Hal Yang Perlu Dihindari Investor Aset Kripto

0
596
investor aset kripto

Walaupun baru berusia satu dekade, aset kripto merupakan salah satu instrumen investasi yang banyak diminati oleh masyarakat. Banyak juga orang yang mengira bawa nasib aset kripto akan berakhir dalam beberapa tahun, nyatanya investasi ini makin kuat setiap harinya. 

Berdasarkan data kementerian perdagangan pada bulan Mei 2021 terdapat lebih dari 6 juta investor aset kripto di Indonesia. Jumlah ini melebihi jumlah investor pasar modal di bursa. 

Beberapa dari kalian yang membaca artikel ini mungkin penasaran dan ingin coba berinvestasi kripto namun terbayang dengan berbagai pengalaman-pengalaman buruk yang pernah terjadi sebelumnya dan dialami oleh sebagian investor kripto. Padahal dalam kenyataannya, tiap instrumen investasi tentunya memiliki resiko masing-masing dan hal ini dapat dihindari dengan mempelajari lebih lanjut terkait instrumen investasi tersebut terlebih dahulu sebelum benar-benar terjun didalamnya. 

Baca Juga: London Hard Fork Kemungkinan Ditunda, Ini Pernyataan Developer Ethereum

Berikut adalah hal-hal yang perlu dihindari, belajar dari pengalaman yang pernah dialami sebagian besar investor dan bagaimana cara untuk menghindari situasi tersebut:

 

  • Saya lebih pintar dari orang lain, saya tidak mungkin melakukan kesalahan seperti mereka. 

 

Banyak orang yang merasa bahwa dirinya tidak akan jatuh dalam pemikiran seperti ini. Sebelum memulai investasi di aset kripto para investor cenderung memahami terlebih dahulu sehingga mereka memiliki hampir semua pengetahuan dasar tentang aset kripto. Terkadang dengan memahami pengetahuan dasar aset kripto, bagaimana cara membaca grafik, teknikal analisis dan mengetahui fundamentalnya, para investor merasa bahwa mereka sudah ahli dalam aset kripto. Kenyataannya, trading bukan hanya tentang itu, melainkan trading adalah hal psikologis. Para investor harus melangkah lebih jauh untuk memahami konsepnya. Para investor harus menerima berbagai bentuk strategi pasar apapun. Aset kripto memiliki tingkat volatilitas yang tinggi. Jangan lupa untuk selalu melakukan penelitian terlebih dahulu terkait grafik dan teori market. 

 

  • Kehilangan banyak harta tabungan, tanah, rumah, mobil, dan sebagainya

 

Semua orang memiliki potensi untuk mengalami kerugian dan kehilangan dananya dalam investasi. Akan ada saat dimana hal-hal terjadi diluar keinginan sehingga sangat penting selalu teliti dalam mengambil tindakan dalam dunia kripto. 

Tentunya untuk menghindari hal ini, pastikan anda berinvestasi aset kripto dengan menggunakan dana dingin. Jangan pernah menggunakan dana tabungan hidup, dana darurat bahkan utang atau pinjaman. Pastikan anda dapat menutupi semua tagihan sebelum menginvestasikan dana anda dalam instrumen investasi manapun, termasuk aset kripto. Dalam investasi, semakin banyak keuntungannya, semakin tinggi pula potensi kerugian. Pastikan untuk selalu mempertimbangkan dan mempersiapkan rencana investasi sesuai dengan kondisi masing-masing. 

 

  • Emotional trading

 

Kunci kesuksesan dalam melakukan trading adalah disiplin dalam mengatur emosi. Mempertahankan sikap yang tenang dan penuh perhitungan adalah hal utama yang harus diperhatikan dalam trading. 

Ketakutan dan keserakahan adalah dua emosi paling umum yang dialami trader, dan ini menyebabkan sebagian besar keputusan buruk yang membuat mereka kehilangan dana.