Connect with us

Academy

Cara Membuat Decentralized Autonomous Organization (DAO)

Published

on

Cara Membuat Decentralized Autonomous Organization (DAO). Sumber: Binance Academy.

Decentralized Autonomous Organization (DAO) adalah bentuk tata kelola yang umumnya digunakan dalam dunia DApp, proyek kripto, dan investasi dana. DAO populer karena sifatnya yang terdesentralisasi, transparan, dan kemampuannya untuk beroperasi dengan smart contract yang menjalankan fungsi-fungsi secara otomatis. Untuk menciptakan DAO, dibutuhkan solusi teknis untuk mengatur proposal dan voting, dan ada berbagai opsi open-source yang dapat Anda sesuaikan sesuai kebutuhan Anda.

Pendahuluan

Sejalan dengan prinsip dasar desentralisasi yang mendasari dunia kripto, DAO telah menjadi model tata kelola yang semakin populer di dunia blockchain. Dengan sedikit pemahaman teknis dan bantuan beberapa alat, Anda dapat segera menjalankan sebuah DAO. Namun, sebelumnya, Anda perlu merencanakan langkah-langkah dengan baik dan membangun dukungan dari komunitas yang bersangkutan. Mari kita eksplorasi lebih lanjut mengenai prasyarat yang diperlukan dan panduan langkah demi langkah dalam menciptakan sebuah DAO.

Apa Itu DAO?

DAO adalah singkatan dari Decentralized Autonomous Organization (Organisasi Otonom Terdesentralisasi). Sesuai dengan namanya, DAO adalah sebuah entitas organisasi yang dijalankan secara otomatis oleh kode komputer dan terbuka bagi partisipasi dari siapa pun yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Keunikan DAO terletak pada sifat otonomnya, di mana smart contract memainkan peran kunci dalam menjalankan berbagai proses tanpa intervensi manusia. DAO biasanya dibentuk dan dikelola oleh suatu komunitas yang bersama-sama mengawasi dana dan proyek yang terkait.

Salah satu DAO yang paling terkenal adalah “The DAO,” yang merupakan dana modal ventura yang dikembangkan pada tahun 2016 di atas jaringan Ethereum. Sayangnya, proyek ini mengalami serangan dalam tiga bulan pertama penjualan tokennya karena adanya kerentanan dalam kode programnya. Dalam rangka mengatasi masalah tersebut, dilakukan hard fork yang mengembalikan dana kepada pemegangnya. Meskipun mengalami tantangan awal, konsep DAO terus berkembang selama beberapa tahun terakhir dan sekarang menjadi salah satu model tata kelola yang populer, terutama dalam proyek-proyek DeFi (Keuangan Terdesentralisasi).

Setiap DAO memiliki karakteristik yang unik, tetapi semuanya harus mengikuti prinsip-prinsip dasar yang serupa. Setiap orang yang memiliki token tata kelola DAO memiliki hak voting sesuai dengan jumlah token yang dimilikinya. Selain itu, pemegang token dapat mengajukan proposal untuk mengubah cara operasi DAO.

Advertisement

Apa Manfaat Pembuatan DAO?

Bagi proyek kripto, DAO memiliki beragam manfaat yang signifikan. Salah satu manfaat utama adalah penggunaan smart contract dalam operasinya. Kode on-chain ini memastikan bahwa DAO tidak bergantung secara berlebihan pada campur tangan manusia dalam eksekusi prosesnya. Sebagai contoh, proposal yang diajukan dapat secara otomatis dieksekusi melalui smart contract, tanpa risiko sensor atau manipulasi suara.

DAO juga merupakan alat yang berguna dalam mengelola komunitas, terutama ketika sebagian besar anggota komunitas bersifat anonim. Sering kali, tidak ada transparansi terkait identitas asli anggota, dan tingkat kepercayaan yang tinggi diperlukan dalam interaksi dengan individu yang tidak dikenal. Melalui DAO, komunitas dapat mengatur dirinya sendiri dengan efisien, sementara teknologi blockchain memastikan integritasnya. Selain itu, pembentukan DAO lebih sederhana dibandingkan dengan pembentukan organisasi atau entitas tradisional, terutama karena banyak proyek kripto memiliki tim yang tersebar di seluruh dunia.

Terakhir, DAO adalah pilihan yang ekonomis dalam mengelola aspek manusia. Anda dapat mengkonfigurasi dan mengoperasikannya tanpa biaya besar, atau dengan biaya yang relatif kecil.

Penting untuk diingat bahwa dengan memutuskan untuk menggunakan DAO, Anda juga harus bersedia untuk bertanggung jawab atas keputusan-keputusan yang diambil. Dengan mendistribusikan kekuasaan secara terdesentralisasi, Anda tidak lagi memiliki kendali penuh atas proyek Anda. Jika Anda tidak aktif dalam mengambil keputusan terkait tata kelola, ini dapat berdampak negatif pada proyek tersebut.

Apa Yang Dibutuhkan Untuk Membuat DAO?

Menciptakan sebuah Decentralized Autonomous Organization (DAO) yang berhasil melibatkan setidaknya lima elemen penting berikut:

Advertisement

1. Tujuan: DAO harus memiliki tujuan yang jelas. DAO adalah alat sederhana untuk mengelola proyek atau dana, jadi tanpa tujuan yang baik, DAO Anda akan kekurangan arah.

2. Mekanisme Voting: Ini adalah cara utama bagi anggota untuk berpartisipasi dalam DAO dan mempengaruhi keputusan. Ada beberapa cara untuk mengatur mekanisme voting, Anda bisa membuat mekanisme khusus atau menggunakan penyedia pihak ketiga yang akan dibahas nanti. Dalam hal ini, awal yang baik adalah memiliki mekanisme voting yang jelas.

3. Token Tata Kelola atau Saham: Bagaimana orang membuktikan hak mereka dalam mengambil keputusan di dalam DAO? Token tata kelola adalah cara umum untuk memberikan hak ini, dan seringkali berfungsi juga sebagai token utilitas. Sistem saham adalah pilihan lain, terutama untuk dana yang memungkinkan pengguna untuk menyetor kripto mereka ke dalam DAO.

4. Komunitas: Semakin banyak orang yang bergabung dalam DAO Anda, semakin kuat daya tarik desentralisasinya. Desentralisasi menjadi lebih kuat seiring dengan pertumbuhan anggota komunitas yang aktif, yang mana kekuasaan terdistribusi di antara pemangku kepentingan yang lebih banyak.

5. Manajemen Dana: Sebagian besar DAO akan mengelola dana atau aset. Aktivitas ini biasanya terjadi dalam dompet dengan beberapa tanda tangan yang hanya dapat digunakan jika semua peserta utama setuju.

Advertisement

Bagaimana Membuat DAO?

Secara teknis, Anda memerlukan mekanisme untuk mengatur voting dan proposal. Ada beberapa solusi open-source yang dapat digunakan untuk ini. Sebagai contoh, Aragon adalah salah satu pilihan populer untuk blockchain Ethereum, sementara Snapshot adalah mekanisme voting off-chain yang dapat disesuaikan yang berfungsi di beberapa blockchain.

Cara kerjanya akan serupa, tetapi ada perbedaan dalam implementasinya. Beberapa sistem DAO mengadakan polling on-chain, sementara yang lain off-chain. Pilihan terbaik akan bergantung pada kebutuhan spesifik dari DAO Anda.

Pastikan untuk memiliki kripto yang cukup untuk menutupi biaya transaksi saat menerapkan DAO di blockchain.

Aragon

Aragon memungkinkan pembuatan organisasi DAO di beberapa blockchain, termasuk Ethereum, Polygon, Andromeda, dan Harmony. Mereka menyediakan perangkat lunak open-source melalui klien Aragon, yang memudahkan pembuatan DAO yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Proyek Aragon sendiri juga dikelola melalui sebuah DAO dan memiliki organisasi nirlaba yang mengelola dana yang dikumpulkan oleh Aragon.

Membuat DAO berbasis Aragon cukup sederhana:

Advertisement
  1. Anda harus memiliki domain Ethereum Name Service (ENS).
  2. Pastikan Anda memiliki cukup kripto untuk membayar biaya pembuatan DAO (sekitar 0,2 ETH ditambah biaya gas).
  3. Buat organisasi yang terhubung dengan domain ENS melalui DApp Aragon. Ada beberapa struktur organisasi pra-setel yang dapat Anda gunakan.
  4. Konfigurasikan pengaturan, seperti durasi voting dan persentase dukungan yang diperlukan, lalu luncurkan DAO.

Informasi lebih lanjut dapat ditemukan di FAQ Aragon.

Snapshot

Snapshot adalah mekanisme voting off-chain yang dapat disesuaikan. Mekanisme ini menggunakan tanda tangan digital melalui dompet untuk melakukan voting berdasarkan snapshot pemilik token. Ini memastikan bahwa pengguna tidak dapat memengaruhi voting dengan membeli lebih banyak token. Mempertahankan voting off-chain efektif bagi proyek yang beroperasi di berbagai blockchain.

Untuk membuat sistem voting di Snapshot, Anda perlu:

  1. Memiliki domain ENS. DAO harus berada di mainnet Ethereum terlepas dari blockchain tempat proyek Anda beroperasi.
  2. Hubungkan Snapshot ke domain ENS.
  3. Sesuaikan pengaturan ruang Anda, seperti admin, strategi kekuatan voting, ketentuan, dan lain-lain.
  4. Verifikasi ruang Anda, yang mencakup memiliki setidaknya 1.000 anggota dan bukti kepemilikan token yang relevan dengan proyek Anda.

Instruksi lengkap dapat ditemukan di dokumentasi Snapshot.

DAOstack Alchemy

DAOstack Alchemy adalah alat untuk membuat DAO di Ethereum dan Gnosis Chain (sebelumnya dikenal sebagai xDAI). Melalui antarmukanya, Anda dapat membuat DAO dengan relatif mudah, menambahkan anggota, dan mulai mengatur organisasi Anda. Saat artikel ini ditulis, biaya untuk membuat DAO di Ethereum sekitar 0,2 Ether (ETH), tetapi Anda tidak memerlukan Ethereum Name Service (ENS) dalam hal ini.

Untuk membuat DAO dengan DAOstack, Anda cukup:

  1. Hubungkan dompet Anda ke DApp DAOstack.
  2. Ikuti langkah-langkah yang ditampilkan untuk mengonfigurasi DAO Anda.
  3. Bayar biaya yang diperlukan, yang biasanya sekitar 0,2 ETH.

Contoh DAO yang Sukses

Jika Anda mencari inspirasi terkait aturan dan pengaturan yang telah terbukti berhasil, ada beberapa DAO di dunia kripto yang dapat menjadi panutan. Beberapa di antaranya menjalankan organisasi yang sangat terstruktur dan transparan, mirip dengan bisnis besar. Berikut adalah beberapa contoh yang patut dicontohkan:

MakerDAO

MakerDAO adalah salah satu DAO tertua dan paling sukses di pasar kripto. Organisasi ini mengelola stablecoin DAI yang didukung oleh kripto. Mereka mengatur proposal dalam dua tahap, yaitu Polling Tata Kelola untuk keputusan non-teknis dan Voting Eksekutif untuk mengubah smart contract. Siapa pun yang memiliki token MKR, yang merupakan token DAO untuk mengelola proyek, dapat berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan.

Advertisement

Aave

Aave adalah platform pinjaman DeFi di jaringan Ethereum yang memungkinkan pemilik token ERC-20 AVVE atau mereka yang melakukan staking AAVE untuk berpartisipasi dalam DAO. Selain mengelola perubahan dalam proyek, tata kelola Aave juga melakukan voting untuk proyek-proyek baru yang ingin membangun di protokol ini, serta memberikan hibah Aave untuk mendanai konsep tersebut.

Uniswap

Uniswap adalah Automated Market Maker (AMM) yang beroperasi di beberapa blockchain dan telah menjadi inspirasi bagi banyak proyek DeFi. Uniswap adalah salah satu bursa terdesentralisasi terbesar, dan pemegang token UNI memiliki hak untuk melakukan voting dan mengajukan proposal. Untuk mengajukan proposal baru, Anda harus memiliki setidaknya 0,25% dari total pasokan UNI. Untuk mendorong diskusi yang konstruktif, terdapat forum tata kelola di mana anggota komunitas dapat berdebat mengenai perubahan-perubahan yang diusulkan.

Kesimpulan

Membuat DAO pada dasarnya adalah hal yang teknis, tetapi menjalankannya dengan sukses adalah tantangan yang berbeda. Seperti yang terlihat dari contoh-contoh di atas, ada banyak alat sederhana yang tersedia untuk membuat DAO Anda. Namun, kunci keberhasilan DAO terletak pada proyek dan komunitas yang mendukungnya.


Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai aset kripto atau cryptocurrency, bisa baca artikel “Belajar Crypto untuk Pemula Mulai Dari Sini.”

Sumber: Binance Academy Indonesia

Advertisement

Popular