Connect with us

Market

Bitcoin Masih Stabil di Zona Positif, Bagaimana Potensinya ke Depan?

Published

on

Ilustrasi market kripto Bitcoin.

Setelah mengalami penurunan sementara, harga Bitcoin (BTC) tampaknya telah pulih kembali ke level di atas US$ 37.000. Meskipun mengalami beberapa kendala, BTC masih berada dalam jalur yang menjanjikan untuk potensi kenaikan yang kuat selama bulan November.

Sebelumnya, menurut Trader Tokocrypto, Fyqieh Fachrur, Bitcoin telah menunjukkan kinerja yang positif dalam satu minggu terakhir, terutama karena optimisme bahwa SEC akan menyetujui beberapa ETF Bitcoin spot, yang dapat membuka pintu bagi arus masuk institusi ke pasar Bitcoin.

“Selain itu, kabar bahwa BlackRock juga berencana untuk meluncurkan ETF Ethereum spot telah sedikit mempengaruhi reli Bitcoin pada pertengahan minggu lalu. Hal ini disebabkan oleh para investor yang sebelumnya telah membeli Bitcoin dengan premis bahwa Bitcoin akan menjadi satu-satunya kripto yang akan mendapatkan persetujuan ETF AS pada tahun mendatang, namun sekarang beralih ke Ether (ETH),” kata Fyqieh.

Sentimen Pekan Ini

Ilustrasi data inflasi dan Bitcoin. Sumber: Securities.io.
Ilustrasi data inflasi dan Bitcoin. Sumber: Securities.io.

Baca juga: Analis Bloomberg Perbarui Perkiraan ETF Bitcoin Spot! Tanggal Berapa?

Bagaimana dengan potensi pekan ini? Pekan ini akan menjadi periode yang penting dengan banyak rilis data ekonomi yang akan menjadi sorotan para pelaku pasar. Pada tanggal 14-15 November, Amerika Serikat akan merilis data CPI (Consumer Price Index) dan PPI (Producer Price Index) untuk bulan Oktober 2023. Jika terjadi kejutan dengan inflasi yang meningkat, hal ini dapat memicu penurunan sementara di pasar Bitcoin.

Data inflasi CPI AS memiliki potensi untuk mengancam tren positif di pasar kripto, terutama jika data tersebut melebihi perkiraan dan mendukung argumen bahwa banyak pembuat kebijakan di Federal Reserve (The Fed) masih mempertimbangkan kenaikan suku bunga untuk mengendalikan inflasi dengan lebih baik di Amerika.

Waktu terus berjalan menuju tanggal deadline 17 November untuk risiko penutupan pemerintah AS (government shutdown). Penutupan pemerintahan AS dapat menciptakan ketidakpastian dalam aspek politik dan ekonomi, yang kemungkinan akan mendorong investor untuk mencari aset yang lebih aman, seperti kripto.

Masih Tren Positif

Jika penutupan pemerintahan benar-benar terjadi dan investor mulai melepaskan dolar AS, ini dapat meningkatkan permintaan terhadap kripto, termasuk Bitcoin, karena banyak yang melihatnya sebagai aset yang lebih aman dan berpotensi menguntungkan. Namun, penting untuk diingat bahwa penutupan pemerintah juga dapat memiliki dampak negatif pada pasar kripto, seperti penurunan volume perdagangan.

Advertisement

Meskipun lingkungan makro saat ini tidak selalu menguntungkan, Bitcoin telah menunjukkan ketahanan terhadap perkembangan makro negatif dalam beberapa bulan terakhir. Meskipun ada beberapa hambatan, harga Bitcoin masih memiliki potensi untuk terus meningkat, mengingat bahwa sepanjang tahun ini telah mencatatkan kenaikan sebesar 121% (Year-over-Year).

Pergerakan harga dalam dua hari terakhir sedikit menurunkan sentimen positif terhadap Bitcoin. Indeks Fear & Greed pada Senin (13/11) berada pada level “Greed” dengan skor 72, mengalami penurunan tipis dari angka 73 pada hari sebelumnya.

Analisis Harga Bitcoin (BTC)

Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Metaverse?

Bitcoin baru-baru ini mengalami kenaikan signifikan melewati pola resistensi yang ada. Namun, tindakan ambil untung yang terjadi kemudian menyebabkan harga BTC gagal mempertahankan momentum di atas level US$ 38.000. Indikator Relative Strength Index (RSI) terus berada di sekitar zona overbought, menunjukkan bahwa ada aksi akumulasi yang cukup agresif di pasar.

Selama optimisme terhadap peluncuran Exchange-Traded Fund (ETF) Bitcoin spot yang akan datang tetap tinggi, Bitcoin kemungkinan akan tetap berada dalam tren naik dalam jangka pendek hingga menengah. BTC mungkin akan berusaha untuk mendorong harga di atas level US$ 38.000. Jika berhasil, langkah ini akan menetapkan target berikutnya untuk Bitcoin di kisaran US$ 40.000 dalam beberapa minggu mendatang.

Namun, jika Bitcoin mengalami penurunan di bawah level dukungan kunci di US$ 36.400, maka ada potensi penurunan lebih lanjut menuju level dukungan berikutnya di US$ 35.265. Setiap penurunan yang mencapai level support utama jangka panjang di US$ 34.000 mungkin akan dianggap sebagai peluang bagi investor jangka panjang untuk mulai menambah posisi mereka secara agresif.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Advertisement

Popular