Connect with us

Bitcoin News

Dominasi Bitcoin Meningkat! Bagaimana Akan Pengaruhi BTC dan Altcoin?

Published

on

bentuk koin bitcoin

Bitcoin, yang lebih stabil pada bulan September dibandingkan bulan Agustus, naik di atas US$ 27.000 atau sekitar Rp 415 juta sebelum keputusan The Fed. BTC yang mengalami penurunan akibat dampak sidang kasus Binance SEC, kembali pulih dan kembali naik di atas US$ 27.000.

Dominasi pasar BTC, saat ini sebesar US$ 27.100, juga meningkat. Tingkat dominasi pasar Bitcoin, yang melacak pangsa BTC terhadap total pasar aset digital, naik menjadi 50,2%, mencapai level tertinggi dalam sebulan.

Pada angka 50,2%, dominasi Bitcoin mendekati level 52% yang terlihat pada akhir Juni, level tertinggi dalam 26 bulan terakhir.

Dominasi Bitcoin Dapat Naik

Seperti yang mungkin diingat, pada bulan Juni, BlackRock, manajer aset terbesar di dunia, mengajukan permohonan ETF Bitcoin spot. Setelah penerapan ini, dominasi BTC meningkat menjadi 52%.

Berbicara pada titik ini, para analis menyatakan bahwa dominasi Bitcoin dapat meningkat lebih jauh, dengan mengatakan bahwa harapan untuk persetujuan ETF Bitcoin spot dan tindakan regulasi dapat menjadi katalis lebih lanjut untuk harga BTC.

koin bitcoin
Ilustrasi aset kripto Bitcoin. Sumber: Shutterstock.

Baca juga: 17 Altcoin Akan Token Unlock Pekan Ini, Antisipasi Gerak Harga Kripto

Menunjukkan bahwa altcoin berada di ambang potensi penurunan, kepala penelitian Matrixport, Markus Thielen mengatakan:

“Risiko di pasar altcoin termasuk penjualan token oleh bursa FTX yang bangkrut, penurunan pendapatan protokol Ethereum, dan pembukaan kunci token yang mengakibatkan investor modal ventura menjual token.”

Advertisement

Jika kita melihat Bitcoin, BTC mencapai puncaknya pada Juli 2023, dan altcoin terbesar Ethereum (ETH) mencapai puncaknya pada bulan April.

“Pada titik ini, meskipun berita spot BTC ETF telah menjadi katalis untuk harga BTC, hal itu belum benar-benar menguntungkan altcoin, bahkan ETH,” tambah Thielen.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apa pun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas berisiko tinggi.

Popular