Mungkinkah Bitcoin Jadi Mata Uang Nasional AS?

0
32
bitcoin jadi mata uang nasional AS

Seperti yang ramai menjadi pemberitaan belakang ini, Microstrategy menginvestasikan cadangan kas mereka menjadi Bitcoin dalam jumlah yang tak tanggung-tanggung, total senilai $ 425 juta dalam BTC.

Langkah perusahaan yang berbasis di AS ini bertujuan untuk berlindung dari inflasi dan meyakini Bitcoin sebagai lindung nilai yang andal, bahkan lebih dari pada emas yang sudah menjadi favorit industri selama beberapa dekade terakhir.

Secara lebih dalam, keterlibatan cryptocurrency dengan ekonomi AS menggema sejak salah satu pendiri Morgan Creek Digital, Jason Williams, memposting pendapatnya di Twitter.

“Amerika Serikat akan menjadi negara pertama yang mengadopsi #Bitcoin sebagai mata uang nasionalnya,” tweet Jason Williams dilansir dari zycrypto.

Namun, hampir semua balasan tweet ini tidak setuju dengan pernyataan tersebut.

Baca Juga: Harga Bitcoin di Level Ini Harus Dijaga, Akankah Bears Menembusnya?

Lantas, mungkinkah Bitcoin menjadi mata uang nasional AS?

Sampai saat ini, tidak ada negara di dunia yang menjadikan Bitcoin sebagai mata uang nasional. Bahkan, AS pun masih dalam tahap awal memberlakukan pedoman peraturan.

Tapi, sudah ada jalur alternatif yang membuat Bitcoin jadi dominan dan menjadi mata uang negara, yaitu dengan cara adopsi eksternal dari investor institusi dan perusahaan teknologi tradisional terkemuka.

Investor tumbuh 2x lebih besar menjelang pergantian tahun 2019 ke tahun 2020, sehingga tahun 2020 ini membuktikan Bitcoin sebagai penyimpanan nilai yang lebih baik.

Investor berlomba mengunci aset mereka menjadi bentuk penyimpanan yang paling aman, sejak fase awal kekakuan politik antara AS dan pemerintah China – jauh sebelum pandemi melanda secara global.

Saat pemilihan presiden AS, USD berada di titik terlemahnya. Hal ini menjadi salah satu faktor alami yang mendorong investor memilih emas, perak, dan aset di pasar saham.

Selain itu, pencetakan dolar berulang untuk stimulus ekonomi juga membuat investor yang ingin memerangi inflasi dengan mengamankan aset keras dan nilai mata uang digital mulai menjadi tren pilihan.

Secara mengejutkan, kinerja Bitcoin sebagai mata uang kripto yang dominan memiliki kinerja YTD sebesar 64%, sementara emas mencapai puncaknya pada 28%, dan perak pada 49%.

Kemudian Microstrategy menjadi perusahaan yang merealisasikan cadangan Bitcoin yang besar tetapi bukan untuk dijual. Termasuk institusi yang berpusat pada kripto seperti Grayscale juga mengalami peningkatan investasi.

Kesimpulan

Untuk saat ini mungkin tidak karena negara tidak bisa mengontrol Bitcoin. Sebuah pemerintahan tidak suka dengan namanya terdesentralisasi, mereka harus mengontrol. Ini adalah sifat sebuah negara.

Bitcoin jadi mata uang nasional di negara mana pun di dunia adalah hal yang mungkin terjadi di masa depan. Tanpa adopsi nasional, Bitcoin masih berharga secara inheren.

Baca Juga: 4 Alasan Kenapa Kamu Harus Upgrade ke Tokocrypto 2.0