Connect with us

Bitcoin News

Prediksi Harga Bitcoin: Dapatkah Naik ke $50.000 di Minggu Ini?

Published

on

Ilustrasi aset kripto Bitcoin.

Bitcoin, memasuki bulan Februari 2024 dalam perilaku harga yang cukup tenang dan stagnan mencerminkan ketidakpastian di kalangan trader. Namun, dengan meningkatnya arus masuk ETF Bitcoin Spot, BTC mengalami lonjakan tekanan permintaan dan melampaui angka $48.000 untuk pertama kalinya sejak peluncurannya.

Kenaikan ini menciptakan efek riak di pasar altcoin yang memicu pemulihan baru aset kripto utama. Akankah pelaku pasar memiliki momentum yang cukup untuk melampaui $50.000?

Sentimen Harga Bitcoin

Bitcoin melonjak di atas $48.000 dan Ethereum merebut kembali level $2.500 karena pasar kripto kembali memanas. Analisis ETF Bitcoin mengungkapkan pertumbuhan 5% dalam total aset kripto yang dikelola (AUM) pada bulan Januari, naik dari $49,5 miliar menjadi $52,0 miliar, menurut Fineqia International.

Sembilan produk ETF yang baru diluncurkan menghasilkan arus masuk sekitar $6,9 miliar pada bulan Januari, sebagian diimbangi oleh arus keluar bersih dari Grayscale ETF. Meskipun demikian, total arus masuk menghasilkan arus masuk bersih melebihi $1 miliar pada bulan Januari.

“Lampu telah berubah menjadi hijau dan lalu lintas investor mulai bergerak,” kata Bundeep Singh Rangar, CEO Fineqia. “Semakin banyak kendaraan yang bergabung dengan jalur ETF seiring dengan meningkatnya kepercayaan mereka terhadap aset digital.”

Gerak Bitcoin

Grafik Harian altcoin BTC/USDT. Sumber: TradingView.
Grafik Harian altcoin BTC/USDT. Sumber: TradingView.

Baca juga: Gerak Bitcoin di Tahun Baru Imlek 2024, Potensi Naik atau Turun?

Harga Bitcoin telah mengalami tren naik yang signifikan, meningkat selama delapan hari berturut-turut dari $42.280 menjadi $48.050, menandai kenaikan 13,65%. Lonjakan ini berhasil menutup 50% kerugian dari koreksi sebelumnya, menunjukkan keyakinan pembeli yang kuat.

Advertisement

Selama reli ini, firma analisis on-chain IntoTheBlock menyoroti dalam sebuah posting ulang bahwa 90% pemegang BTC sekarang mendapat untung, mengurangi kemungkinan penjualan panik dan mendorong pertumbuhan yang lebih stabil.

Dengan momentum ini, Bitcoin siap untuk menguji ulang resistensi swing high sebelumnya di $49,000. Jika level ini berhasil ditembus, ini bisa menjadi sinyal landasan yang kuat untuk kelanjutan tren naik, yang menunjukkan kepercayaan pasar yang kuat dan potensi kenaikan lebih lanjut.

Selain itu, para whale Bitcoin telah secara signifikan meningkatkan kepemilikan mereka, membeli 140.000 BTC, senilai $6,16 miliar, selama tiga minggu terakhir. Tren ini, yang disoroti oleh analis kripto @alichart, mencerminkan sentimen bullish yang kuat di kalangan investor besar.

Analisis Harga Bitcoin

Pada Senin (12/2) pukul 10:00 WIB, BTC diperdagangkan pada $48.057, dengan area $48.000 menjadi level support. Potensi kenaikan lebih lanjut menuju $50.000 ada jika harga mampu bertahan di atas level tersebut.

Namun, jika harga turun di bawah $48.000, kemungkinan akan terjadi penurunan ke level support terdekat di sekitar $46.300. Indikator teknikal seperti Stochastic menunjukkan bahwa pasar berada dalam kondisi overbought, sementara histogram MACD menunjukkan momentum bullish.

Dengan perkembangan ini, BTC menunjukkan kekuatan yang signifikan dalam menghadapi tekanan jual, dengan potensi untuk melanjutkan reli harga yang kuat dalam beberapa sesi perdagangan mendatang. Para pelaku pasar akan tetap memperhatikan pergerakan harga BTC dalam mengantisipasi potensi arah pergerakan selanjutnya.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

Advertisement

DISCLAIMER: Setiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Popular