Mengenal Smart Contract

0
222
Mengenal Smart Contract

Apa yang dibicarakan oleh orang-orang ketika mereka membahas Smart Contract?

Dalam konteks blockchain dan aset kripto, kontrak pintar/ smart contract adalah:

  • Kode komputer
  • Disimpan dan direplikasi pada platform penyimpanan terdistribusi 
  • Dieksekusi atau dijalankan oleh jaringan komputer 
  • Dapat menghasilkan pembaruan buku besar

Dengan kata lain, jika blockchain memberi penyimpanan terpercaya yang terdistribusi, maka kontrak pintar atau smart contract memberikan perhitungan terpercaya yang terdistribusi. 

Smart contract adalah salah satu fungsi yang membedakan Ethereum dari blockchain lainnya. 

Dalam webnya, Ethereum menjelaskan bahwa:

“Ini adalah kontrak yang menghasilkan 10 ribu token kepada pembuat kontrak, dan kemudian memungkinkan siapapun yang memiliki saldo cukup untuk mengirimkannya ke orang lain. Token ini adalah unit minimum yang dapat diperdagangkan dan tidak dapat dibagi lagi, tetapi untuk pengguna akhir dapat disajikan sebagai 100 unit yang dapat dibagi lagi dengan 100 subunit. Sehingga memiliki 1 token berarti memiliki 0,01% dari total”.

Baca Juga: Pentingnya Trading Plan dalam Jual-Beli Aset Kripto

Apa perbedaannya dengan pembayaran perbankan otomatis?

CONTROL

Dalam ekosistem blockchain yang diatur dengan benar, tidak ada sumber kontrol tunggal. Tata letak terdistribusi dengan mekanisme konsensus yang artinya banyak pihak terus memeriksa dan memperbarui buku besar dan segala sesuatu yang tidak sesuai aturan yang disepakati sebelumnya akan ditolak peserta lain. 

CODE

Dengan smart contract dalam blockchain, logikanya dijalankan secara paralel di semua komputer yang berpartisipasi dan hasilnya dibandingkan oleh semua peserta. Peserta hanya mengubah buku besar versi mereka sendiri jika mereka menyetujui hasilnya. Tidak ada yang bisa menipu blockchain, secara teori. 

TRANSPARENCY

Agar semua peserta dalam blockchain menjalankan kode yang sama, masing-masing memverifikasi satu sama lain, logika kontrak pintar harus dapat dilihat oleh semua. Ini berarti siapapun dapat melihat kontrak pintar, dan jika pengguna menyukai kodenya, pengguna dapat menggunakannya. Akan ada kontrak pintar untuk penggunaan umum dan ada kontrak pintar yang sangat spesifik. Transparansi adalah pro dan kontra. Dapat berguna bagi seluruh pemangku kepentingan kontrak untuk menyetujui apa yang terjadi. Bukan hanya pemangku kepentingan yang dapat melihat apa yang terjadi, tetapi semua orang. 

FLEXIBILITY

Kontrak pintar dapat melakukan apa saja yang dapat dilakukan oleh komputer normal, meskipun versi blockchain akan berjalan jauh lebih lambat dan mahal untuk dijalankan daripada di komputer biasa. Pengguna harus membayar semua komputer di jaringan untuk menjalankan kode secara pararel. 

Mengapa smart contract sangat berguna?

Dengan kontrak pintar, hanya ada satu set persyaratan perdagangan yang ditulis dalam kode komputer yang jauh lebih halus daripada legalase dan disepakati dimuka. Ketergantungan eksternal (harga minyak, harga saham, dsb) dapat dimasukkan melalui umpan yang disepakati bersama. Kontrak akan tetap di blockchain dan akan berjalan ketika ada peristiwa terjadi atau ketika taruhan berakhir.