Connect with us

Bitcoin News

Sejarah dan Fakta Bitcoin Pizza Day

Published

on

Ilustrasi Bitcoin Pizza Day. Sumber: Newsbtc.

Bitcoin Pizza Day dirayakan secara global pada tanggal 22 Mei. Hari tersebut menandai hari besar bagi Bitcoin awal dan konsepnya sebagai peringatan transaksi BTC pertama untuk produk dunia nyata.

Bitcoin Pizza Day diperingati pertama kalinya Bitcoin (BTC) digunakan untuk membeli barang fisik. Pizza kebetulan merupakan barang pertama yang dibeli dengan aset kriptot terpopuler saat ini.

Pada 22 Mei 2010, Laszlo Hanyecz membayar 10.000 Bitcoin untuk pengiriman dua pizza dari Papa John. Sembilan bulan setelah pembelian, kedua pizza itu bernilai US$ 10.000, sedangkan pada tahun 2015 harganya mengejutkan capai US$ 2,4 juta. Pada tahun 2021, harga BTC mencapai US$ 63.000, menghargai dua pizza tersebut dengan harga sekitar US$ 630 juta atau Rp 9,3 triliun.

Sejarah Bitcoin Pizza Day

Pada 2012, nilai Bitcoin pertama (BTC) dibelah dua. Seorang penambang dianugerahi 50 BTC karena berhasil menemukan blok baru. Ini berarti bahwa seseorang hanya perlu menambang 200 blok untuk mendapatkan 10.000 BTC, yang relatif sederhana mengingat betapa sedikit orang yang berurusan dengan Bitcoin.

Ilustrasi Bitcoin Pizza Day. SUmber: Business Today.
Ilustrasi Bitcoin Pizza Day. Sumber: Business Today.

Baca juga: Kenal Floki (FLOKI), Aset Kripto yang Telah Listing di Tokocrypto

Hanyecz mengumumkan di forum Bitcointalk.org pada 18 Mei bahwa dia ingin membeli dua pizza besar dengan BTC! Dia menawarkan 10.000 BTC kepada siapa pun yang mau memesan, memperoleh, dan mengirimkan aset kripto kepadanya. Hanyecz memberi tahu Anderson Cooper dalam wawancara CBS 2019 bahwa transaksi tersebut “membuat (Bitcoin) nyata bagi beberapa individu. Memang, itu berhasil untuk saya. Pada 21 Mei, dia masih belum mengetahui siapa yang menerima transaksi pizza Bitcoin miliknya. Pada 22 Mei, seseorang akhirnya menerima tawarannya. Ini menjadi kesempatan penting!

Nilai Bitcoin ini melonjak selama dekade berikutnya. Hanyecz dapat membeli 46 juta pizza Papa John besar seharga US$ 15 masing-masing jika dia menjual seluruh simpanannya dengan harga tertinggi sepanjang masa BTCsebesar US$ 68.990. Itu pizza yang cukup untuk selama-lamanya!

Untuk menghormati hari istimewa ini, komunitas kripto global merayakan transaksi Bitcoin fisik pertama pada 22 Mei setiap tahun. Hanyecz juga diingatkan bahwa dia bisa mendapatkan sepersepuluh dari kekayaan Melinda Gates pada hari ini, jika tetap menyimpan BTC-nya bukan membeli pizza.

Advertisement

Fakta Bitcoin Pizza Day

Tanggal 22 Mei memiliki tempat khusus di hati kami sebagai Bitcoin Pizza Day. Tanggal ini menandai ulang tahun transaksi Bitcoin pertama yang terdokumentasi untuk produk dunia nyata.

Ilustrasi Bitcoin Pizza Day. Sumber: Analytics Insight..
Ilustrasi Bitcoin Pizza Day. Sumber: Analytics Insight..

Baca juga: Negara-negara Eropa Setujui Aturan Regulasi Kripto MiCA, Apa Itu?

Membeli pizza tersebut menunjukkan potensi kripto sebagai mata uang untuk transaksi sehari-hari. Selama bertahun-tahun, perayaan Bitcoin Pizza Day telah berkembang. Orang-orang dari semua lapisan masyarakat berpartisipasi dalam berbagai perayaan. Beberapa memesan pizza menggunakan BTC, sementara yang lain bergabung dengan pertemuan dan acara untuk merayakan peristiwa luar biasa ini.

Kesimpulannya, perayaan ini memiliki makna sejarah yang sangat besar karena memperingati transaksi dunia nyata pertama BTC. Pembelian pizza Laszlo Hanyecz menunjukkan potensi kripto sebagai mata uang yang layak untuk transaksi sehari-hari, membuka jalan untuk integrasinya ke dunia nyata.

Saat kami merayakan Bitcoin Pizza Day, kami merenungkan hari-hari awal BTC dan komunitas yang berkembang di sekitarnya. Acara ini berfungsi sebagai pengingat nilai investasi Bitcoin dan pentingnya dalam transaksi sehari-hari.

Popular