Connect with us

Market

Harga Bitcoin dan Solana Naik, Pasca The Fed Pertahankan Suku Bunga

Published

on

Iustrasi aset kripto Bitcoin

Bitcoin mengalami kenaikan harga menyusul keputusan The Fed untuk mempertahankan suku bunga stabil di kisaran 5,25% hingga 5,50%. Menambah momentum positif di awal November 2023, harga Bitcoin (BTC) dan harga Solana (SOL) termasuk di antara yang mengalami kenaikan tertinggi setelah pertemuan FOMC.

Pada hari Rabu (1/11) malam, Ketua Fed, Jerome Powell mengurangi taruhan pada kenaikan suku bunga Fed pada bulan Desember, sehingga memicu permintaan BTC dan pasar yang lebih luas.

BTC menguat 2,30% dan menembus level US$ 35.500 yang secara signifikan mencapai level tertinggi baru tahun 2023. Melanjutkan momentum bullish, Solana menonjol dengan perolehan harian tertinggi di antara 10 kripto teratas berdasarkan ukuran pasar. Kenaikan SOL ini terjadi di tengah proses kebangkrutan seputar FTX, yang terkait erat dalam hal investasi dari Solana Foundation.

Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik harian BTC/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Analis Ungkap Proyeksi Harga Ethereum (ETH) Akhir 2023

Sebelumnya, CoinGape melaporkan bahwa FTX mendapatkan persetujuan pengadilan untuk menjual kepemilikan kripto senilai US$ 3,4 miliar termasuk Bitcoin (BTC), Solana (SOL), dan Ethereum (ETH). Namun, harga SOL telah menunjukkan ketahanan di tengah uji coba Sam Bankman-Fried (SBF) yang sedang berlangsung.

Perusahaan manajemen investasi global VanEck memperkirakan kemungkinan harga SOL mencapai angka US$ 3.200 pada tahun 2030, memproyeksikan kenaikan sebesar 80 kali lipat dari kisaran saat ini.

Kenaikan Suku Bunga di Pertemuan FOMC Desember?

Dalam pidatonya Powell, menyatakan bahwa aktivitas ekonomi AS tumbuh kuat pada kuartal ketiga tahun 2023, pejabat The Fed tidak menutup kemungkinan akan adanya kenaikan lebih lanjut pada pertemuan mendatang, mengingat target penurunan inflasi hingga angka 2%.

Harga Bitcoin melonjak tajam karena The Fed mempertahankan suku bunga tetap stabil sesuai ekspektasi. Meskipun Powell memperingatkan untuk tidak mengesampingkan kenaikan suku bunga lagi pada pertemuan FOMC berikutnya di bulan Desember, pasar kripto dan saham menunjukkan kenaikan yang mengesankan.

Advertisement
Ketua The Fed, Jerome Powell. Foto: Getty Images.
Ketua The Fed, Jerome Powell. Foto: Getty Images.

Baca juga: Daftar Kripto yang Harus Diperhatikan di Bulan November 2023

Meskipun keputusan Bank Sentral AS untuk mempertahankan suku bunga tidak berubah sesuai dengan ekspektasi, pidato Powell dapat memicu kekhawatiran baru seputar kembalinya sikap pengetatan kebijakan moneter bank sentral. Sebelumnya, Biro Analisis Ekonomi AS melaporkan indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) bulan September meningkat 0,4% dibandingkan Agustus 2023.

Sementara itu, responden di CME FedWatch Tool menunjukkan peningkatan kemungkinan kenaikan suku bunga pada pertemuan FOMC bulan Desember 2023. Dibandingkan dengan minggu lalu, Alat ini menunjukkan kemungkinan kenaikan sebesar 2% untuk kenaikan suku bunga ke kisaran 5,50% hingga 5,75%, dengan ruang untuk peningkatan lebih lanjut dalam kekhawatiran kenaikan suku bunga menjelang pertemuan pada 12-13 Desember 2023.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular