Connect with us

Academy

Kenal Axelar (AXL): Proyek Kripto Interoperabilitas Lintas Rantai

Published

on

Ilustrasi Axelar (AXL).

Interoperabilitas adalah kunci untuk mewujudkan potensi penuh Web3. Bayangkan sebuah dunia di mana Anda dapat dengan mudah mentransfer aset, data, dan identitas Anda di berbagai blockchain tanpa hambatan. Inilah visi Axelar, platform interoperabilitas terdepan yang memungkinkan komunikasi dan transfer data yang aman dan terdesentralisasi antara berbagai blockchain.

Diluncurkan pada tahun 2020, Axelar telah berkembang pesat dan telah menjalin kemitraan dengan beberapa proyek blockchain ternama seperti Cosmos, Avalanche, dan Solana. Artikel ini akan membahas lebih dalam tentang Axelar, termasuk keunggulan dan kelemahannya, prospek masa depan, dan tokenomics.

Axelar didirikan oleh Sergey Gorbunov dan Georgios Vlachos, dua veteran industri blockchain dengan pengalaman di Cosmos, Tendermint, dan Ethereum. Platform Axelar diluncurkan pada mainnet pada bulan Januari 2023.

Apa yang Membuat Axelar Unik?

Satu hal yang membedakan Axelar adalah komunikasi lintas rantai yang aman melalui validator dinamis. Meskipun beberapa proyek menggunakan pengaturan optimis dan multi-sig gabungan, Axelar mengklaim sebagai satu-satunya jaringan yang membangun kemampuan ini pada Proof-of-Stake.

Selain itu, proyek blockchain telah membangun protokol, API, dan alat yang memudahkan pengembang aplikasi membangun lintas rantai, tanpa perlu mempelajari bahasa pemrograman baru.

Advertisement

Keunggulan Axelar (AXL)

Baca juga: Kenal Dogwifhat (WIF): Memecoin yang Menggemparkan Dunia Kripto

  • Interoperabilitas: Axelar memungkinkan transfer token dan data yang aman dan terdesentralisasi antara berbagai blockchain, termasuk Ethereum, Cosmos, Avalanche, dan Solana.
  • Keamanan: Axelar menggunakan konsensus proof-of-stake (PoS) yang teruji dan aman untuk memverifikasi transaksi dan melindungi jaringan dari serangan.
  • Kecepatan: Axelar menawarkan waktu transfer yang cepat dan biaya yang rendah dibandingkan dengan solusi interoperabilitas lainnya.
  • Kemampuan Diprogram: Axelar memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi yang kompleks dan canggih yang memanfaatkan interoperabilitas lintas rantai.

Kelemahan Axelar (AXL)

  • Relatif Baru: Axelar adalah platform yang relatif baru dan belum memiliki track record yang panjang.
  • Kompetisi: Ada sejumlah platform interoperabilitas lain di pasar, dan Axelar harus bersaing dengan mereka untuk mendapatkan pangsa pasar.
  • Kompleksitas: Teknologi Axelar bisa rumit untuk dipahami dan digunakan oleh pengembang dan pengguna.

Prospek Masa Depan Axelar

Interoperabilitas adalah salah satu masalah paling penting yang dihadapi industri blockchain. Axelar memiliki potensi untuk menjadi pemain utama di ruang interoperabilitas dengan menawarkan solusi yang aman, cepat, dan dapat diprogram.

Tokenomic AXL

AXL adalah token utilitas asli dari platform Axelar. AXL digunakan untuk:

  • Membayar biaya transaksi: Pengguna harus membayar biaya AXL untuk mentransfer token dan data di Axelar.
  • Menjamin keamanan jaringan: Validator Axelar mempertaruhkan AXL untuk mengamankan jaringan dan mendapatkan hadiah.
  • Tata kelola: Pemegang AXL dapat berpartisipasi dalam tata kelola jaringan Axelar dengan memberikan suara pada proposal.

Axelar memiliki total pasokan token sebanyak 1,070,075,609 token AXL. Pada saat artikel ini ditulis, persediaan yang beredar adalah 301.937.372 AXL.

Menurut perusahaan, alokasi token AXL adalah sebagai berikut:

  • Pendukung: 29,5%
  • Tim: 17%
  • Operasional perusahaan: 12,5%
  • Penjualan komunitas: 5%
  • Program komunitas (termasuk insurance fund): 36%.

Prospek Masa Depan Axelar

Interoperabilitas adalah salah satu masalah paling penting yang dihadapi industri blockchain. Axelar memiliki potensi untuk menjadi pemain utama di ruang interoperabilitas dengan menawarkan solusi yang aman, cepat, dan dapat diprogram.

Kini Axelar (AXL) dapat diperdagangkan di Tokocrypto dengan pasangan trading USDT & BTC (AXL/USDTAXL/BTC). Perdagangan ini akan tersedia mulai tanggal 08 Maret 2024 pukul 15.00 WIB.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

Advertisement

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular