3 Fungsi Mempunyai Aset Digital Untuk Masa Depan

0
53
Aset digital adalah

Jika dahulu kita melihat bentuk kekayaan seseorang dari aset nyata yang dimilikinya, saat ini bentuk kekayaan seseorang tidak hanya dilihat dari aset fisiknya. Namun ada aset berbentuk digital yang mungkin melebihi aset nyata tersebut. Peran pada era digitalisasi, sangat memungkinkan untuk menyimpan barang berharga atau aset dalam bentuk digital.

Aset digital sendiri secara mudah dapat diartikan sebagai sebuah gambar atau tulisan yang berada dalam sebuah perangkat teknologi dan bisa dilihat dalam bentuk format binary (sistem berbasis digital). Hal tersebut juga dijelaskan oleh penelitian Firda Nur Amalina Wijaya tentang Bitcoin Sebagai Digital Aset Pada Transaksi Elektronik di Indonesia yang diterbitkan oleh Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Menurutnya digital aset merupakan salah satu bentuk perkembangan dari konsep aset yang mulanya hanya sebatas terdapat dalam dunia riil namun berkembang dalam dunia siber. 

Contoh Aset Digital

Aset tersebut kepemilikannya akan dicatat dengan ketat secara digital dan dikendalikan langsung oleh pemiliknya.Karena didasarkan kepercayaan, memilih aset digital harus dilakukan dengan super teliti.  Ada beberapa hal yang bisa disebut sebagai aset digital, tiga contohnya adalah:

1. Website dan Sosial Media

Website dan sosial media bisa menjadi pilihan binary  (sistem berbasis digital) yang bisa berbentuk aset digital untuk anda jalankan. Namun, untuk bisa menghasilkan keuntungan dari website/sosial media, pemilik akun sosial media/website harus memiliki beberapa pencapaian tertentu terlebih dahulu.

Seperti memiliki isi konten nya benar-benar fokus dan berkualitas dengan tema atau bidang tertentu, lalu mempunyai tata kelola web yang baik dari tampilan sampai user user experience. Dan hal yang paling penting adalah mempunyai trafik yang tinggi sehingga anda bisa menentukan nilai konversi dari website anda sebagai aset.

2. Saham

Selain bisa dalam bentuk offline, saat ini saham bisa mengajukan pembuatan akun saham ke suatu sekuritas. Setelah itu, anda melihat, memantau,  top-up, atau bahkan menjual saham lewat aplikasi sekuritas tersebut yang berbasis online.

3. Mata Uang Kripto

Bitcoin merupakan suatu kumpulan data atau dokumen elektronik yang terdapat dalam sistem elektronik dan memiliki nilai ekonomi. Sehingga dapat digunakan dan dimiliki oleh badan hukum atau perseorangan. Maka dari itu bitcoin atau mata uang digital ini sangat bisa dikategorikan sebagai aset digital.

Di era digitalisasi saat ini, aset digital berbentuk mata uang kripto sedang menjadi primadona di kalangan investor. Lonjakan harga yang tinggi dengan sistem blockchain yang kuat membuat investasi berbentuk aset digital pada mata uang kripto diminati. Ditambah lagi beberapa negara seperti Jepang, Amerika Serikat, China dan Rusia sudah membuat peraturan akan legalitas cryptocurrency.

Selanjutnya dijelaskan pula pada penelitian Firda tentang Bitcoin Sebagai Digital Aset Pada Transaksi Elektronik di Indonesia bahwa bitcoin atau mata uang kripto saat ini legal di Indonesia sebagai komoditi alat investasi. Legalitas tersebut diatur pada Pasal 1 angka 2 UU tentang Perdagangan Berjangka Komoditi. Secara de jure dan de facto bitcoin sudah memenuhi kandiat sebagai salah satu aset digital yang perlu diperhitungkan saat ini. 

Fungsi Aset Digital

Kembali lagi kepada aset, jika melihat prinsipnya sebagai aset digital, sebenarnya keuntungan apa saja yang bisa diperoleh dari aset digital? Inilah beberapa manfaat dan fungsi mempunyai aset digital, diantaranya:

1. Pasif Income

Salah satu fungsi dan manfaat mempunyai aset digital adalah memperoleh pasif income. Pasif income atau pendapatan pasif adalah uang yang bisa didapatkan seseorang atas kegiatan ekonomi yang telah dia lakukan tanpa perlu aktif dalam kegiatan tersebut. Sehingga, anda bisa fokus untuk mendapatkan penghasilan dari pekerjaan yang lain.

2. Dana Darurat

Selain bisa menjadi pasif income, aset digital juga bisa berfungsi sebagai dana darurat.      Anda bisa mencairkan aset digital ketika anda mempunyai kebutuhan yang mendesak. 

3. Warisan untuk Keluarga

Hal ketiga dari manfaat dan fungsi aset digital adalah untuk diwariskan kepada keluarga atau orang kesayangan kita. Karena aset yang sifatnya bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama, anda bisa mewariskan kepada keluarga anda. Sehingga ketika anda sudah tidak ada, anda masih bisa membahagiakan keluarga anda dengan adanya warisan tersebut.

Itulah beberapa penjelasan mengenai aset digital beserta contoh dan manfaatnya. Intinya fungsi aset digital bisa menjaga stabilitas dari perekonomian anda dan keluarga, maka dari itu sangat perlu saat ini memiliki aset digital. Untuk anda yang ingin memulai aset digital pada mata uang kripto, anda bisa mendaftarkan pada www.tokocrypto.com atau bisa mengunjugi media sosial Tokocrypto untuk informasi lebih lengkapnya.