Crypto

Ini 5 Aset Kripto yang Paling Banyak Dicari di Google Tahun 2022

Published

on

Aset kripto masih menduduki daftar pencarian teratas di Google sepanjang tahun 2022. Meski begitu, di saat kondisi market sedang lesu, rasa penasaran orang untuk menelusi kripto di Google juga mengalami penurunan.

Menurut Google Trends, berkurangnya peminatan kripto juga mendorong pencarian internet untuk kata kunci “beli cryptocurrency” ke level terendah sejak Februari 2020.

Dikutip Cointelegraph, “Payments Get Personal Report” tahun 2022 dari Accenture menunjukkan bahwa minat ritel terhadap aset kripto tetap tinggi, meskipun terjadi kejatuhan pasar di tahun 2022. Alasan yang diberikan responden antara lain investasi jangka panjang (28%), rasa ingin tahu (22%), spekulasi jangka pendek (21%) dan lain-lain.

Sementara, kondisi market total kapitalisasi pasar aset kripto telah turun sekitar 70% year-to-date (YTD) — dari US$ 2,5 triliun menjadi US$ 770 juta — sebagai tanda kapitulasi besar-besaran oleh para trader dan investor.

Bitcoin Bikin Penasaran

10 aset kripto teratas berdasarkan pencarian bulanan AS dan global. Sumber: DollarGeek.

Baca juga: Daftar Lima Aset Kripto Berkinerja Buruk di Tahun 2022

Menurut DollarGeek, Bitcoin (BTC) telah muncul sebagai aset kripto yang paling banyak dicari di Google pada tahun 2022, menarik 28,41 juta pencarian bulanan di seluruh dunia.

Advertisement

Minatnya tetap relatif tinggi karena para ahli menilai kualitasnya dibandingkan dengan aset kripto lainnya di industri ini. Misalnya, investor modal ventura, Tim Draper, berpikir koin yang lebih lemah akan ditinggalkan di tengah musim dingin kripto yang sedang berlangsung, sehingga menguntungkan BTC.

Harga BTC turun hampir 65% YTD, dengan beberapa analis memperkirakan harganya bisa turun hingga US$ 10.000. Tetapi, pencarian internet selama 12 bulan terakhir mengungkapkan bahwa kebanyakan orang mencari untuk membeli BTC, bukan menjualnya. Hal tersebut menunjukkan bahwa kebanyakan orang tidak pernah memiliki BTC.

Dogecoin Favorit

Ilustrasi aset kripto Dogecoin.

Baca juga: Daftar Lima Aset Kripto Berkinerja Baik di Tahun 2022

Dogecoin (DOGE) menduduki posisi runner-up sebagai kripto yang menarik rata-rata 5,85 juta pencarian bulanan di seluruh dunia pada tahun 2022.

Memecoin menjadi berita terutama karena Elon Musk, yang membeli Twitter dan menggoda pengikutnya dengan mengintegrasikan DOGE untuk pembayaran dalam aplikasi. Namun, itu juga mendapatkan daya tarik setelah terdaftar di Robinhood, platform perdagangan bebas komisi yang berbasis di Amerika Serikat.

Di belakang DOGE, dalam daftar teratas pencarian kripto 2022 berturut-turut ada Shiba Inu (SHIB), Ethereum (ETH), dan Cardano.

Advertisement

Sementara di Indonesia sendiri, meski belum ada dalam lengkap aset kripto apa saja yang paling dicari, tapi trending pencarian di Google Trends 2022, menunjukan kata kunci “Apa Itu Kripto” menempati urutan lima teratas.

Popular

Exit mobile version