Connect with us

Bitcoin News

Memasuki Tahun Kerbau, BTC Mampu Menembus Area Resistensi

Published

on

bitcoin tembus resistensi

Harga Bitcoin (BTC) menembus rekor tertinggi pada hari Valentine kemarin. Bitcoin mencetak rekor terbaru dengan angka di atas $ 49,000. Ada 3 indikasi yang menyebabkan harga Bitcoin melonjak ke rekor terbarunya, yaitu; aliran masuk stablecoin yang tinggi, Resistensi $ 38,000 breakout bersih, dan fase konsolidasi yang berkepanjangan.

Berikut beberapa analisa yang dihimpun trader analyst Tokocrypto : 

Arus masuk Stablecoin yang tinggi

Selama beberapa hari terakhir, meskipun Bitcoin konsolidasi di bawah $ 38.000, analis on-chain

menunjukkan peningkatan terus menerus dalam aliran masuk stablecoin. Menurut data dari CryptoQuant, platform analitik data, Rasio Pasokan Stablecoin (SSR) naik secara signifikan saat reli dari level pertengahan $30.000. Indikator SSR menunjukkan rasio kapitalisasi pasar Bitcoin relatif terhadap kapitalisasi pasar gabungan stablecoin. Ketika harga Bitcoin naik seiring dengan rasio SSR, maka besar kemungkinan Bitcoin di dorong kembali oleh modal yang tersisihkan untuk masuk kembali ke pasar. Hal ini juga didukung pada fakta bahwa reli tidak hanya didorong oleh pasar berjangka yang over-leverage. Faktanya, permintaan asli dari pasar lah yang memimpin tren ini naik. Di atas rasio stablecoin yang tinggi, analis juga menunjukkan penurunan tekanan jual yang datang dari para traders. Kombinasi dari tekanan jual yang lebih rendah dari para traders dan peningkatan aliran masuk stablecoin ke bursa mengkatalis reli Bitcoin yang sedang berlangsung.

Berita Terkait: Inilah Keuntungan Investasi Bitcoin di 2021!

Resisten $38.000 breakout dengan sempurna

Bitcoin berkonsolidasi di bawah area resistensi $38.000 untuk waktu yang lama. Hal ini menyebabkan risiko siklus bull Bitcoin jangka pendek. Ketika harga Bitcoin berada di bawah area resistensi untuk waktu yang lama, hal itu meningkatkan kemungkinan likuiditas BTC turun ke area yang lebih rendah. Hal ini merupakan sebagian alasan mengapa Bitcoin secara teratur turun menjadi sekitar $44.000 sebelum reli impuls akhirnya di atas $38.000.

Advertisement

Konsolidasi panjang bermanfaat untuk penembusan harga baru BTC

Periode konsolidasi yang relatif lama biasanya mengarah pada dua skenario: breakdown parah atau breakout besar. Jika Bitcoin memulai reli tanpa fundamental yang kuat, ada kemungkinan lebih besar konsolidasinya mengarah pada koreksi yang dalam. Tetapi, dalam kasus Bitcoin dalam tiga hari terakhir ini, fase konsolidasi di bawah $ 38.000 didukung oleh arus masuk stablecoin yang meningkat, premium Coinbase yang tinggi, dan volume perdagangan yang umumnya tinggi di pasar spot dan futures. Oleh karena itu, meskipun pasar berjangka tetap memiliki cakupan yang tinggi dan ramai, BTC mampu menembus area resistensi meskipun ada resiko tekanan.

Bukan hanya para pasangan saja yang merayakan hari Valentine kemarin, namun nampaknya hari Valentine juga membawa momentum yang besar untuk Bitcoin, terlebih ternyata Bitcoin yang lahir di tahun 2009, di tahun kerbau.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular