Connect with us

Altcoin News

Harga XRP Ripple Siap Melonjak Lagi? Menanti Kemenangan Versus SEC

Published

on

Ilustrasi aset kripto XRP. Sumber: FX Empire.

Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) kembali mengalami kemunduran hukum dalam gugatannya terhadap Ripple Labs, perusahaan di balik XRP, aset kripto terbesar kelima berdasarkan kapitalisasi pasar, menurut data CoinMarketCap.

Pada bulan Juli tahun ini, Hakim Analisa Torres dari Pengadilan Distrik AS memutuskan bahwa penjualan XRP tidak serta merta merupakan penawaran sekuritas yang tidak terdaftar oleh Ripple Labs, seperti yang dikemukakan oleh SEC dalam gugatan aslinya.

Selain sangat kontroversial dari sudut pandang peraturan, keputusan Hakim menandai kemenangan signifikan bagi Ripple, menyebabkan token aslinya melonjak hampir 80% dalam beberapa jam setelah pengumuman. Pada saat itu, kapitalisasi pasar XRP meningkat lebih dari US$ 70 miliar karena kegembiraan yang ditimbulkan oleh berita tersebut.

Hakim Menolak Banding SEC untuk membatalkan keputusan tersebut
Selasa (3/10) ini, Hakim Torres menolak banding SEC untuk membatalkan keputusannya pada bulan Juli, dengan menyatakan bahwa keputusan sebelumnya akan menciptakan “masalah hukum yang rumit” di tingkat peraturan dan dengan demikian harus ditinjau oleh pengadilan banding federal sebelum kasus tersebut selesai, menurut Reuters.

Namun, Hakim Torres tidak setuju, memutuskan bahwa SEC telah gagal menunjukkan bahwa keputusan aslinya cukup cacat atau bermasalah.

Harga XRP

Ilustrasi aset kripto Bitcoin dan XRP. Sumber: FX Empire.
Ilustrasi aset kripto Bitcoin dan XRP. Sumber: FX Empire.

Baca juga: Arthur Hayes Prediksi Bitcoin Akan Capai Harga Rp 11 Miliar, Kapan?

Kemunduran hukum baru-baru ini menyebabkan kenaikan harga lebih dari 8% untuk XRP setelah pengumuman tersebut, mendorongnya dari US$ 0,505 ke puncak US$ 0,5480.

Meskipun lonjakan tersebut mungkin tidak sedramatis pada bulan Juli, hal ini memperkuat posisi XRP sebagai salah satu aset kripto yang paling menarik bagi investor yang menantikan harga XRP US$ 10 di tengah hasil pertarungan hukum SEC vs Ripple, menurut Santiment.

Advertisement

Implikasi Masa Depan bagi Ripple dan Industri Kripto

Meskipun SEC masih memiliki kesempatan untuk mengajukan banding lagi atas keputusan Hakim Torres, ketika kasusnya selesai setelah persidangan yang dijadwalkan pada April 2024, keputusan tersebut sendiri merupakan kemenangan besar bagi Ripple dan industri kripto secara keseluruhan. Hal ini menunjukkan bahwa sikap agresif SEC terhadap industri ini mungkin tidak masuk akal secara hukum.

Oleh karena itu, jika Ripple pada akhirnya memenangkan kasus melawan SEC, kemungkinan besar hal tersebut akan menjadi preseden penting dan berdampak luas mengenai bagaimana mata uang kripto diatur di Amerika Serikat. Akankah Ripple muncul sebagai pemenang, atau akankah SEC akhirnya berhasil?


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apa pun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas berisiko tinggi.

Popular