Jaringan Blockchain JPMorgan akan Diluncurkan di Jepang pada Awal 2020

0
22

Jaringan pembayaran berbasis blockchain JPMorgan akan diluncurkan di Jepang pada awal 2020, Cointelegraph Jepang melaporkan pada 10 Desember. Berdasarkan platform blockchain JPMorgan, Quorum, Interbank Information Network (IIN) bermaksud untuk mempercepat transaksi pembayaran serta mengatasi tantangan utama dalam berbagi data antar bank.

Bloomberg melaporkan bahwa lebih dari 80 bank Jepang telah menyatakan niatnya untuk bergabung dengan platform ini. Bank-bank Jepang sekarang menyumbang lebih dari 20% dari total 365 anggota global yang mengumumkan partisipasi mereka sejak September 2019, yang merupakan bagian terbesar dari peserta dalam satu negara.

Daizaburo Sanai, seorang direktur eksekutif di JPMorgan, menyatakan bahwa INN saat ini beroperasi di 70 bank di Eropa, Asia dan Amerika Serikat. Karena bank-bank Jepang belum berpartisipasi hingga saat ini, mereka diperkirakan akan mulai berintegrasi dengan INN pada Januari 2020, catat laporan itu.

Menurut Sanai, perusahaan Jepang ingin bergabung dengan platform ini untuk meningkatkan langkah-langkah Anti-Pencucian Uang (AML) karena alat ini kabarnya membuat pelacakan penerima uang tunai “lebih cepat dan lebih efisien.”

Diluncurkan dalam ujicoba pada tahun 2017, IIN bergabung dengan bank terbesar Jerman, Deutsche Bank, pada pertengahan September 2019.

JPMorgan, dilaporkan bank investasi terbesar kedua di dunia setelah Goldman Sachs, telah secara aktif mengeksplorasi inisiatif blockchain dan terkait crypto. Perusahaan ini dikenal dengan JPM Coin cryptocurrency sendiri, yang diperkirakan akan diluncurkan pada akhir 2019, seperti yang dilaporkan pada bulan Juni lalu.