Connect with us

Bitcoin News

Menilik Bitcoin Secara Teknikal, Bagaimana Pergerakan Selanjutnya?

Published

on

harga bitcoin

Penurunan harga Bitcoin (BTC) pekan ini membuat pasar cryptocurrency berantakan. Harga BTC yang terkoreksi cukup besar membuat sejumlah altcoin terdampak. Penurunan harga BTC terlihat sejak tanggal 10 Mei hingga 19 Mei 2021, sebesar 49%.

Secara fundamental ada beberapa faktor yang menyebabkan penurunan harga BTC secara ekstrim ini. Diantaranya adalah efek cuitan dari Elon Musk yang mengisyaratkan dirinya akan berfokus meningkatkan efisiensi transaksi dengan DOGE dan menangguhkan pembelian Tesla menggunakan Bitcoin.

Selain efek dari Elon Musk, tak lama ini muncul berita bahwa asosiasi perdagangan China melarang aktivitas perdagangan cryptocurrency, hal tersebut serentak direspon oleh penurunan pergerakan harga BTC.

Meski begitu, banyak spekulasi yang bermunculan bahwa Elon Musk bersama Tesla yang notabene mereka adalah salah satu investor besar pada Bitcoin melakukan aksi jual atau take profit sehingga menyebabkan harga BTC anjlok.

Namun, hal tersebut dibantah oleh Elon Musk melalui akun Twitter nya. Elon menegaskan bahwa dirinya dan Tesla belum menjual aset BTC mereka.

Baca Juga: Cuitan Elon Musk Bikin US$ 98 Juta “Menguap” dari Bitcoin

Isu tersebut menjadi perhatian untuk beberapa big holder BTC lainnya, seperti Michael J. Saylor selaku co-founder dari perusahaan MicroStrategy yang membuat pernyataan bahwa dia bersama MicroStrategy belum menjual aset Bitcoin mereka.

Pernyataan dari dua tokoh dunia tersebut mendapat respon yang variatif dari kalangan  dunia cryptocurrency, ada yang menanggapi secara positif dan negatif.

Untuk yang menanggapi secara positif, beranggapan bahwa dengan adanya pernyataan dari dua tokoh tersebut membuat tingkat kepercayaan dunia akan pergerakan harga BTC akan kembali Bullish. Kalangan ini juga percaya BTC akan menyentuh angka $100,000, sehingga kembali memunculkan minat untuk kembali membeli Bitcoin, setelah massive selling beberapa waktu lalu.

Advertisement

Untuk yang menanggapi secara negatif,  dengan adanya pernyataan dari dua tokoh tersebut, malah meningkatkan ketakutan para BTC Holder lainnya.

Karena mereka berpikiran bahwa dengan adanya pernyataan dari dua tokoh tersebut belum melakukan aksi ambil untung atau take profit dengan menjual aset BTC mereka, harga BTC sudah turun begitu dalam. Apa yang terjadi apabila para holder BTC yang besar seperti mereka melakukan aksi ambil untung dengan menjual aset Bitcoin nya.

Baca Juga: Hanya dengan Duduk Manis Bisa Dapat TKO Gratis

Teknikal Analisis

Setelah mengalami penurunan yang ekstrim pada tanggal 19 Mei 2021 lalu, pergerakan harga Bitcoin (BTC) berusaha untuk melakukan pullback. Terlihat saat artikel ini dibuat pada tanggal 21 Mei 2021 pukul 10.36 WIB, laju pergerakan BTC sudah mengalami kenaikan sebesar 36% dari penurunan harga pada tanggal 19 Mei 2021.Pada chart Bitcoin/USDT time frame 1 hari, market Binance, pergerakan harga BTC masih dalam laju koreksinya.

Saat ini pergerakan harga BTC sedang mencoba untuk masuk ke dalam supply area terdekatnya yaitu pada area harga US$42,842-US$45,675. Pada saat laju harga BTC sudah memasuki area ini, ada 2 kemungkinan untuk menentukan pergerakan arah harga BTC kedepannya, yaitu adanya rejection dan breakout.

1. Rejection

Apabila pada saat memasuki supply area, pergerakan harga BTC mengalami rejection, maka pergerakan harga BTC akan mengalami koreksi kembali dan kembali ke area harga US$37,000-US$39,000.

2. Breakout

Apabila pada saat memasuki supply area, pergerakan harga BTC mengalami breakout atau dapat menembus resistance nya, maka pergerakan harga BTC berpotensi akan terus naik hingga mencapai harga US$49,962.

 

Disclaimer:

Perdagangan atau investasi digital asset atau mata uang kripto (Bitcoin, Ethereum, dll) merupakan aktivitas beresiko tinggi. Sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi ketahui dulu resikonya. Perdagangan Digital Asset sebaiknya dilakukan pada platform exchange yang terdaftar di Bappebti.

Kami tidak memaksa Anda untuk membeli atau menjual aset digital ini, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Pahami dulu lebih dalam sebelum memutuskan berinvestasi mata uang kripto.

Semua informasi di Portalkripto bukan bersifat financial advisor. Kami hanya mengiformasikan keadaan pasar atau keadaan ekonomi dan situasi global yang berkaitan dengan mata uang kripto beserta ekosistemnya.

Advertisement

sumber.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular