Connect with us

Altcoin News

Harga XRP Melonjak Karena Efek Kasus SEC Ripple Segera Selesai

Published

on

Ilustrasi aset kripto XRP. Sumber: FX Empire.

Harga XRP melonjak hingga US$0,65 karena analis berharap akan ada perkembangan positif dalam gugatan Ripple dengan SEC. Target berikutnya adalah pergerakan ke US$0,90.

XRP, mata uang kripto milik Ripple, mengalami kenaikan signifikan setelah SEC mengubah gugatan hukumnya terhadap Binance terkait perlakuan terhadap sekuritas pihak ketiga. Banyak yang berharap perubahan ini bisa mempercepat penyelesaian gugatan SEC terhadap Ripple yang sudah berlangsung lama. Harga XRP naik lebih dari 9%, mencapai $0,65, dan kapitalisasi pasarnya mencapai $36,5 miliar. Akibatnya, XRP berhasil mengalahkan USDC milik Circle untuk posisi keenam. Aktivitas paus XRP juga meningkat dalam beberapa minggu terakhir.

Akumulasi Whale XRP Meningkat

Menurut penyedia data on-chain Santiment, jumlah dompet yang menyimpan minimal 10.000 XRP meningkat secara signifikan dalam lima minggu terakhir. Data Santiment juga menunjukkan adanya 279.400 alamat hiu dan paus di buku besar XRP, kembali ke level tertinggi dalam enam bulan. Sepanjang tahun 2024, korelasi antara pertumbuhan dompet besar ini dengan nilai pasar altcoin sangat kuat.

Grafik akumulasi whale XRP meningkat. Sumber: Santiment.
Grafik akumulasi whale XRP meningkat. Sumber: Santiment.

Baca juga: Michael Saylor Prediksi Harga Bitcoin Mencapai $49 Juta pada 2045

Alasan lain di balik lonjakan XRP adalah ekspektasi analis bahwa penghapusan Solana (SOL), Cardano (ADA), Polygon (MATIC), dan altcoin lain dari kategori ‘sekuritas’ dalam gugatan Binance oleh SEC akan membuka jalan bagi penyelesaian yang lebih cepat dalam gugatan Ripple.

Advertisement

Namun, CEO Ripple Brad Garlinghouse mengkritik SEC atas praktik regulasi yang tidak konsisten dan aturan yang tidak jelas. Dia mengatakan bahwa regulator federal tidak menepati janji dalam penerapan aturan yang konsisten di sektor kripto. Amandemen terbaru ini bisa membuka jalan bagi Ripple untuk melawan identifikasi XRP sebagai sekuritas oleh SEC.

Pergerakan Selanjutnya untuk XRP

Lonjakan harga XRP baru-baru ini ke US$0,65 terjadi setelah volume perdagangan harian melonjak 133% menjadi US$2,726 miliar. Selain itu, XRP diperdagangkan di atas rata-rata pergerakan 50 hari dan 200 hari.

XRP baru-baru ini menembus pola segitiga yang kuat dan berpotensi terus menguji resistansi di US$0,90. Jika berhasil menembus di atas US$0,90, XRP bisa memulai reli menuju titik tertinggi sepanjang masa, melampaui konsolidasi harga selama enam tahun.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

Advertisement

DISCLAIMERSetiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular