal 30 April mendatang. ET Bridge ini akan membuka jembatan integrasi antara token ERC-20 dan ERC-1155 di Kava Network,” kata Afid.

Lebih lanjut Afid menjelaskan dari analisis teknikalnya kemungkinan besar selama batas bawah pada $ 5,2 masih terjaga, KAVA masih dapat bergerak naik kemungkinan menuju sekitar $ 5,7 dalam beberapa hari ke depan. 

Kava sendiri adalah platform DeFi yang memungkinkan pengguna untuk pinjam-meminjam aset kripto mereka tanpa melibatkan lembaga keuangan dan perantara lainnya. KAVA sebagai token utilitas dan native token governance yang diciptakan oleh ekosistem DeFi Kava, yang terkenal dengan kapasitas pinjamannya. 

Peringkat KAVA di CoinMarketCap pada Rabu (27/4) pukul 10.00 WIB adalah #86, dengan kapitalisasi pasar $ 920.713.375. Pasokan yang beredar 179.939.094 koin KAVA dan maksimal pasokan tidak tersedia.

Advertisement

2. Dogecoin (DOGE)

Ilustrasi analisis teknikal Dogecoin (DOGE).

Dogecoin (DOGE) masuk ke dalam daftar aset kripto yang bullish pekan ini, alasannya tentu dampak dari sentimen pembelian media sosial, Twitter oleh Elon Musk. Saat kesepakatan itu terjadi pada Selasa (26/4), harga dogecoin melonjak sekitar 27%.

Afid melihat DOGE masih bisa reli untuk naik selama beberapa hari ke depan. Pelaku pasar masih menikmati sentimen positif dampak dari Elon Musk yang beli Twitter dengan mahar Rp 634 triliun.

“Dalam data Coinmarketcap, harga Dogecoin masih melonjak 23% dalam 24 jam. Angkanya mencapai $ 0,1383. Volume perdagangannya pun meningkat lebih dari 800% dalam 24 jam terakhir, ke level $ 4.305.628.307. Meski saat ini sedang alami koreksi, harga DOGE bisa naik kembali hingga $ 0,1525.

Musk pernah mengembuskan rumor bahwa kripto DOGE akan digunakan sebagai metode pembayaran di Twitter dan Tesla. Selama ini, Musk menjadi penggerak pasar aset kripto dengan tweetnya tentang Dogecoin dan Bitcoin.

Peringkat DOGE di CoinMarketCap pada Rabu (27/4) pukul 10.00 WIB adalah #12, dengan kapitalisasi pasar $ 18.347.780.794. Pasokan yang beredar 132.670.764.300 koin DOGE dan maksimal pasokan tidak tersedia.

3. STEPN (GMT)

Ilustrasi analisis teknikal STEPN (GMT).

STEPN (GMT) sempat mencuri perhatian para pelaku pasar kripto karena keunikan utilitasnya. GMT kini diperkirakan akan kembali bullish pada pekan ini.

Menurut Afid, aset kripto GMT masih masih cukup bagus dalam beberapa waktu ke depan. Sentimen positif yang menggerakkan nilai karena STEPN mengambil langkah berani untuk ikut program netralitas karbon.

“STEPN, yang merupakan aplikasi gaya hidup Web3, memulai misi mereka untuk memerangi perubahan iklim dan mencapai netralitas karbon dengan pembelian Carbon Removal Tonnes senilai $ 100.000. Analisis teknikalnya, harga GMT bisa sampai puncak kenaikan hingga $ 4 selama beberapa waktu mendatang,” ujar Afid.

Peringkat GMT di CoinMarketCap pada Rabu (27/4) pukul 10.00 WIB adalah #51, dengan kapitalisasi pasar $ 1.971.676.671. Jumlah koin yang beredar 600.000.000 koin GMT dan maksimal pasokan 6.000.000.000 koin GMT.

Advertisement

Baca juga: Mengenal Aset Kripto Mantra Dao (OM) dan QuickSwap (QUICK)

4. The Sandbox (SAND)

Ilustrasi analisis teknikal The Sandbox (SAND).

Aset kripto metaverse, The Sandbox (SAND) kemungkinan besar akan bullish dengan pergerakan harga yang cukup signifikan. Afid melihat kabar MTR Corporation Hong Kong yang bergabung dengan metaverse The Sandbox bikin harga SAND merangkak naik.

“MTR Corporation jadi operator transportasi global pertama yang gabung ke metaverse The Sandbox. Mereka ingin menciptakan pengalaman baru dan imersif di dunia virtual. Kerja sama ini jadi sentimen positi untuk SAND,” kata Afid.

Dari analisis teknikalnya, pergerakan nilai SAND selama batas bawah pada $ 2,5 masih terjaga, kemungkinan besar konsolidasi akan berlanjut dan SAND dapat bergerak naik menuju $ 2,9 atau naik 14 % dalam beberapa hari ke depan. 

Peringkat SAND di CoinMarketCap pada Rabu (27/4) pukul 10.00 WIB adalah #40, dengan kapitalisasi pasar $ 2.884.760.589. Jumlah koin yang beredar 1.158.437.953 koin SAND dan maksimal pasokan 3.000.000.000 koin SAND.

5. Polygon (MATIC)

Ilustrasi analisis teknikal Polygon (MATIC).

Polygon (MATIC) menutup daftar aset kripto yang berpotensi bullish pada pekan terakhir April 2022 ini. Afid menjelaskan sentimen positif yang menggerakan harga MATIC datang dari kabar Twitter yang akan mengizinkan pembuat konten dibayar dalam USDC melalui Stripe dan Polygon.

“Langkah itu menarik, karena pembayaran USDC akan didukung oleh blockchain Polygon, sehingga dampak positif dirasakan oleh pergerakan nilai MATIC,” ungkap Afid.

Lebih lanjut, dari analisis teknikalnya pergerakan MATIC kemungkinan besar selama batas bawah pada $ 1,2 masih terjaga, MATIC dapat naik hingga $ 1,3 atau naik 9% dalam beberapa hari ke depan. 

Peringkat MATIC di CoinMarketCap pada Rabu (27/4) pukul 10.00 WIB adalah #17, dengan kapitalisasi pasar $ 9.871.127.406. Jumlah koin yang beredar 7.844.866.567 koin MATIC dan maksimal pasokan 10.000.000.000 koin MATIC.

Advertisement

Daftar 5 Aset Kripto Bearish

1. The Graph (GRT)

Ilustrasi analisis teknikal Graph (GRT).

Graph (GRT), token asli dari Graph Blockchain, kemungkinan besar akan masuk ke fase bearish pada pekan ini. Trader Tokocrypto, Afid Sugiono, menjelaskan pergerakan GRT sudah menunjukan arah bearish, karena nilai sudah turun sejak beberapa hari lalu.

“Dari analisis teknikalnya, GRT sudah menunjukan pola penurunan. Dalam beberapa hari mendatang kemungkinan akan terus merosot dari dari harga $ 0,37 menuju $ 0,33 atau turun 11%,” kata Afid.

Graph Blockchain sendiri merupakan proyek yang menawarkan cara canggih untuk menanyakan data kompleks blockchain dan smart contract untuk menemukan data yang berguna dengan cepat.

Peringkat GRT di CoinMarketCap pada Rabu (27/4) pukul 10.00 WIB adalah #58, dengan kapitalisasi pasar $ 1.613.105.576. Jumlah koin yang beredar 4.715.735.200 koin GRT dan maksimal pasokan 10.057.044.431 koin GRT.

Baca juga: Daftar Aset Kripto yang Paling Banyak Dipegang Orang Indonesia

2. TomoChain (TOMO)

Ilustrasi analisis teknikal TomoChain (TOMO).

TomoChain (TOMO) adalah proyek yang berupaya meningkatkan skalabilitas blockchain Ethereum (ETH). Hal ini terutama dilakukan melalui peningkatan kapasitas transaksi per detik (TPS).

Afid melihat pergerakan TOMO sedang menurun dalam beberapa terakhir ini. “Analisis teknikal terlihat TOMO kemungkinan besar akan terus turun nilainya dari batas harga bawahnya saat ini $ 1,15 menuju $ 1,03 atau anjlok 11%. Meskipun, nanti akan dari koreksi ke harga batas bawah tersebut.”

Peringkat TOMO di CoinMarketCap pada Rabu (27/4) pukul 10.00 WIB adalah #358, dengan kapitalisasi pasar $ 103.440.833. Jumlah koin yang beredar 90.454.163 koin TOMO dan maksimal pasokan tidak tersedia.

3. Kyber Network Crystal v2 (KNC)

Ilustrasi analisis teknikal Kyber Network Crystal v2 (KNC).

Setelah sempat reli bullish pada pekan lalu, kini Kyber Network Crystal v2 (KNC) harus terkoreksi dengan penurunan nilai yang cukup signifikan. Menurut Afid, KNC akan berpotensi bearish, karena sudah overbought dengan kenaikan harga yang tinggi sebelumnya. 

“Pelaku pasar tampaknya sudah jenuh dengan KNC. Analisis teknikal KNC menunjukan nilai KNC bisa turun dari harga batas bawahnya $ 5,1 ke $ 4,75 atau turun 12%,” tutur Afid.

Advertisement

Peringkat KNC di CoinMarketCap pada Rabu (27/4) pukul 10.00 WIB adalah #84, dengan kapitalisasi pasar $ 925.814.166. Pasokan yang beredar 177.809.350 koin KNC dan maksimal pasokan tidak tersedia.

4. Klaytn (KLAY)

Ilustrasi analisis teknikal Klaytn (KLAY).

Klaytn adalah blockchain publik yang berfokus pada metaverse, gamefi, dan ekonomi kreatif. Sementara. KLAY adalah aset kripto yang digunakan di jaringan Klaytn.

Afid menjelaskan harga Klaytn telah turun 11% dalam 7 hari terakhir. Harga turun 3,76% dalam 24 jam terakhir. Ada sentimen negatif yang membuat nilainya terus anjlok, yaitu kenaikan biaya gas fee yang terlalu tinggi, yaitu dari dari 25 ston menjadi 750 ston. Kenaikan ini untuk perbaikan jaringan dan menghilangkan bot.

“Harganya KLAY bisa terus turun dari batas bawah saat ini ada di $ 0,86 ke $ 0,84 atau turun 8%. Secara keseluruhan memang KLAY sedang dalam fase bearish dalam beberapa waktu belakangan ini,” kata Afid.

Peringkat KLAY di CoinMarketCap pada Rabu (27/4) pukul 10.00 WIB adalah #45, dengan kapitalisasi pasar $ 2.399.364.877. Pasokan yang beredar 2.785.661.189 koin KLAY dan maksimal pasokan tidak tersedia.

Baca juga: 5 Tips Cuan Maksimal Investasi Kripto saat Lebaran

5. Uniswap (UNI)

Ilustrasi analisis teknikal Uniswap (UNI).

Uniswap (UNI) tampaknya belum bisa keluar dari zona bearish-nya pada pekan ini. Sentimen negatif kembali datang, pasca laporan dua perusahaan AS menuduh bahwa Uniswap telah melanggar undang-undang sekuritas dan memfasilitasi penarikan rug pull

Selain itu, Afid mengatakan Uniswap juga menjalin kemitraan dengan TRM Labs untuk memblokir alamat wallet kripto yang ditemukan terlibat dalam perilaku ilegal dari frontend-nya. Hal ini membuat nilai UNI terus tertekan.

“Analisis teknikal melihat harga UNI bisa terjun dari batas bawahnya di $ 8,24 ke $ 7.50 atau turun 13%. UNI belum bisa lepas dari tekan kabar miring mengenai platform DEX-nya,” ungkap Afid.

Advertisement

Peringkat UNI di situs CoinMarketCap pada Rabu (27/4) pukul 10.00 WIB adalah #26, dengan kapitalisasi pasar langsung sebesar $ 5.641.552.712. Ini memiliki pasokan yang beredar dari 690.821.146 koin UNI dan maksimal pasokan 1.000.000.000 koin UNI.

Disclaimer:

Konten ini bersifat informatif, bukan ajakan/anjuran membeli dan atau menjual aset kripto. Segala bentuk perdagangan aset kripto ditanggung pelanggan dengan segala risikonya karena merupakan keputusan pribadi. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas segala resiko yang terjadi, baik keuntungan maupun kerugian dari perdagangan aset kripto.

Popular