Connect with us

All-Time-High (ATH)

Published

on

Kondisi di mana harga saham menyentuh harga tertinggi yang belum pernah dicapai sebelumnya.

Continue Reading

NFT

Apple Izinkan Penjualan NFT di App Store Dukung Industri Blockchain

Published

on

CEO Apple, Tim Cook. Sumber: Reuters.

Raksasa teknologi Apple sekarang memungkinkan NFT untuk dibeli dan dijual melalui aplikasi yang terdaftar di App Store. Ini memungkinkan pengembang aplikasi saat ini untuk menjual NFT dalam aplikasi dan diklaim sebagai wujud perkembangan industri blockchain.

Sebelum keputusan ini, aplikasi yang menyimpan atau menampilkan NFT mungkin telah melanggar aturan Apple. Sekarang, pengembang dapat menjual NFT dengan restu Apple.

Namun, masih ada kendala dari kebijakan Apple ini. Hal penting yang perlu diketahui adalah Apple mengambil potongan 30% dari pengembang untuk semua transaksi NFT yang dilakukan melalui aplikasi.

Toko aplikasi Android, Google Play Store pun menerapkan kebijakan yang sama.

Ilustrasi NFT.
Ilustrasi NFT.

Baca juga: Kenal Aset Kripto DODO, Fundamental Protokol Blockchain DeFi Optimal

Biaya Potongan

Biaya potongan yang besar ini diproyeksikan akan menghalangi perkembangan proyek, pemilik game, dan aplikasi untuk menggunakan fitur ini di App Store. Ini karena pasar NFT khas lainnya, seperti OpenSea dan Magic Eden sering hanya mengambil komisi 5% yang sangat kecil.

Seperti dilansir The Information, startup NFT, Magic Eden telah memutuskan untuk menarik layanannya dari App Store. Ini terjadi bahkan setelah Apple mengurangi komisinya menjadi 15% untuk perusahaan dengan pendapatan tahunan kurang dari US$ 1 juta.

Apple Belum Terima kripto

Meskipun, Apple saat ini mengizinkan aplikasi di App Store untuk menjual NFT, perusahaan masih belum menerima kripto. Selain itu, perusahaan menahan diri untuk tidak terlibat langsung dengan ruang kripto dan NFT.

Ilustrasi Apple iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang baru rilis. Foto: Apple.
Ilustrasi Apple iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang baru rilis. Foto: Apple.

Baca juga: Grup K-pop Aespa Luncurkan Koleksi NFT Bersama Blake Kathryn

Salah satu alasan yang jelas adalah mereka tidak ingin menimbulkan kemarahan regulasi seperti yang dihadapi Meta, sebelumnya Facebook.

Awal Juni tahun ini, ada beberapa rumor tentang kemungkinan Apple merilis kartu perdagangan NFT di salah satu konferensi pengembang mereka. Namun, tidak pernah membuahkan hasil.

Continue Reading

Bitcoin News

Tingkat Bitcoin Hash Rate Capai ATH Baru di Tengah Crypto Winter

Published

on

Ilustrasi mining Bitcoin.

Tingkat Bitcoin hash rate melonjak ke level tertinggi baru sepanjang masa di 240,08 juta th/s di tengah penurunan market kripto yang sedang berlangsung. Menurut perusahaan perdagangan kripto, Blockchain.com, rekor tertinggi baru terjadi setelah harga pasar turun ke posisi terendah multi-tahun.

Dikutip Tokenist, Bitcoin hash rate mencapai all-time high (ATH) baru sebesar 240,208 juta terahashes per second (Th/s) pada 2 Oktober lalu, sesuai data Blockchain.com. Imbasnya, harga BTC berhasil tembus di atas ambang US$ 20.000, pada artikel ini ditulis.

Data baru menunjukkan bahwa penambang Bitcoin umumnya tetap tidak terpengaruh oleh musim dingin kripto yang sedang berlangsung. Penurunan telah memukul harga kripto dan penjualan non-fungible token (NFT) dalam beberapa bulan terakhir, dengan Bitcoin dan Ethereum kehilangan lebih dari 50% nilainya dalam enam bulan terakhir.

Masa Pemulihan

Pemulihan tingkat hash penambangan Bitcoin dimulai pada pertengahan Agustus. Sejak itu, kripto terbesar di dunia melonjak lebih dari 20% dalam hal kekuatan hashing. Tingkat hash penambangan mengacu pada total daya komputasi yang digunakan untuk menambang dan menangani transaksi di jaringan Bitcoin.

Ilustrasi market kripto Bitcoin.
Ilustrasi market kripto Bitcoin.

Baca juga: Makan McDonald’s di Negara Ini Bisa Bayar Pakai Bitcoin

Tingkat hash baru tertinggi sepanjang masa datang hanya beberapa bulan setelah beberapa perusahaan pertambangan besar menghadapi margin call karena penurunan tajam BTC di tengah penurunan pasar yang lebih luas. Biaya energi dan peralatan untuk menambang Bitcoin tidak turun dengan cara yang sama.

Penambang kripto berhasil mengumpulkan lebih dari US$ 4 miliar utang pada bulan Juli, laporan menunjukkan pada saat itu. Karena kondisi seperti itu, perusahaan penambangan kripto terpaksa menjual jutaan dolar cadangan Bitcoin mereka untuk mengatasi akumulasi utang.

Tingkat hash penambangan Bitcoin anjlok lebih dari 10% pada bulan Juni, karena perusahaan berhenti menggunakan mesin penambangan mereka yang lebih tua karena profitabilitasnya yang rendah.

Penambang Ethereum Beralih ke ETHPoW

Game penambangan kripto juga telah dipengaruhi secara signifikan oleh The Merge Ethereum awal bulan ini. The Merge, bisa dibilang perkembangan paling penting dalam industri kripto pada tahun 2022, melihat transisi Ethereum dari model Proof-of-Work (PoW) ke Proof-of-Stake (PoS).

Ilustrasi Ethereum. Sumber: Getty Images.
Ilustrasi Ethereum. Sumber: Getty Images.

Baca juga: Bappebti: Indonesia Negara Pengadopsi Pengaturan Kripto Tercepat

Sejak The Merge, Ethereum telah berhenti mengandalkan penambang dan transaksi blockchain sekarang diverifikasi oleh apa yang disebut ‘validator’. Pergeseran ke mekanisme konsensus PoS diharapkan dapat mengurangi emisi karbon Ethereum lebih dari 99%, mengatasi salah satu aspek penting kripto yang paling dikritik.

Namun tak lama setelah The Merge, komunitas penambangan mengusulkan hard fork jaringan Ethereum yang akan memungkinkan salinan individu dari mainnet ETH yang ada untuk melanjutkan model PoW. Akibatnya, EthereumPoW (ETHW) diluncurkan hanya sehari setelah The Merge.

Continue Reading

Business

Makan McDonald’s di Negara Ini Bisa Bayar Pakai Bitcoin

Published

on

Makan McDonald's di negara ini bisa bayar pakai Bitcoin. Foto: McDonald's.

Restoran cepat saji, McDonald’s di kota Lugano, Swiss mulai menerapkan metode pembayaran dengan aset kripto Bitcoin (BTC) dan Tether (USDT). Sebelumnya, kota yang berpenduduk 63 ribu jiwa tersebut pada Maret 2022 mengumumkan akan menerima Bitcoin, Tether, dan token LVGA sebagai alat pembayaran yang sah.

Dikutip Cointelegraph, pada 3 Maret 2022, pejabat tinggi kota Lugano menandatangani nota kesepahaman dengan Tether Operations Limited, meluncurkan apa yang disebut “Plan B.”

Menurut rencana ini, Tether telah menciptakan dua dana – yang pertama adalah US$ 106 juta, atau 100 juta franc Swiss, kumpulan investasi untuk startup kripto, dan yang kedua adalah sekitar US$ 3 juta, atau 3 juta franc Swiss, upaya untuk mendorong adopsi kripto untuk toko dan bisnis di seluruh kota.

Baca juga: Gucci Jadi Brand Besar Pertama Terima Pembayaran Kripto ApeCoin

Adopsi Kripto

Selain memungkinkan penduduk Lugano membayar pajak mereka menggunakan kripto, proyek ini akan memperpanjang pembayaran untuk tiket parkir, layanan publik, dan biaya sekolah untuk siswa. Lebih dari 200 toko dan bisnis di area tersebut juga diharapkan menerima pembayaran kripto untuk barang dan jasa.

Salah satu yang menjalankan adopsi metode pembayaran kripto adalah McDonald’s. Dari video promosi berdurasi satu menit tentang memesan makanan di McDonald’s, kota Lugano, dimudahkan membayar di kasir dengan bantuan aplikasi yang menerima BTC dan USDT. Di aplikasi itu terdapat, logo Tether (USDT) dapat terlihat selanjutnya ke simbol Bitcoin pada mesin pembayaran EDC.

McDonald’s, kota Lugano bukan pertama yang menerima pembayaran Bitcoin. Pada September 2021, El Salvador menjadi negara pertama di dunia yang mengizinkan penggunaan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Sejak saat itu, McDonald’s telah menerima Bitcoin di semua 19 gerainya di negara tersebut.

Baca juga: Tesla Jual Pluit Rp 800 Ribu Harus Bayar Pakai Dogecoin

Continue Reading

Popular