Terungkap! Inilah Alasan Kenapa Pasar Crypto DeFi Naik Tajam Sejak Juni

0
100
crypto defi

Selama pandemi crypto DeFi kian diperhitungkan sebagai alternatif investasi cryptocurrency selain Bitcoin. Berdasarkan catatan dari DeFipulse bahwa pasar crypto DeFi sudah mengalami lonjakan hingga lebih dari 1.000% dari Juni hingga saat ini, dari $1 miliar menjadi $10,71 miliar.

Salah satu hal yang membuat lonjakan nilai pasar crypto DeFi yang begitu besar adalah adanya investor yang menggelontorkan dananya dalam jumlah besar ke Compounds, YAM, Chainlink, Uniswap, Cream Finance, dan Melon.

Baca Juga: DeFi Semakin Tokcer, Koin Digital Ini Diprediksi Subur

Tiga Alasan Mengapa Investor Berbondong-Bondong Membeli Aset Digital DeFi

  • Menggunakan teknologi DeFi, seseorang bisa membangun smart contract dengan kode yang memfasilitasi tindakan perantara, termasuk mengelola dan menerima simpanan, menanggani pinjaman yang dijaminkan, dan melakukan likuidasi aset jaminan sesuai smart contract, jika nilainya mengalami fluktuasi.
  • Walaupun beberapa hari lalu mengalami koreksi harga karena dolar rebound danoverbought. Namun, koin-koin digital DeFi masih berada di tren bullish gegara investor DeFi meningkatkan pembelian aset mereka untuk sementara waktu.
  • Tingkat keuntungan dari bunga pinjaman cryptocurrency lewat platform DeFi lending lebih tinggi dibanding bunga pinjaman yang ditawarkan oleh bank tradisional.

Konsep dari DeFi adalah untuk menghilangkan perantara dengan menggantikannya dengan kode smart contract dan menurunkan biaya layanan keuangan. Lantaran, mampu membagi beban kerja dan risiko saat memproses suatu transaksi karena tidak berpusat pada satu komputer saja melainkan ribuan komputer yang ada di berbagai belahan dunia sana. Sehingga, tidak ada otoritas yang mengendalikannya dan berbeda dengan sistem keuangan saat ini yang bersifat tertutup dengan adanya bank sentral sebagai pembuat kebijakan moneter.

Baca Juga: Visa Gunakan Blockchain, Bantu Integrasi Mata Uang Digital Bank Sentral