Connect with us

Business

Trik Bayar Supplier Tanpa Pusing Jatuh Tempo Pakai Kartu Kredit

Published

on

tips bayar supplier dengan kartu kredit

Dalam bisnis B2B, salah satu kekhawatiran yang sering diungkapkan supplier adalah soal tempo pembayaran. Menurut Concentric, banyak buyer yang meminta agar jatuh tempo mereka diperpanjang. Alasannya yang sering terjadi adalah, cash flow mereka macet.

Di sisi lain, supplier bisa saja mengabulkan hal ini. Tapi, konsekuensinya adalah cash flow mereka juga bisa macet karena harus menerima pembayaran jadi lebih lama. Mereka bisa saja kehilangan dana segar yang bisa diputar untuk kebutuhan bisnis lainnya.

Buyer perlu mencari cara agar mereka dapat melunasi tagihan tepat waktu, tapi dana harus tetap di tangan agar bisnis tetap to the moon. Nah, untuk itu, ada lho, salah satu instrumen keuangan yang bisa digunakan dengan mudah dan menjadi solusi, yakni kartu kredit.

Trik Jitu Kartu Kredit: Jaminan Cash Flow Bisnis yang Terjaga

Selama ini, kita sering menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan pribadi. Let’s say, beli baju, makan, beli gadget, atau laptop, yang mana merupakan pembelian konsumtif. Padahal, tren menggunakan kartu kredit untuk pembelian produktif seperti bisnis sudah dimulai oleh Small medium enterprises (SME) di Amerika.  Menurut JP Morgan, tren ini sudah dimulai dari 2018 dan sudah 53% SME di Amerika menggunakan opsi cerdas ini. 

Banyak yang tidak tahu bahwa kartu kredit bisa menjadi senjata utama untuk memperlancar cash flow bisnis. Kenapa? Pembayaran dengan kartu kredit memberikan tambahan tempo kepada bisnismu. Secara umum, konsepnya sama dengan belanja pribadi. 

Advertisement

Contoh dalam transaksi bisnis

Pak Andi membeli 2 buah mesin pengaduk tepung untuk pabrik rotinya seharga Rp 200 juta di tanggal 11 Desember 2023, umumnya transaksi seperti itu dibayarkan secara cash, tetapi jika dibayar dengan kartu kredit, pak Andi akan memiliki “nafas” untuk membayar tagihan 30 hari kemudian dan barang tetap dimiliki langsung.

Cara ini sangat membantu bagi business owner yang:

  • Harus membayar banyak tagihan dalam waktu yang berdekatan.
  • Atau membayar tagihan dengan jumlah yang sangat besar.
  • Butuh tempo lebih dari yang dibutuhkan tanpa harus repot negosiasi panjang
  • Meningkatkan credit scoring untuk kebutuhan pendanaan bisnis (financing)  di masa depan

Mudah Cek Riwayat Transaksi

Setiap awal bulan, bank penerbit kartu kredit akan mengirimkan rekap transaksi yang kamu lakukan. Ini mempermudahmu dalam mengecek ulang sekaligus menyatukan dengan pencatatan bisnismu.

Tentunya, ini dapat memudahkan tim finance dalam melakukan pencatatan. Mereka dapat melakukan rekapan langsung tanpa adanya miss. Selain itu, data transaksi juga hanya dapat diakses oleh orang-orang tertentu, keamanannya terjamin. 

Dengan segala manfaat yang didapat, tentunya penting bagimu untuk menggunakan kartu kredit di setiap transaksi. Apalagi, kamu bisa mendapatkan tambahan tempo 30 – 45 hari. Tapi, bagaimana kalau kamu bisa mendapatkan tempo hingga 55 dan cashback di setiap transaksimu? Jawabannya adalah PAPERCARD

Advertisement

Mengenal PAPERCARD

PAPERCARD adalah kartu kredit bisnis yang diterbitkan oleh BRI dan Paper.id serta didukung oleh jaringan Visa. Mengusung tagline #ItsBusinessAndItsPersonal, kartu ini menjadi kartu pertama yang menggabungkan manfaat untuk bisnis dan pribadi. Kamu bisa mendapatkan tambahan tempo hingga 55 hari serta cashback di setiap transaksinya sebesar 0,1% setiap kelipatan transaksi. 

Cashback ini tidak ada batasan dan bisa kamu dapatkan terus. Tentunya lebih untung daripada cashback kartu kredit umumnya yang ada kuota kan? Kapan lagi bayar tagihan bisnis malah jadi cuan

Bonus GarudaMiles & Pencatatan Transaksi Otomatis

Dengan PAPERCARD, setiap kelipatan transaksi yang kamu lakukan akan terkonversi dengan poin & miles yang biasanya hadir di kartu kredit personal. 12 miles PAPERCARD bisa didapatkan dengan transaksi kelipatan Rp100.000 (Rp8.333/miles). 

Yang terpenting, setiap transaksi yang dilakukan tercatat otomatis. Kamu bisa mengeceknya langsung di dashboard PAPERCARD. Mudah kan? Tidak perlu double check di tempat yang berbeda. 

Otomatis, ini mengurangi resiko pencatatan yang kurang lengkap. Sekaligus, menjadi bukti untuk pelaporan pajak bisnis. Tentunya, pastikan agar memisahkan transaksi pembelian dan penjualan agar mempermudah proses pelaporan pajak. 

Advertisement

Tunggu Apa Lagi?

Dengan beragam manfaat yang bisa kamu dapatkan, mulailah beralih ke kartu kredit. Ini menjadi senjata rahasia agar mendapatkan tambahan tempo, tanpa harus repot nego-nego.
Untuk itu, gunakanlah PAPERCARD dari Paper.id. Cek selengkapnya tentang kartu kredit dengan sejuta manfaat ini di sini.

Artikel ini hasil kerja sama antara Tokocrypto dan Paper.id

Continue Reading
Advertisement

Popular