Connect with us

Blockchain

Mengenal Makers dan Takers dalam Dunia Trading

Published

on

Mengenal Makers dan Takers dalam Dunia Trading

Dalam perdagangan aset kripto sering terdengar istilah Maker dan Taker. Istilah Maker mengacu pada seseorang yang melakukan jual-beli aset kripto secara tidak langsung dengan menggunakan metode “Limit Order”. Hal ini menciptakan likuiditas, dimana seseorang akan lebih mudah membeli atau menjual aset kripto miliknya ketika syarat sudah terpenuhi. Seseorang yang membeli atau menjual aset kripto dengan instan disebut sebagai Taker. Dengan kata lain, Taker telah memenuhi “Limit Order” yang ditentukan oleh Maker.

Di segala jenis perdagangan baik forex, saham maupun aset kripto, penjual selalu dicocokkan dengan pembeli. Tanpa hal ini, seorang trader perlu mengiklankan penawarannya agar ada yang tertarik untuk membeli. 

Artikel ini akan mengajak kita untuk membahas tentang konsep Maker dan taker yang adalah sumber kehidupan banyak platform perdagangan. 

Mengenal Likuiditas

Ketika mendengar seseorang membahas tentang “aset itu likuid” atau “aset itu tidak likuid”, ini berbicara tentang betapa mudahnya aset tersebut dapat dijual. 

Emas adalah aset yang likuid karena dapat dengan mudah diperdagangkan dengan uang tunai dalam waktu yang singkat. 

Sedikit mirip namun berbeda dengan likuiditas pasar, dimana pasar likuid adalah tempat dimana trader dapat menjual dan membeli aset dengan mudah dan dengan nilai yang wajar. Dalam pasar likuid terdapat demand yang tinggi dari mereka yang ingin memperoleh sebuah aset dan supply yang juga tinggi dari mereka yang ingin melepasnya. Aktivitas ini membuat pembeli dan penjual akan bertemu di titik tengah, dimana harga jual rendah tidak akan cenderung sama dengan harga beli yang tinggi. Hal ini mengakibatkan perbedaan antara tawaran tertinggi dan tawaran terendah akan menjadi kecil. Perbedaan ini disebut dengan bid-ask spread.

Sebaliknya, dalam pasar yang tidak likuid, masyarakat cenderung kesulitan menjual aset dengan harga yang wajar karena permintaannya tidak terlalu banyak. Akibatnya, pasar yang tidak likuid memiliki bid-ask spread yang tinggi. 

Advertisement

Market Makers 

Perdagangan yang terjadi sering kali menghitung nilai pasar suatu aset dengan buku pesanan. Disinilah tempat berkumpulnya semua penawaran dari pembeli maupun penjual. Seorang maker dapat membuat pesanan dalam order book. Pesanan tersebut kemudian akan diisi ketika harga telah sesuai dengan permintaan yang telah dimasukkan ke dalam order book. 

Contoh: seorang maker mengisi order book, “beli 600 BTC saat harga telah mencapai $4000”, maka pesanan tersebut akan terisi ketika harga BTC telah ada di titik $4000.

Market Takers

Menempatkan penawaran pada order book adalah sebuah langkah untuk meningkatkan likuiditas suatu bursa karena kita telah mempermudah pengguna untuk membeli maupun menjual aset mereka. Seseorang dapat membeli atau menjual aset dengan harga yang tertera pada order book baik limit order maupun market order. 

Maker and Taker Fees

Setiap kali seseorang membuat dan mengambil pesanan tentunya ada sejumlah biaya yang harus dibayarkan. Masing-masing bursa perdagangan memiliki jumlah biaya yang berbeda-beda tergantung kebijakannya, dan juga dapat bervariasi tergantung dari ukuran dan peran perdagangan. 

Dalam Bulan Trading Nasional ini, Tokocrypto juga menghadirkan beberapa promo yang dapat dinikmati, salah satunya adalah 0% biaya maker untuk trading semua pairing BIDR dan 0% biaya transfer aset kripto untuk semua jaringan ke sesama akun Tokocrypto dan Binance. 

Selengkapnya dapat dibaca disini

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular