Connect with us

Bitcoin News

Faktor di Balik Lemahnya Harga Bitcoin dan Prediksi Perubahan Positif

Published

on

Ilustrasi market kripto Bitcoin.

James Butterfill, Kepala Riset di CoinShares, bersama analis Scott Melkar, baru-baru ini membahas kondisi pasar kripto, khususnya Bitcoin (BTC). Butterfill menekankan pentingnya keakuratan prakiraan ekonomi dan kesesuaian prakiraan tersebut dengan data aktual. Saat ini, banyak data ekonomi makro tidak sesuai harapan, menunjukkan bahwa para analis terlalu optimis dan ekonomi makro AS tidak sebaik yang diyakini.

Federal Reserve (FED) juga termasuk dalam tren ini. Sementara FED membahas satu kali kenaikan suku bunga tahun ini, pasar mengantisipasi dua kali kenaikan. Butterfill percaya bahwa prediksi pasar lebih akurat. Jika Dot Plot FED bergeser pada musim panas dan lebih sesuai dengan ekspektasi pasar pada bulan September, hal ini dapat memberikan dukungan signifikan bagi Bitcoin.

Sebagian besar pelemahan harga awal Bitcoin dan penurunan baru-baru ini disebabkan oleh kekecewaan pasar terhadap sikap FED terkait pemotongan suku bunga. Indikasi dari FED tentang hanya satu potensi pemotongan suku bunga tahun ini mengecewakan investor. Namun, Butterfill memperkirakan pandangan ini akan berubah sepanjang tahun, yang berpotensi menguntungkan Bitcoin.

Ilustrasi Bank Sentral AS, The Fed. Foto: Shutterstock.
Ilustrasi Bank Sentral AS, The Fed. Foto: Shutterstock.

Baca juga: Altseason Selanjutnya Akan Didominasi oleh Memecoin

Kondisi Pasar Kripto

Di sisi lain, pasar altcoin menunjukkan arus masuk yang signifikan meskipun ukuran aset yang dikelola relatif kecil. Misalnya, Cardano memiliki aset senilai $52 juta, namun minggu lalu mengalami arus masuk sekitar $1 juta. Menurut Butterfill, minat investor terhadap pasar altcoin tahun ini cukup besar, dengan banyak yang melakukan diversifikasi ke berbagai mata uang kripto.

“Di pasar altcoin, kita melihat arus masuk yang terukur—atau relatif—karena aset yang dikelola di altcoin ini jauh lebih kecil. Contohnya, Cardano yang hanya mengelola $52 juta, tetapi minggu lalu arus masuknya sekitar satu juta dolar. Tahun ini, orang-orang mulai mencari peluang di pasar altcoin,” ujar Butterfill.

Advertisement

Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMERSetiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular