Connect with us

Market

SEC AS Dilaporkan Setujui Peluncuran ETF Ethereum pada 4 Juli

Published

on

Ilustrasi Ethereum. Foto: Getty Images.

Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) dikabarkan akan menyetujui peluncuran ETF untuk Ethereum pada 4 Juli mendatang. Pembicaraan antara manajer aset dan regulator telah mencapai tahap akhir, menurut laporan Reuters.

Delapan manajer aset, termasuk BlackRock, VanEck, Franklin Templeton, dan Grayscale Investments, sedang mencari persetujuan SEC untuk ETF ini. Sebagian besar dari mereka telah meluncurkan ETF bitcoin spot pada Januari lalu, setelah perselisihan selama satu dekade dengan regulator. Grayscale juga berharap dapat mengubah kepercayaannya menjadi ETF.

Eksekutif dari dua perusahaan, yang meminta anonimitas, mengatakan bahwa proses perubahan dokumen penawaran telah mencapai tahap penyelesaian masalah-masalah kecil. Dokumen ini harus disetujui sebelum ETF bisa diluncurkan. Seorang pengacara yang bekerja dengan salah satu emiten mengatakan bahwa persetujuan mungkin hanya tinggal satu atau dua minggu lagi.

SEC menolak berkomentar. Ketua SEC Gary Gensler mengatakan bahwa tanggal peluncuran bergantung pada seberapa cepat emiten menanggapi pertanyaan regulator.

Dibanding ETF Bitcoin

Ilustrasi aset kripto, Bitcoin dan Ethereum.
Ilustrasi aset kripto, Bitcoin dan Ethereum. Foto: Jaap Arriens | NurPhoto | Getty Images.

Baca juga: Bitcoin Akumulasi US$436 Juta BTC, Tunjukkan Optimisme

Peluncuran ETF Bitcoin spot pada Januari sangat sukses, menarik sekitar US$8 miliar aset, menurut data Morningstar Direct. Hingga akhir Juni, sembilan produk baru tersebut memiliki hampir US$38 miliar aset, meskipun kepemilikan Grayscale Bitcoin Trust turun menjadi US$17,8 miliar.

Advertisement

Namun, banyak analis percaya bahwa peluncuran ETF spot Ethereum tidak akan seimpresif ETF bitcoin. “Ethereum tidak memiliki kapitalisasi pasar dan volume yang sama,” kata James Butterfill, kepala penelitian di Coinshares. Harga Ethereum turun lebih dari 11% bulan ini, mengikuti penurunan bitcoin sebesar 9,8%.

Bryan Armour, analis ETF di Morningstar, mengatakan bahwa arus masuk untuk ETF Ethereum mungkin lebih tenang dibandingkan dengan bitcoin. “Permintaan untuk bitcoin sudah terpendam selama satu dekade, jadi minat investornya sangat besar. Ini tidak akan menimbulkan kegembiraan yang sama,” katanya.

SEC telah menyetujui perubahan aturan yang memungkinkan New York Stock Exchange, Nasdaq, dan Cboe untuk mencatat dan mengawasi perdagangan produk baru ini. Artinya, setelah staf SEC menyetujui pengajuan tersebut, produk bisa mulai diperdagangkan dalam waktu 24 jam.


Pastikan kamu hanya melakukan investasi dan trading kripto di platform terpercaya, seperti Tokocrypto. Dengan berbagai fitur yang mumpuni serta ekosistem yang luas, trading kripto jadi lebih mudah.

DISCLAIMERSetiap keputusan investasi adalah tanggung jawab pribadi Anda. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual kripto. Tokocrypto tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi Anda.

Advertisement

Popular