Connect with us

Market

Bitcoin Terjun ke US$ 25K Usai SEC Tunda ETF untuk BlackRock dkk

Published

on

Bitcoin zona merah

Harga Bitcoin langsung terjun turun ke level US$ 25.000 saat SEC menunda keputusan mengenai aplikasi ETF BTC Spot dari BlackRock dan lima perusahaan lainnya. Dalam waktu kurang dari sehari, Bitcoin telah kehilangan hampir seluruh keuntungan yang diperoleh dari kemenangan pengadilan Grayscale Investment melawan SEC.

Dikutip Cointelegraph, pada tanggal 29 Agustus, Bitcoin melonjak ke level tertinggi dalam dua minggu setelah hakim memutuskan bahwa SEC “sewenang-wenang dan berubah-ubah” ketika menolak aplikasi ETF Bitcoin spot Grayscale.

Namun, penundaan SEC baru-baru ini terhadap tujuh aplikasi ETF Bitcoin yang tertunda telah menyebabkan harga Bitcoin turun hampir 5% dalam 24 jam terakhir.

Data Cointelegraph Markets Pro menunjukkan harga BTC saat ini berada di kisaran US$ 25.991 pada Jumat (1/9) pukul 09.00 WIB, turun tajam dari sekitar level US$ 27.300 yang dipertahankan sejak kemenangan Grayscale.

Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Bitcoin Masih di Bawah Level Kunci, Meskipun Ada Lonjakan Grayscale

Penundaan ETF Bitcoin

BlackRock, WisdomTree, VanEck, Bitwise, Valkyrie dan Fidelity bersama dengan dana bersama oleh Invesco dan Galaxy semuanya ditunda pada 31 Agustus oleh SEC.

Advertisement

Penurunan harga terjadi meskipun beberapa pihak memperkirakan penundaan akan terjadi termasuk analis ETF Bloomberg, Eric Balchunas dan James Seyffart.

Penundaan SEC memberikan waktu 45 hari lagi untuk menyetujui, menolak, atau menunda lagi permohonan.

Batas waktu keputusan berikutnya untuk permohonan ETF adalah antara 16 Oktober dan 19 Oktober, meskipun SEC juga dapat memilih untuk menunda pengambilan keputusan hingga sekitar pertengahan Maret tahun depan, ketika SEC akan dipaksa untuk mengambil keputusan.

BlackRock makin mantap melangkah ke market kripto incar investor kaya. Sumber: Jeenah Moon/Bloomberg.
BlackRock makin mantap melangkah ke market kripto incar investor kaya. Sumber: Jeenah Moon/Bloomberg.

Baca juga: Jumlah Investor Kripto RI Tembus 17,67 Juta hingga Juli 2023

Namun, Balchunas mengatakan pada 30 Agustus bahwa kemungkinan SEC menyetujui ETF Bitcoin spot tahun ini adalah 75% – naik dari prediksi sebelumnya sebesar 65%.

Dia menekankan kemungkinan kenaikan pada kemenangan Grayscale di pengadilan dengan mengatakan bahwa penolakan hakim dengan suara bulat terhadap argumen SEC berarti “akan kesulitan untuk membenarkan penolakan lebih lanjut karena menghadapi tenggat waktu.”

Advertisement

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi.

Popular