Pentingnya Trading Plan dalam Jual-Beli Aset Kripto

0
58
Pentingnya Trading Plan Aset Kripto

Jual-beli aset kripto dapat dikatakan lebih sulit dibanding dengan aset dan saham tradisional karena volatilitas tinggi dan resiko yang ada di dalamnya. Karena itu, dibutuhkan perencanaan dan eksekusi yang tepat agar dapat memperoleh keuntungan. 

Memiliki rencana perdagangan atau trading plan terperinci bahkan sebelum melakukan perdagangan dapat membantu menghindari faktor-faktor psikologis seperti emosi, bias atau kesalahan logika yang dapat mempengaruhi kinerja perdagangan. Dengan begitu, dapat dipastikan bahwa keputusan tidak dibuat di tengah panasnya pergerakan aset. 

Baca Juga: Mungkinkah Bitcoin jadi Mata Uang AS?

Ada beberapa fase dalam membangun strategi perdagangan win-win:

Merencanakan perdagangan

Identifikasi perdagangan

Identifikasi ilmiah dari peluang perdagangan lebih penting dari apapun. Hal ini bisa dikembangkan dengan pengalaman perdagangan yang dimiliki sehingga penting untuk melakukan 100 bahkan 1000 paper trading sebelum terjun ke perdagangan nyata. Selama proses ini, dapat dipelajari mengenai berbagai pola perdagangan yang memiliki persentase menang lebih tinggi daripada kalah. 

Identifikasi level stop loss

Sangat diperlukan untuk mengevaluasi dan menentukan level stop loss terlebih dahulu bahkan sebelum memulai perdagangan. Kombinasi dari banyak indikator akan memberikan level stop loss yang kuat. Ini akan berbeda di tiap perdagangan dan tergantung pada selera resiko tiap individu. 

 Identifikasi titik keluar

Mengidentifikasi titik keluar untuk membukukan keuntungan adalah satu hal yang penting. Para trader dapat mengidentifikasi lebih dari satu target, namun tetap harus mematuhinya. Para trader cenderung tidak membukukan keuntungan dengan asumsi bahwa harga akan bergerak lebih jauh dengan cara mereka, namun akhirnya mereka akan kehilangan kesempatan. 

Menilai imbalan resiko

Hal yang perlu dipastikan adalah pengaturan perdagangan yang dilakukan memiliki kemampuan untuk menghasilkan keuntungan beberapa kali lebih tinggi daripada kerugian yang mungkin terjadi jika dipicu stop loss. Para trader dapat menggunakan stop loss dan poin target laba untuk menghitung rasio resiko dan keuntungan. Yang ideal biasanya adalah 1:5, artinya setup perdagangan memiliki kemampuan untuk mendapatkan 5 kali lipat dibanding kerugian. Namun profitabilitas perdagangan harus setidaknya dua kali lebih tinggi dari level stop loss. Misalnya jika anda bersedia kehilangan $1, maka anda setidaknya harus menghasilkan $2 dari pengaturan perdagangan. 

Eksekusi rencana

Memasuki perdagangan

Pastikan untuk hanya memasuki perdagangan ketika pengaturan atau peluang perdagangan telah sesuai dengan semua aturan yang anda tetapkan saat merencanakan perdagangan. Ikuti aturan yang telah anda tetapkan, maka anda tidak hanya akan dapat menghindari over trading, tetapi juga akan meningkatkan peluang anda untuk memenangkan perdagangan. 

Tempatkan perhentian

Jangan membuat pengecualian. Tempatkan stop loss yang telah anda identifikasi saat membuat perencanaan. Beberapa trader bersikap lunak disini dan berpikir untuk menunda menempatkan stop loss atau bahkan menghindarinya sama sekali. 

Kelola stop loss

Jika perdagangan yang dilakukan bergerak ke arah positif dan membuat beberapa langkah signifikan, hal berikutnya yang dapat dilakukan adalah memindahkan stop loss ke level impas. Hal yang perlu dipertimbangkan adalah jangan memindahkan stop loss dengan harapan akan memantul kembali jika telah menembus support, fib, trendline atau pergerakan signifikan ke arah yang salah. 

Keluar dari perdagangan

Jika sudah pindah ke target profit, anda harus segera memesannya. Hindari serekah. Jika telah bergerak ke arah negatif maka keluarlah saat berhenti atau bahkan sebelum berhenti jika harga menunjukkan pembalikan tren. Jangan pernah memindahkan order stop loss atau take profit dengan harapan akan menghemat perdagangan untuk menghasilkan lebih banyak keuntungan. 

Mengukur kinerja dan peningkatan

Perhatikan pengaturannya

Setiap kali anda melakukan perdagangan, anda perlu menyimpan catatan pengaturan yang digunakan untuk melakukan perdagangan. Apakah cara tersebut membuat anda untung atau rugi. 

Ulangi

Jika anda menemukan setup yang memiliki persentase kemenangan jauh lebih tinggi daripada kehilangannya, tidak perlu malu untuk mengulanginya. 

Review

Jika terus menerus rugi, perlu dilakukan evaluasi analisis teknis dan fundamental serta pola pikir perdagangan anda. 

Peningkatan

Selalu ada kemungkinan untuk peningkatan, bahkan ketika rasio kemenangan anda jauh lebih tinggi daripada kehilangan perdagangan. Perlu dilakukan identifikasi area perbaikan dengan meninjau pergerakan harga sebelum dan sesudah perdagangan. Para trader juga diharuskan untuk mempelajari lebih dalam tentang pasar dan aset yang diperdagangkan untuk meningkatkan peluang menang.