Market Analysis

Mengapa Pasar Kripto dan Bitcoin Turun Hari Ini (22/5)?

Published

on

Pasar kripto tetap terjebak dalam kisaran sempit di perdagangan sepekan terakhir. Bahkan Bitcoin (BTC) selalu gagal untuk mempertahankan level perdagangan di posisi US$ 27.000. Salah satu penyebab terbesar pasar kripto dan Bitcoin lesu adalah pandangan negatif terkait perekonomian Amerika Serikat.

Akhir pekan lalu, Ketua The Fed, Jerome Powell, memberikan komentar baru tentang kebijakan dan prospek inflasi. Bahasa Powell tidak memberikan sinyal yang jelas tentang aset berisiko, lantas investor diperingatkan akan “banyak ketidakpastian” akan terjadi. Hal ini membuat investor kripto tak bergairah kembali meramaikan pasar.

Trader Eksternal Tokocrypto, Fyqieh Fachrur, menjelaskan di samping itu, pembicaraan plafon utang AS dan retorika anti-kripto dari pemerintah AS akan menguji selera investor pasar kripto dan Bitcoin. Harapan pupus dari Presiden AS, Joe Biden dan Ketua DPR, Kevin McCarthy yang tidak mencapai kesepakatan pada hari Minggu (21/5) dan akan kembali bertemu pada Senin (22/5) ini. Namun, Presiden AS membahas masalah plafon utang di G7 yang merugikan BTC dan pasar kripto yang lebih luas.

“Retorika anti-kripto, dan ancaman krisis AS yang terus berlanjut, membuat pasar kripto menjadi merah. Perkirakan berita terkait plafon utang AS akan berdampak lebih besar pada sentimen risiko pasar kripto dan Bitcoin,” jelas Fyqieh.

Fear & Greed Bitcoin Index by Alternative.me.

Baca juga: Sejarah dan Fakta Bitcoin Pizza Day

Pasar saham AS juga tertekan, Senin (22/5) pagi ini NASDAQ mencerminkan sentimen terhadap krisis plafon utang, turun 12,75 poin. Sisi bawah datang meskipun reaksi pasar lebih lanjut terhadap obrolan Ketua Fed, Powell yang kurang hawkish dari hari Jumat. Di samping itu, indeks Dolar AS (DXY) juga terpantau melemah. 

Advertisement

Indeks Fear and Greed Bitcoin menunjukkan angka 49, yang menandakan bahwa sentimen terhadap Bitcoin saat ini berada dalam kondisi netral hingga bearish. Berdasarkan kesimpulan dari Fear and Greed Index, ada kemungkinan Bitcoin akan mengalami koreksi harga karena berada pada posisi yang netral cenderung bearish. Pada minggu sebelumnya, indeks juga menunjukkan angka 50 yang memiliki arti serupa, yaitu Bitcoin berada dalam kondisi netral hingga bearish, dan diperkirakan akan mengalami penurunan.

Coinglass.com.

Menurut Coinglass.com, selama 24 jam terakhir terjadi peningkatan signifikan dalam jumlah Bitcoin yang masuk ke bursa kripto terpusat. Sebanyak 2.784 Bitcoin telah masuk secara bersih ke 18 bursa kripto terbesar berdasarkan volume transaksi. 

Kabar ini mengindikasikan situasi yang kurang menguntungkan, terutama karena selama satu minggu terakhir total Bitcoin yang masuk mencapai 7.122 Bitcoin, dengan jumlah yang dominan terjadi pada hari ini, hampir mencapai 3.000 Bitcoin. Hal ini memperkirakan bahwa Bitcoin memiliki potensi untuk mengalami penurunan, mungkin akan terjadi selama akhir pekan ini atau minggu depan.

Analisis Pergerakan Harga BTC, SUI, LIDO, FXS

Bitcoin (BTC) Terkonfirmasi Koreksi

BTC/USDT Index by Fyqieh Fachrur Rossy – TradingView.com.

Bitcoin sedang menghadapi situasi yang krusial untuk menentukan apakah akan melanjutkan penurunan atau mengarah ke level resistensi di harga US$ 28.000. Pada dini hari tanggal 19 Mei 2023, terjadi penolakan pada harga US$ 27.600 dan terbentuk pola double top, yang mengindikasikan kemungkinan penurunan menuju garis leher (neck line) di harga US$ 26.700. Namun, ada potensi bearish dalam beberapa hari ke depan akibat arus masuk Bitcoin dari dompet pribadi ke bursa Coinbase yang terjadi beberapa waktu lalu.

Jika terjadi penjualan bersamaan sebanyak 10.010 Bitcoin, dan situasinya menjadi panik seperti pada tanggal 12 Mei ketika pemerintah AS menjual 10.000 Bitcoin Silkroad, maka diperkirakan Bitcoin akan mengalami penurunan lebih dari 4% dan berpotensi mencapai harga US$ 25.000. Tetap pantau pergerakan Bitcoin dalam beberapa hari mendatang.

Raydium (RAY) Terkonfirmasi Bullish

RAY/USD by Fyqieh Fachrur Rossy – TradingView.com.

Baca juga: Kenal Floki (FLOKI), Aset Kripto yang Telah Listing di Tokocrypto

Raydium adalah sebuah protokol DeFi (Decentralized Finance) yang berjalan di jaringan Solana. Protokol ini bertujuan untuk menyediakan likuiditas dan pengelolaan aset yang terdesentralisasi di ekosistem Solana. Raydium menggunakan model Automated Market Maker (AMM) untuk memfasilitasi pertukaran aset digital tanpa perlu adanya pihak ketiga. Dalam ekosistem Raydium, pengguna dapat melakukan pertukaran, penyediaan likuiditas, staking, dan berbagai kegiatan keuangan lainnya.

Pergerakan harga Raydium memiliki potensi bullish karena telah menguji kembali level support tren dengan kuat. Pantulan tersebut terjadi dalam waktu 4 jam dengan kenaikan harga lebih dari 8%. Namun, kemungkinan akan terjadi koreksi harga ke level $0.21 sebelum melanjutkan tren bullish menuju level US$ 2,59 dengan potensi keuntungan sebesar 23.31%. Meskipun demikian, tidak dapat diabaikan kemungkinan harga melanjutkan penurunan ke area support di level US$ 0,18. Pergerakan harga selanjutnya tergantung pada faktor-faktor pasar yang dapat mempengaruhi sentimen dan permintaan terhadap Raydium. Penting untuk melakukan analisis lebih lanjut dan mengamati perubahan pasar yang terjadi sebelum membuat keputusan investasi.

Advertisement

Verge (XVG) Potensi Bullish

XVG/USD by Fyqieh Fachrur Rossy – TradingView.com.

Token XVG (Verge) adalah sebuah aset kripto yang dirancang untuk menyediakan privasi dan anonimitas dalam transaksi digital. Verge menggunakan berbagai teknologi seperti Tor (The Onion Router) dan I2P (Invisible Internet Project) untuk melindungi identitas pengguna serta menyembunyikan detail transaksi yang dilakukan. Verge menggunakan algoritma Proof of Work (PoW) untuk memvalidasi transaksi dan menjaga keamanan jaringannya. Token ini memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi secara cepat dan efisien tanpa mengorbankan keamanan dan privasi.

Pergerakan harga XVG (Verge) dapat memiliki potensi bullish karena adanya permasalahan hack pada token Tornado Cash yang kemungkinan membuat pengguna TORN beralih ke XVG. Dalam konteks Fibonacci Retracement, XVG berada di area support rasio 0.218 dengan harga US$ 0,002145. Potensi bullish ini dapat dimanfaatkan dengan target area resisten sebelumnya di harga US$ 0,002515, yang memberikan potensi keuntungan sebesar 17,31%. Namun, tidak menutup kemungkinan XVG mengalami penurunan ke harga support di US$ 0,002, dengan potensi penurunan sebesar 8% dari harga saat ini. 

DISCLAIMER: Artikel ini bersifat informasi dan bukan merupakan tawaran atau ajakan untuk menjual dan membeli aset kripto apapun. Perdagangan aset kripto merupakan aktivitas beresiko tinggi. Harga aset kripto bersifat fluktuatif, di mana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu dan Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas perubahan fluktuasi dari nilai tukar aset kripto.

Popular

Exit mobile version