Laporan: Pengguna Aktif Ethereum Berlipat Ganda di Kuartal Dua 2020

0
150
laporan terkait pengguna aktif ethereum

Kuartal kedua 2020 mungkin merupakan titik capaian tinggi aplikasi desentralisasi pada jaringan Ethereum.

Berdasarkan laporan kuartal dua tahun 2020 dari Dapp.com, pengguna aktif pada aplikasi berbasis Ethereum berlipat ganda dalam hanya satu kuartal dengan total kumulatif lebih dari 1 juta pengguna.

Aplikasi DeFi mendukung peningkatan ini, dengan volume transaksi mencapai $ 5,7 miliar di bulan Juni dan mencakup lebih dari 97% aktivitas di blockchain Ethereum. Laporan tersebut menunjukkan betapa pentingnya Ethereum bagi keberhasilan keuangan terdesentralisasi (DeFi), dan banyak DeFi mendominasi jaringan Ethereum dalam beberapa bulan terakhir.

Rilisnya token Compound COMP pada Juni lalu membantu mendorong kenaikan DeFi di kuartal kedua ini, lebih dari dua kali lipat total volume transaksi DeFi dibandingkan dengan Mei lalu dan mendorong total volume DeFi Ethereum menjadi lebih dari $ 10,3 miliar pada kuartal penuh. EOS dan TRON, dua pesaing terdekat Ethereum di dunia DeFi, masing-masing mencatat volume $ 1,89 miliar dan $ 260 juta setiap kuartalnya.

Pengguna Aktif Jaringan Ethereum Berlipat Ganda

Di semua jaringan blockchain, volume transaksi 24-Jam DeFi mencapai tertinggi sepanjang masa lebih dari $ 600 juta pada 21 Juni 2020.

Dapp.com mengukur pengguna dapp aktif sebagai total kumulatif semua pengguna yang berinteraksi dengan aplikasi dapp pada keseluruhan kuartal. Pengguna dapp aktif di Ethereum tumbuh dari sekitar 637.000 pada kuartal pertama menjadi lebih dari 1,25 juta pada kuartal kedua. Pengguna DeFi aktif setiap hari, dengan kategori alamat dompet yang secara teratur berinteraksi dengan produk DeFi berbasis Ethereum, juga tumbuh dari sekitar 7.700 di kurtal pertama menjadi lebih dari 11.200 pengguna di kuartal kedua.

Laporan Pasar Kuartal Dua Tahun 2020 ini juga mencatat bahwa token BAT dari browser Brave menduduki puncak peringkat dalam total volume transaksi pada kuartal tersebut, dengan jumlah masuk lebih dari $ 930 juta. Volume yang mengesankan ini dipicu oleh ‘hasil panen’ yang diambil dari keuntungan diakibatkan adanya semacam keriput kecil di sistem distribusi COMP dalam meningkatkan pendapatan mereka.

Aktivitas rahasia ini menghasilkan pemilihan tata kelola baru dalam menyesuaikan distribusi COMP untuk mendorong lebih banyak volume dan likuiditas yang diarahkan ke token dengan kasus penggunaan yang lebih luas, seperti DAB dan stablecoin USDC.

Baca Juga: Ethereum, DeFi Pecahkan Rekor Juni 2020, Bagaimana dengan Kategori Lain?

Kategori DeFi Lainnya

Jaringan Ethereum sendiri digunakan pada 45 aplikasi baru yang diluncurkan pada kuartal kedua ini, sedangkan pesaing terdekat berikutnya, TRON, mencatat 33 aplikasi baru. Data ini menunjukkan pengembang mungkin akan menghabiskan lebih banyak waktu pada aplikasi yang sudah ada daripada merilis yang baru. Hal ini mengingat hanya 99 aplikasi baru yang dirilis di semua jaringan blockchain pada kuartal kedua, dibandingkan dengan 135 aplikasi selama kuartal pertama 2020.

Kuarta kedua ini juga menjadi dominasi lain dari jaringan Ethereum. Hal ini mengingat ia berhasil mencatatkan peningkatan besar dalam pengguna dan transaksi harian baik secara berurutan atau juga dengan dibandingkan dengan protokol saingan seperti TRON dan EOS. Dengan peningkatan dan momentum DeFi berbasis Ethereum yang terus meningkat, tampaknya akan semakin sulit bagi penantang lain untuk menggeser posisi DeFi Ethereum ini dari posisinya saat ini.

Informasi ini dapat dibaca kembali di sini

Baca Juga: Pernyataan dari COO Tokocrypto, Teguh Kurniawan Harmanda terkait Perlindungan Pelanggan Aset Kripto di Indonesia