Ingin Stop Loss? Gunakan Pola Candlestick Morning Star InI!

0
702

Dalam aktivitas trading aset kripto, biasanya para trader memaksimalkan stop loss. Saat pergerakan harga menyentuh nilai yang telah ditentukan, maka sistem secara otomatis akan menutup order atau posisi tersebut. Pada kesempatan kali ini, akan membahas cara membaca morning star candlestick sebagai salah satu teknik yang dapat Anda gunakan dalam kegiatan trading.

Namun sebelum itu, yuk simak dulu mengenai bearish market serta floating loss!

Apa itu Bearish Market?

Istilah “bearish” merupakan istilah yang tidak asing bagi para trader. Bagi Anda yang belum mengetahui istilah “bearish” atau “bearish market” ialah merujuk pada pergerakan harga aset kripto di pasar yang sedang bergerak turun. Banyak trader yang menjauhi aset kripto mereka, karena kepercayaan dari bearish market yang rendah.

Anda dapat dengan mudah mengetahui sebuah pasar yang memiliki ciri bearish market, cukup dengan melihat nilai dari suatu aset yang mengalami penurunan secara konsisten. Berikut beberapa faktor penyebab bearish market:

  • Ekonomi Dasar

Ketika pasar mengalami Bearish Market, nilai penawaran lebih tinggi sedangkan nilai permintaan rendah. Hal ini akan membuat harga akan jatuh, karena lebih banyak trader yang ingin menjual asetnya dibandingkan membeli aset tersebut.

  • Kesehatan Ekonomi

Sering sekali Bearish Market dihubungkan dengan pelemahan ekonomi. Tentunya hal tersebut membuat para trader menjauh, dikarenakan mereka akan sedikit menggunakan uang mereka di saat pelemahan ekonomi.

  • Psikologi Manusia

Umumnya emosi dan psikologi manusia mendorong pasar. Terkadang Anda dapat menemukan Bearish Market saat kepercayaan pada pasar menurun. Hal tersebut dapat diakibatkan oleh berbagai faktor, misalnya seperti faktor FUD: Fear (takut), Uncertainty (ketidakpastian), serta Doubt (keraguan).

Hal Dasar bagi Setiap Trader: Floating Loss

Saat melakukan aktivitas trading aset kripto hal dasar yang wajib dipahami oleh setiap trader adalah konsep floating loss. Dalam investasi aset kripto, floating loss dapat diartikan sebagai kerugian sementara trader berdasarkan penurunan nilai aset yang terjadi saat itu. Sederhananya, floating loss adalah kerugian yang belum terealisasi.

Jadi, sebenarnya trader tidak rugi? Tentu mengalami kerugian, akan tetapi kerugian tersebut masih belum ditentukan. Kerugian akan terealisasi, apabila seorang trader memutuskan untuk menjual aset kripto miliknya dalam upaya mengurangi kerugiannya lebih dalam. Ketika aset kripto dijual di bawah harga rata-rata, maka kerugian secara nyata sudah terjadi. 

Berikut dampak floating loss terhadap trading jangka panjang dan jangka pendek:

  • Floating Loss terhadap Trading Jangka Panjang

Ketika Anda melakukan investasi dalam jangka panjang, floating loss merupakan kondisi yang wajar dan masih aman, mengingat kondisi pasar yang memang volatil. Umumnya untuk investasi aset kripto dengan jangka panjang, Anda membeli aset kripto dengan fundamental baik serta yakin akan potensinya di masa depan. Sehingga, kerugian sementara tidak terlalu berpengaruh.

  • Floating Loss terhadap Trading Jangka Pendek

Sedangkan untuk investasi dalam jangka pendek, floating loss akan sangat berpengaruh dengan keuntungan investasi. Namun, jika Anda memasang posisi berdasarkan analisa dan menetapkan titik stop loss serta take profit dengan tepat, maka seharusnya Anda tidak perlu khawatir lagi.

Jika Anda benar-benar ragu, cobalah untuk melakukan analisa teknikal. Apakah nantinya pasar memasuki tren penurunan atau mungkin sebaliknya. Analisa tersebut dilakukan agar Anda bisa menyesuaikan kembali posisinya. 

Cara Membaca Pola Candlestick Morning Star

Candlestick Morning Star adalah pola candle yang terbentuk pada akhir suatu penurunan harga yang panjang. Perlu diketahui bahwa Candlestick Morning Star terdiri dari 3 (tiga) candle yang berbeda. Hal tersebut menandakan akan terjadi reversal atau pembalikan arah dari pergerakan harga yang terjadi.

Pola Candlestick Morning Star, terbentuk setelah sebelumnya didahului oleh downtrend, candle pertama berwarna merah, lalu terbentuk candle kedua dengan body kecil berwarna hijau dan Anda dapat melihat jarak candle kedua terpisah (gap) dengan candle pertama.

Selanjutnya, terbentuknya candle ketiga sebagai konfirmasi akan terjadi reversal. Perlu Anda perhatikan, pada candle ketiga semakin panjang body-nya berwarna hijau maka menandakan terjadi kenaikan yang cukup signifikan.

Teknik morning star candlestick dapat langsung Anda gunakan dalam aktivitas trading Anda. Gunakan pola tersebut dan mulai investasi di Tokocrypto. Anda tidak perlu khawatir, karena Tokocrypto secara resmi telah terdaftar di BAPPEBTI. Yuk, mulai investasi di Tokocrypto sekarang!