Connect with us

Academy

Uniswap: Apa dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Published

on

Apa Itu Uniswap dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Uniswap (UNI) adalah sekumpulan program komputer yang berjalan di blockchain Ethereum, memungkinkan pertukaran token secara terdesentralisasi. Platform ini memungkinkan pedagang menukar token Ethereum tanpa perlu mempercayakan dana kepada pihak ketiga. Siapa saja dapat meminjamkan kripto mereka ke dalam kolam likuiditas dan mendapatkan penghasilan dari biaya transaksi.

Pendahuluan

Selama bertahun-tahun, bursa kripto tersentralisasi telah mendominasi pasar dengan waktu penyelesaian cepat dan volume perdagangan tinggi. Namun, protokol terdesentralisasi (DEX) menawarkan alternatif tanpa perantara. Meskipun teknologi blockchain memiliki keterbatasan dalam membangun DEX yang kompetitif, inovasi terus dilakukan. Salah satu pelopor dalam hal ini adalah Uniswap, yang menjadi bagian penting dari gerakan Keuangan Terdesentralisasi (DeFi).

Apa itu Uniswap?

Uniswap adalah protokol bursa terdesentralisasi di Ethereum, menggunakan model Automated Market Maker (AMM). Tidak ada buku order atau pihak tersentralisasi yang dibutuhkan. Pengguna dapat berdagang tanpa perantara, dengan tingkat desentralisasi dan ketahanan terhadap sensor yang tinggi. Protokol ini bersifat open-source dan dapat diperiksa di GitHub.

Uniswap memungkinkan perdagangan terjadi melalui kolam likuiditas yang dibuat oleh penyedia likuiditas. Setiap orang dapat menambahkan likuiditas dengan menyetor dua token yang setara nilainya ke dalam kolam. Sebagai imbalan, mereka menerima biaya transaksi yang dibayarkan oleh pedagang.

Cara Kerja Uniswap

Uniswap menggunakan model Constant Product Market Maker, yang merupakan varian dari AMM. Penyedia likuiditas menyetor dua token yang setara nilainya ke dalam kolam, dan pedagang dapat berdagang menggunakan likuiditas tersebut dengan membayar biaya yang didistribusikan kepada penyedia likuiditas.

Misalnya, dalam kolam likuiditas ETH/USDT, jika seseorang membeli ETH dengan USDT, jumlah ETH dalam kolam berkurang dan jumlah USDT meningkat, menyebabkan harga ETH naik. Rumus dasarnya adalah x * y = k, di mana x adalah jumlah ETH, y adalah jumlah USDT, dan k adalah total likuiditas yang harus tetap konstan.

Uniswap v3

Uniswap v3 membawa beberapa peningkatan, termasuk efisiensi modal yang lebih baik dan kemampuan penyedia likuiditas untuk menetapkan rentang harga spesifik. Posisi likuiditas kini diwakili oleh NFT, bukan token fungible, yang menciptakan peluang baru tetapi juga tantangan dalam hal composability dengan produk DeFi lainnya.

Advertisement

Kerugian Tidak Permanen

Penyedia likuiditas dapat mengalami kerugian tidak permanen jika harga token berubah signifikan dari saat mereka menyetor dana ke dalam kolam. Jika harga token kembali ke harga awal, kerugian ini dapat berkurang. Selain itu, pendapatan dari biaya transaksi dapat mengurangi kerugian ini seiring waktu.

Bagaimana Uniswap Menghasilkan Uang?

Uniswap tidak mengambil bagian dari biaya transaksi; semua biaya didistribusikan kepada penyedia likuiditas. Biaya transaksi saat ini adalah 0,3% per perdagangan. Tim Uniswap didukung oleh dana hedging kripto dan menggunakan dana tersebut untuk pengembangan lebih lanjut.

Cara Menggunakan Uniswap

  1. Buka aplikasi Uniswap di https://app.uniswap.org.
  2. Hubungkan dompet Ethereum Anda (MetaMask, Trust Wallet, dll.).
  3. Pilih token yang ingin Anda tukarkan dan token yang ingin Anda dapatkan.
  4. Klik “Swap” dan konfirmasi transaksi di dompet Anda.
  5. Tunggu konfirmasi transaksi di blockchain Ethereum.

Token Uniswap (UNI)

UNI adalah token tata kelola Uniswap yang memberikan hak voting kepada pemiliknya. Token ini mendukung ide Uniswap sebagai barang publik. Sebanyak 1 miliar token UNI telah dicetak, dengan 60% didistribusikan kepada komunitas Uniswap dan 40% kepada tim, investor, dan penasihat selama empat tahun.

Cara Mengklaim Token Uniswap (UNI)

Jika Anda pernah menggunakan Uniswap, Anda mungkin berhak mengklaim 400 token UNI per alamat yang digunakan. Untuk mengklaim token:

  1. Buka https://app.uniswap.org.
  2. Hubungkan dompet yang pernah digunakan dengan Uniswap.
  3. Klik “Claim your UNI tokens”.
  4. Konfirmasikan transaksi di dompet Anda.

Penutup

Uniswap adalah protokol bursa inovatif di Ethereum yang memungkinkan pertukaran token tanpa melibatkan pihak sentral. Meskipun ada beberapa keterbatasan, teknologi ini memiliki potensi besar untuk masa depan swap token terdesentralisasi. Dengan perkembangan lebih lanjut dalam skalabilitas Ethereum, Uniswap diharapkan akan semakin efisien dan luas penggunaannya.


Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai aset kripto atau cryptocurrency, bisa baca artikel “Belajar Crypto untuk Pemula Mulai Dari Sini.”

Sumber: Binance Academy

Popular