Connect with us

Centralized Finance (CeFI)

Published

on

Struktur dan jasa keuangan yang memfasilitasi penggunanya lewat sistem yang tersentralisasi.

Continue Reading

NFT

Isyana Sarasvati Rilis Koleksi Mystery NFT, Ini Tampilannya

Published

on

Isyana Sarasvati rilis koleksi Mystery NFT.

Musisi Isyana Sarasvati akhirnya merilis koleksi NFT yang dinamakan Mystery. Pengumuman peluncuran Mystery NFT dilakukan melalui media sosial Isyana pada Selasa (2/10).

“Hai kawan, saya sangat bersemangat untuk mengumumkan proyek NFT pertama yang telah saya kerjakan, koleksi Mystery NFT,” tulis Isyana di Twitter.

Koleksi Mystery NFT akan berisikan kumpulan aset digital berupa musik dan seni yang dikuratori oleh Isyana Sarasvati. Perempuan kelahiran 1993 mengatakan bahwa Mystery NFT adalah sebuah karya yang mewakili hubungan yang luar biasa dengan semua versi dirinya yang berbeda.

Baca juga: Apple Izinkan Penjualan NFT di App Store Dukung Industri Blockchain

NFT Unik

Dilansir situs resminya, koleksi Mystery ini terdiri dari sejumlah NFT unik yang merepresentasikan pengalaman Isyana yang tak tertandingi sepanjang tahun 2022 ini. Ia pun serius melangkah lebih dekat dengan komunitasnya melalui web3.

Bekerja sama dengan HarmoniXX, proyek ini menyoroti percakapan kreatif antara seni dan komunitas blockchain. Memungkinkan pemegang Mystery NFT mengalami ruang sinestetik antara audio dan visual.

Isyana dan tim pengembang berjanji akan mengungkap lebih banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh pemilik Mystery NFT di masa mendatang.

Sebelum proyek ini, Isyana memulai proyek impian Lexiconcert Live on Tour. Konser ini dibuat sebagai gambaran dirinya sebagai perintis, pemusik berbagai genre, serta musisi aneh yang tidak pernah cukup dengan hanya satu hal.

Isyana Sarasvati rilis koleksi Mystery NFT.
Isyana Sarasvati rilis koleksi Mystery NFT.

Baca juga: Riset: 88% Pekerja di Indonesia Siap Rapat di Metaverse

Utilitas NFT

Banyak utilitas dan benefit yang dirasakan oleh pemegang Mystery NFT nantinya. Di antarannya sebagai berikut:

  • Meet and Greet dengan Isyana di Jakarta (Hanya untuk 200 Pemegang Early Bird NFT pertama).
  • Akses ke konten eksklusif – Di balik layar lagu Mystery dan perjalanan membangun NFT.
  • Akses ke sesi khusus dengan Isyana Sarasvati di Discord.
  • Kesempatan untuk mengikuti undian Isyana NFT Edisi Terbatas Gratis.
  • Virtual Meet & Greet – My Mystery dengan Isyana Sarasvati.
  • Undian Merchandise – Storytime of Merchandise Edition
  • Flexing Party.
  • Airdrop.
  • Dan masih banyak lagi.

Cara Beli Mystery NFT

  • Siapkan crypto wallet Anda. Mystery NFT sendiri menyarankan untuk menggunakan MetaMask.
  • Beli kripto Ethereum (ETH) dari MetaMask, atau Anda dapat membeli dari Crypto Exchanges dan mengirimkannya ke Crypto Wallet Anda.
  • Cetak atau minting NFT di Harmonixx.io.
Continue Reading

NFT

Apple Izinkan Penjualan NFT di App Store Dukung Industri Blockchain

Published

on

CEO Apple, Tim Cook. Sumber: Reuters.

Raksasa teknologi Apple sekarang memungkinkan NFT untuk dibeli dan dijual melalui aplikasi yang terdaftar di App Store. Ini memungkinkan pengembang aplikasi saat ini untuk menjual NFT dalam aplikasi dan diklaim sebagai wujud perkembangan industri blockchain.

Sebelum keputusan ini, aplikasi yang menyimpan atau menampilkan NFT mungkin telah melanggar aturan Apple. Sekarang, pengembang dapat menjual NFT dengan restu Apple.

Namun, masih ada kendala dari kebijakan Apple ini. Hal penting yang perlu diketahui adalah Apple mengambil potongan 30% dari pengembang untuk semua transaksi NFT yang dilakukan melalui aplikasi.

Toko aplikasi Android, Google Play Store pun menerapkan kebijakan yang sama.

Ilustrasi NFT.
Ilustrasi NFT.

Baca juga: Kenal Aset Kripto DODO, Fundamental Protokol Blockchain DeFi Optimal

Biaya Potongan

Biaya potongan yang besar ini diproyeksikan akan menghalangi perkembangan proyek, pemilik game, dan aplikasi untuk menggunakan fitur ini di App Store. Ini karena pasar NFT khas lainnya, seperti OpenSea dan Magic Eden sering hanya mengambil komisi 5% yang sangat kecil.

Seperti dilansir The Information, startup NFT, Magic Eden telah memutuskan untuk menarik layanannya dari App Store. Ini terjadi bahkan setelah Apple mengurangi komisinya menjadi 15% untuk perusahaan dengan pendapatan tahunan kurang dari US$ 1 juta.

Apple Belum Terima kripto

Meskipun, Apple saat ini mengizinkan aplikasi di App Store untuk menjual NFT, perusahaan masih belum menerima kripto. Selain itu, perusahaan menahan diri untuk tidak terlibat langsung dengan ruang kripto dan NFT.

Ilustrasi Apple iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang baru rilis. Foto: Apple.
Ilustrasi Apple iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max yang baru rilis. Foto: Apple.

Baca juga: Grup K-pop Aespa Luncurkan Koleksi NFT Bersama Blake Kathryn

Salah satu alasan yang jelas adalah mereka tidak ingin menimbulkan kemarahan regulasi seperti yang dihadapi Meta, sebelumnya Facebook.

Awal Juni tahun ini, ada beberapa rumor tentang kemungkinan Apple merilis kartu perdagangan NFT di salah satu konferensi pengembang mereka. Namun, tidak pernah membuahkan hasil.

Continue Reading

Bitcoin News

Tingkat Bitcoin Hash Rate Capai ATH Baru di Tengah Crypto Winter

Published

on

Ilustrasi mining Bitcoin.

Tingkat Bitcoin hash rate melonjak ke level tertinggi baru sepanjang masa di 240,08 juta th/s di tengah penurunan market kripto yang sedang berlangsung. Menurut perusahaan perdagangan kripto, Blockchain.com, rekor tertinggi baru terjadi setelah harga pasar turun ke posisi terendah multi-tahun.

Dikutip Tokenist, Bitcoin hash rate mencapai all-time high (ATH) baru sebesar 240,208 juta terahashes per second (Th/s) pada 2 Oktober lalu, sesuai data Blockchain.com. Imbasnya, harga BTC berhasil tembus di atas ambang US$ 20.000, pada artikel ini ditulis.

Data baru menunjukkan bahwa penambang Bitcoin umumnya tetap tidak terpengaruh oleh musim dingin kripto yang sedang berlangsung. Penurunan telah memukul harga kripto dan penjualan non-fungible token (NFT) dalam beberapa bulan terakhir, dengan Bitcoin dan Ethereum kehilangan lebih dari 50% nilainya dalam enam bulan terakhir.

Masa Pemulihan

Pemulihan tingkat hash penambangan Bitcoin dimulai pada pertengahan Agustus. Sejak itu, kripto terbesar di dunia melonjak lebih dari 20% dalam hal kekuatan hashing. Tingkat hash penambangan mengacu pada total daya komputasi yang digunakan untuk menambang dan menangani transaksi di jaringan Bitcoin.

Ilustrasi market kripto Bitcoin.
Ilustrasi market kripto Bitcoin.

Baca juga: Makan McDonald’s di Negara Ini Bisa Bayar Pakai Bitcoin

Tingkat hash baru tertinggi sepanjang masa datang hanya beberapa bulan setelah beberapa perusahaan pertambangan besar menghadapi margin call karena penurunan tajam BTC di tengah penurunan pasar yang lebih luas. Biaya energi dan peralatan untuk menambang Bitcoin tidak turun dengan cara yang sama.

Penambang kripto berhasil mengumpulkan lebih dari US$ 4 miliar utang pada bulan Juli, laporan menunjukkan pada saat itu. Karena kondisi seperti itu, perusahaan penambangan kripto terpaksa menjual jutaan dolar cadangan Bitcoin mereka untuk mengatasi akumulasi utang.

Tingkat hash penambangan Bitcoin anjlok lebih dari 10% pada bulan Juni, karena perusahaan berhenti menggunakan mesin penambangan mereka yang lebih tua karena profitabilitasnya yang rendah.

Penambang Ethereum Beralih ke ETHPoW

Game penambangan kripto juga telah dipengaruhi secara signifikan oleh The Merge Ethereum awal bulan ini. The Merge, bisa dibilang perkembangan paling penting dalam industri kripto pada tahun 2022, melihat transisi Ethereum dari model Proof-of-Work (PoW) ke Proof-of-Stake (PoS).

Ilustrasi Ethereum. Sumber: Getty Images.
Ilustrasi Ethereum. Sumber: Getty Images.

Baca juga: Bappebti: Indonesia Negara Pengadopsi Pengaturan Kripto Tercepat

Sejak The Merge, Ethereum telah berhenti mengandalkan penambang dan transaksi blockchain sekarang diverifikasi oleh apa yang disebut ‘validator’. Pergeseran ke mekanisme konsensus PoS diharapkan dapat mengurangi emisi karbon Ethereum lebih dari 99%, mengatasi salah satu aspek penting kripto yang paling dikritik.

Namun tak lama setelah The Merge, komunitas penambangan mengusulkan hard fork jaringan Ethereum yang akan memungkinkan salinan individu dari mainnet ETH yang ada untuk melanjutkan model PoW. Akibatnya, EthereumPoW (ETHW) diluncurkan hanya sehari setelah The Merge.

Continue Reading

Popular