Connect with us

Bitcoin News

Cara Membuat Wallet Bitcoin Untuk Pemula, Simak Caranya Disini!

Published

on

Cara Membuat Wallet Bitcoin

Sebagai investor, memastikan aset tersimpan dengan baik dan aman adalah sebuah keharusan. Sama halnya dengan aset kripto, investor wajib untuk menyimpan aset kriptonya di tempat yang terpercaya dan memiliki tingkat keamanan tinggi. Lantas, sebenarnya apa, sih, fungsi wallet bitcoin? Kemudian bagaimana cara membuat wallet bitcoin? Yuk kita bahas satu persatu.

Kenalan dengan Wallet Bitcoin

Apakah wallet bitcoin bisa disamakan dengan fungsi dompet pada umumnya? Bisa dibilang, iya. Namun ada sedikit perbedaan yang mendasarinya.

Penting untuk diketahui, bitcoin sendiri adalah aset digital yang tidak mempunyai bentuk fisik. Maka, wallet bitcoin merupakan perangkat lunak untuk menyimpan public key dan private key dengan berbasis teknologi blockchain yang dengan mudah digunakan oleh pengguna untuk mengirim bitcoin, menerima bitcoin, bahkan memantau saldo bitcoin.

Public key juga sering disebut sebagai wallet address, merupakan alamat dengan format alfanumerik yang dapat digunakan untuk menerima dan mengirim bitcoin ke sesama pengguna. Sedangkan private key merupakan password untuk mengakses wallet dan harus dijaga kerahasiaannya.

Jenis Wallet Bitcoin

Secara umum, wallet bitcoin terbagi menjadi dua jenis, yaitu Hot dan Cold wallet. Berikut penjelasannya.

Apa Itu Hot Wallet

Hot wallet adalah wallet bitcoin yang terkoneksi dengan jaringan internet. Anda dapat dengan bebas memilih hot wallet pada platform digital yang menyediakannya, baik gratis maupun berbayar.

Advertisement

Apa Itu Cold Wallet

Cold wallet adalah kebalikan dari hot wallet, dimana wallet bitcoin jenis ini tidak membutuhkan jaringan internet dan tentunya memiliki bentuk fisik.

Cara Mengirim dan Menerima Bitcoin Melalui Wallet

Bisa dibilang sebelum memulai untuk melakukan investasi bitcoin dan aset kripto lainnya, sebagai investor Anda harus memiliki wallet. Dikarenakan wallet bitcoin berfungsi sebagai perantara dengan blockchain ketika Anda ingin melakukan transaksi ke sesama pengguna bitcoin.

Jika ingin mengirim bitcoin, Anda bisa mengklik tombol send kemudian masukkan public key penerima dan masukkan jumlah bitcoin yang Anda inginkan. Begitupula sebaliknya, jika ingin menerima bitcoin, klik tombol request dan sistem blockchain akan memberikan address yang bisa Anda berikan kepada pengirim.

Cara Membuat Wallet bitcoin 

Jika Anda masih bingung bagaimana cara membuat wallet bitcoin, yuk ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Untuk membuat wallet bitcoin, Anda bisa kunjungi situs blockchain atau klik sini. Kemudian klik tombol “Create Wallet”
  2. Lengkapi proses registrasi dengan memasukkan email dan password Anda
  3. Tara! Wallet bitcoin Anda sudah siap!

Tingkatkan Keamanan Wallet Bitcoin

Jika sudah mendaftar wallet bitcoin, tingkatkan keamanan wallet bitcoin Anda dengan menggunakan 2FA atau Two Factor Authentication. Dimana Anda akan dimintai verifikasi identitas sebanyak 2 kali dengan bentuk kode yang dikirimkan melalui email atau SMS. Namun, jangan lupa untuk memverifikasi email Anda terlebih dahulu sebelum melakukan 2FA, ya! 

Selain itu, Anda juga bisa mencatat backup phrase. Backup phrase merupakan 12 kata pendek yang berfungsi sebagai backup jika Anda kehilangan perangkat maupun tidak mengingat kata sandi yang digunakan untuk mengakses akun wallet. Jadi, backup phrase ini adalah satu-satunya akses yang harus Anda catat dan simpan di tempat yang aman.

Beli Bitcoin di Tokocrypto

Kalau Anda sudah daftar wallet bitcoin dan memiliki wallet, kini saatnya Anda beli dan mendapatkan bitcoin di berbagai platform exchange aset kripto seperti Tokocrypto, yang telah terdaftar di BAPPEBTI, telah memiliki sertifikasi ISO 27001 tentang Sistem Keamanan Informasi dan terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informatika. Oh iya, Anda juga bisa membuat wallet di Tokocrypto jika Anda tidak mau memiliki wallet terpisah.

Advertisement

Yuk, mulai investasi bitcoin dari sekarang di Tokocrypto! Jika Anda ingin mengetahui informasi terbaru, kunjungi Tokocrypto di www.tokocrypto.com dan semua akun media sosial  @Tokocrypto 

Salam to the moon!

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular