Inilah 3 Top Cryptocurrency yang Performanya Stabil di 2020

0
331
3 Top Cryptocurrency Stabil 2020

Cryptocurrency atau mata uang kripto saat ini telah menjadi salah satu investasi yang menjanjikan. Mata uang ini juga tengah berkembang pesat sebagai alternatif transaksi non tunai, contohnya remitansi dan pengiriman uang antar negara. Sebagai instrumen investasi, cryptocurrency sangat diminati karena harganya yang tinggi. Apalagi kini di Indonesia regulasi mata uang digital telah diatur oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI).

Dalam Peraturan Bappebti No. 5 tahun 2019, aset mata uang digital diakui sebagai komoditas yang dapat diperdagangkan di bursa berjangka. Dengan adanya regulasi tersebut cryptocurrency telah memiliki payung hukum yang jelas. Jadi Anda tidak perlu ragu dengan keamanan dalam berinvestasi mata uang digital. Terlebih lagi, dalam masa pandemi ini investasi mata uang digital dianggap sebagai investasi yang tidak goyah dibandingkan investasi lainnya seperti emas. Apa saja top cryptocurrency yang menjadi “primadona” selama masa pandemi? Mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Ketahanan Cryptocurrency Sebagai Digital Asset yang Modern

Digital asset merupakan suatu barang atau benda dalam sistem elektronik yang memiliki nilai yang dapat dimiliki dan dapat dikuasai oleh perseorangan maupun badan hukum. Digital asset merupakan suatu bentuk inovasi dari konsep aset yang awalnya hanya terdapat dalam dunia riil namun kini telah berkembang dalam dunia siber. Kepemilikannya pun tercatat secara digital dan dikendalikan langsung oleh pemiliknya.

Sebagai digital asset, cryptocurrency tidak hanya digunakan sebagai alat pengiriman uang atau remitansi tetapi juga sebagai komoditas dalam berinvestasi dengan cepat dan mudah karena menggunakan sistem kriptografi. 

Kendati harganya kerap menurun cryptocurrency dinilai tetap bisa menjadi digital asset yang prospektif. Menurut Sumardi selaku CEO salah satu perusahaan cryptocurrency di Indonesia, walaupun harganya sedang mengalami penurunan, investasi mata uang kripto akan terus berkembang seiring mulai gencarnya penggunaan teknologi blockchain. Ia menambahkan harga mata uang kripto di masa yang akan datang akan lebih dipengaruhi oleh isu-isu seputar perkembang teknologi karena fokus pasar kini lebih tertuju pada pemanfaatan blockchain. Memiliki pandangan senada, Christoper Tahir selaku co-founder Cryptowatch berpendapat bahwa meskipun harga mata uang kripto mengalami tren penurunan, jumlah pengguna wallet mata uang kripto terus bertambah. 

Performa Cryptocurrency Saat Pandemi 

Di tengah pandemi Covid-19, mata uang kripto menunjukkan kinerja positif dibandingkan instrumen investasi lainnya. Oscar Darmawan, CEO salah satu perusahaan cryptocurrency di Indonesia, mengatakan bahwa performa mata uang kripto di tengah pandemi bisa membantu mendorong kembali bangkitnya perekonomian. Ia juga mengatakan Bitcoin dan emas adalah investasi yang paling diburu karena dianggap sebagai investasi paling aman. Di masa pandemi, keduanya menunjukkan performa yang mengagumkan dibanding investasi lainnya yang melemah karena Covid-19. Hal tersebut yang menarik minat para investor untuk memiliki keduanya sebagai upaya mengamankan harta kekayaan dari ancaman resesi global. Oscar menambahkan, Bitcoin dan emas memiliki sisi yang sama karena komoditas ini tidak mempan diterpa krisis global seperti wabah Covid-19. Yang dapat mempengaruhi harga kedua investasi tersebut hanya faktor pasokan dan permintaan.

Top Cryptocurrency yang Performanya Stabil di 2020

Ada banyak mata uang kripto yang terdaftar saat ini. Namun, tidak semuanya memiliki performa seperti tiga mata uang kripto ini. Berikut tiga deretan top cryptocurrency yang performanya paling stabil dan paling digemari di 2020.

  • Bitcoin

Sebagai pelopor di dunia mata uang digital, tidak heran jika popularitas Bitcoin masih menempati urutan pertama dan paling digemari masyarakat. Sebagai aset kripto paling tua, komunitas penggunanya pun relatif paling banyak di antara mata uang digital lainnya. Selain itu, Bitcoin juga mudah dicari dan selalu tersedia di bursa. Terlebih lagi kini perusahaan raksasa seperti Microsoft dan Bloomberg menerima Bitcoin sebagai opsi alat pembayaran. Para analis juga memperkirakan harga Bitcoin akan terus mengalami peningkatan signifikan hingga pasca pandemi. 

  • Ethereum

Posisi selanjutnya ditempati oleh Ethereum. Lebih dari sekadar mata uang digital, Ethereum juga merupakan platform berbasis blockchain untuk mengembangkan aplikasi yang terdesentralisasi. Ethereum juga menawarkan Initial Coin Offerings (ICOs) sebagai alternatif pembiayaan proyek-proyek blockchain lainnya. Ethereum juga memilki keunggulan yaitu waktu yang diperlukan dalam satu transaksi beberapa detik lebih cepat dibanding Bitcoin.

  • Ripple

Dibandingkan kedua “kakak”-nya yang telah disebutkan di atas, Ripple memiliki karakteristik yang lebih unik karena ia hanya berfokus pada penyelesaian masalah yang berkaitan pada satu industri saja, yaitu sebagai alat transfer pembayaran internasional. Keistimewaan Ripple yang lain yaitu waktu transaksi yang jauh lebih cepat dibandingkan Bitcoin dan Ethereum. Dalam satu transaksi internasional, Ripple hanya butuh waktu penyelesaian beberapa detik saja. Di tahun 2020 ini, Ripple juga mengalami lonjakan dan tercatat semakin banyak perusahaan yang menggunakan layanan Ripple.

Dengan keunggulan utamanya yang tidak mudah goyah saat masa pandemi, top cryptocurrency tersebut dapat Anda jadikan investasi hingga masa mendatang. Segera kunjungi Tokocrypto dan temukan mata uang digital impian Anda. Salam to the moon!