Connect with us

Arbitrage

Published

on

Trik yang digunakan untuk mengambil keuntungan dengan memanfaatkan perbedaan harga komoditas yang sama pada dua bursa yang berbeda.

Continue Reading

Bitcoin News

Tingkat Bitcoin Hash Rate Capai ATH Baru di Tengah Crypto Winter

Published

on

Ilustrasi mining Bitcoin.

Tingkat Bitcoin hash rate melonjak ke level tertinggi baru sepanjang masa di 240,08 juta th/s di tengah penurunan market kripto yang sedang berlangsung. Menurut perusahaan perdagangan kripto, Blockchain.com, rekor tertinggi baru terjadi setelah harga pasar turun ke posisi terendah multi-tahun.

Dikutip Tokenist, Bitcoin hash rate mencapai all-time high (ATH) baru sebesar 240,208 juta terahashes per second (Th/s) pada 2 Oktober lalu, sesuai data Blockchain.com. Imbasnya, harga BTC berhasil tembus di atas ambang US$ 20.000, pada artikel ini ditulis.

Data baru menunjukkan bahwa penambang Bitcoin umumnya tetap tidak terpengaruh oleh musim dingin kripto yang sedang berlangsung. Penurunan telah memukul harga kripto dan penjualan non-fungible token (NFT) dalam beberapa bulan terakhir, dengan Bitcoin dan Ethereum kehilangan lebih dari 50% nilainya dalam enam bulan terakhir.

Masa Pemulihan

Pemulihan tingkat hash penambangan Bitcoin dimulai pada pertengahan Agustus. Sejak itu, kripto terbesar di dunia melonjak lebih dari 20% dalam hal kekuatan hashing. Tingkat hash penambangan mengacu pada total daya komputasi yang digunakan untuk menambang dan menangani transaksi di jaringan Bitcoin.

Ilustrasi market kripto Bitcoin.
Ilustrasi market kripto Bitcoin.

Baca juga: Makan McDonald’s di Negara Ini Bisa Bayar Pakai Bitcoin

Tingkat hash baru tertinggi sepanjang masa datang hanya beberapa bulan setelah beberapa perusahaan pertambangan besar menghadapi margin call karena penurunan tajam BTC di tengah penurunan pasar yang lebih luas. Biaya energi dan peralatan untuk menambang Bitcoin tidak turun dengan cara yang sama.

Penambang kripto berhasil mengumpulkan lebih dari US$ 4 miliar utang pada bulan Juli, laporan menunjukkan pada saat itu. Karena kondisi seperti itu, perusahaan penambangan kripto terpaksa menjual jutaan dolar cadangan Bitcoin mereka untuk mengatasi akumulasi utang.

Tingkat hash penambangan Bitcoin anjlok lebih dari 10% pada bulan Juni, karena perusahaan berhenti menggunakan mesin penambangan mereka yang lebih tua karena profitabilitasnya yang rendah.

Penambang Ethereum Beralih ke ETHPoW

Game penambangan kripto juga telah dipengaruhi secara signifikan oleh The Merge Ethereum awal bulan ini. The Merge, bisa dibilang perkembangan paling penting dalam industri kripto pada tahun 2022, melihat transisi Ethereum dari model Proof-of-Work (PoW) ke Proof-of-Stake (PoS).

Ilustrasi Ethereum. Sumber: Getty Images.
Ilustrasi Ethereum. Sumber: Getty Images.

Baca juga: Bappebti: Indonesia Negara Pengadopsi Pengaturan Kripto Tercepat

Sejak The Merge, Ethereum telah berhenti mengandalkan penambang dan transaksi blockchain sekarang diverifikasi oleh apa yang disebut ‘validator’. Pergeseran ke mekanisme konsensus PoS diharapkan dapat mengurangi emisi karbon Ethereum lebih dari 99%, mengatasi salah satu aspek penting kripto yang paling dikritik.

Namun tak lama setelah The Merge, komunitas penambangan mengusulkan hard fork jaringan Ethereum yang akan memungkinkan salinan individu dari mainnet ETH yang ada untuk melanjutkan model PoW. Akibatnya, EthereumPoW (ETHW) diluncurkan hanya sehari setelah The Merge.

Continue Reading

Business

Makan McDonald’s di Negara Ini Bisa Bayar Pakai Bitcoin

Published

on

Makan McDonald's di negara ini bisa bayar pakai Bitcoin. Foto: McDonald's.

Restoran cepat saji, McDonald’s di kota Lugano, Swiss mulai menerapkan metode pembayaran dengan aset kripto Bitcoin (BTC) dan Tether (USDT). Sebelumnya, kota yang berpenduduk 63 ribu jiwa tersebut pada Maret 2022 mengumumkan akan menerima Bitcoin, Tether, dan token LVGA sebagai alat pembayaran yang sah.

Dikutip Cointelegraph, pada 3 Maret 2022, pejabat tinggi kota Lugano menandatangani nota kesepahaman dengan Tether Operations Limited, meluncurkan apa yang disebut “Plan B.”

Menurut rencana ini, Tether telah menciptakan dua dana – yang pertama adalah US$ 106 juta, atau 100 juta franc Swiss, kumpulan investasi untuk startup kripto, dan yang kedua adalah sekitar US$ 3 juta, atau 3 juta franc Swiss, upaya untuk mendorong adopsi kripto untuk toko dan bisnis di seluruh kota.

Baca juga: Gucci Jadi Brand Besar Pertama Terima Pembayaran Kripto ApeCoin

Adopsi Kripto

Selain memungkinkan penduduk Lugano membayar pajak mereka menggunakan kripto, proyek ini akan memperpanjang pembayaran untuk tiket parkir, layanan publik, dan biaya sekolah untuk siswa. Lebih dari 200 toko dan bisnis di area tersebut juga diharapkan menerima pembayaran kripto untuk barang dan jasa.

Salah satu yang menjalankan adopsi metode pembayaran kripto adalah McDonald’s. Dari video promosi berdurasi satu menit tentang memesan makanan di McDonald’s, kota Lugano, dimudahkan membayar di kasir dengan bantuan aplikasi yang menerima BTC dan USDT. Di aplikasi itu terdapat, logo Tether (USDT) dapat terlihat selanjutnya ke simbol Bitcoin pada mesin pembayaran EDC.

McDonald’s, kota Lugano bukan pertama yang menerima pembayaran Bitcoin. Pada September 2021, El Salvador menjadi negara pertama di dunia yang mengizinkan penggunaan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Sejak saat itu, McDonald’s telah menerima Bitcoin di semua 19 gerainya di negara tersebut.

Baca juga: Tesla Jual Pluit Rp 800 Ribu Harus Bayar Pakai Dogecoin

Continue Reading

Policy & Regulations

Investor Aset Kripto di Indonesia Tembus 16,1 Juta Pelanggan

Published

on

Ilustrasi aset kripto

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) merilis data terbaru terkait jumlah investor aset kripto di Indonesia. Dari data tersebut, investor kripto telah tembus 16,1 juta pelanggan per Agustus 2022.

Plt. Kepala Bappebti, Didid Noordiatmoko, mengatakan dalam periode Januari-Agustus 2022, rata-rata kenaikan jumlah investor kripto terdaftar sebesar 725 ribu pelanggan per bulan.

“Hal ini menunjukkan minat masyarakat untuk berinvestasi di perdagangan aset kripto terus meningkat. Sehingga, Beppebti menilai perlu adanya pengawasan yang baik untuk menjaga agar kondisi perdagangan aset kripto di Indonesia tetap kondusif,” kata Didid dalam siaran persnya dikutip Rabu (5/10).

Transaksi Turun

Pertumbuhan industri kripto saat ini sedang mengalami pelambatan. Didid mengungkap kondisi pasar yang berubah-ubah adalah sesuatu yang wajar.

Plt. Kepala Bappebti, Didid Noordiatmoko. Sumber: Bappebti.
Plt. Kepala Bappebti, Didid Noordiatmoko. Sumber: Bappebti.

Baca juga: Riset: 88% Pekerja di Indonesia Siap Rapat di Metaverse

Pada 2021, total nilai transaksi perdagangan aset kripto mencapai Rp 859,5 triliun. Sedangkan, total nilai transaksi pada Januari—Agustus 2022 tercatat sebesar Rp 249,3 triliun atau turun 56,35 persen dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Meski begitu, Didid menambahkan, Indonesia adalah salah satu negara yang mengadopsi pengaturan kripto tercepat. Bappebti memandang bahwa pengaturan perdagangan aset kripto wajib dilakukan terkait perlindungan dana nasabah, memberikan kepastian hukum berusaha, dan memandang dinamika perdagangan aset kripto sebagai sesuatu yang baik.

Perketat Aturan

Kepala Biro Pembinaan dan Pengembangan Perdagangan Berjangka Komoditi, Tirta Karma Senjaya, menjelaskan sebagai regulator lokal untuk aset kripto, Bappebti turut mengatur aset mana yang diizinkan untuk diperdagangkan dan masuk ke whitelist.

“Dalam menentukan aset kripto yang dapat diperdagangkan di Indonesia, Bappebti telah menetapkan peraturan bagi suatu jenis aset kripto untuk dapat diperdagangkan di Indonesia sesuai dengan Peraturan Bappebti Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perdagangan Pasar Fisik Aset Kripto di Bursa Berjangka pada pasal 3,” ungkap Tirta.

Ilustrasi Bappebti.
Ilustrasi Bappebti.

Baca juga: Diterpa Isu KDRT Rizky Billar, Koin Kripto Leslar Anjlok Tenggelam

Ketentuan yang ditetapkan adalah berbasis distributed ledger technology, berupa aset kripto utilitas (utilty crypto) atau aset kripto beragun aset (crypto backed asset), dan telah memiliki hasil penilaian dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) yang ditetapkan Bappebti.

Adapun hasil penilaian dengan AHP wajib mempertimbangkan ketentuan sebagai berikut, nilai kapitalisasi pasar (market cap) aset kripto (CoinMarketCap), masuk dalam transaksi bursa aset kripto besar di dunia, memiliki manfaat ekonomi, dan telah dilakukan penilai risikonya, termasuk risiko pencucian uang dan pendanaan terorisme serta proliferasi senjata pemusnah massal.

Continue Reading

Popular