Kenalan dengan Aset Crypto, Investasi Online yang Sedang Populer!

0
1003
Pajak Pasar Kripto

Kegiatan investasi memang sudah hadir jauh sejak beberapa tahun yang lalu. Namun, sebelumnya dilakukan secara konvensional dan membutuhkan tenaga dan waktu yang lebih besar. Seiring perkembangan zaman dan teknologi, investasi bisa dilakukan secara online. Didukung dengan cepatnya pertukaran informasi melalui internet, investasi tersebut kian populer.

Salah satu dari instrumen investasi online adalah aset kripto. Yuk, kenalan dan simak penjelasan lebih lengkapnya!

Aset Kripto sebagai Instrumen Investasi Online

Investasi online kini kerap diperbincangkan, kaum millenial pun akhirnya jadi melek investasi. Perkembangan teknologi yang sangat masif akhirnya mempermudah kita dalam berinvestasi. Selayaknya investasi konvensional, investasi online merupakan penanaman modal untuk mendapatkan keuntungan dalam waktu jangka panjang. Nah yang membedakannya adalah semua proses dari investasi tersebut dilakukan secara digital.

Aset kripto adalah sebuah mata uang digital yang dirancang sebagai alat tukar. Aset kripto ini dijalankan dengan sistem kriptografi untuk mengamankan dan memverifikasi setiap transaksi dari pemiliknya. Yups, karena semua proses transaksi aset kripto ini dilakukan secara digital dan menggunakan teknologi tinggi, makanya ia merupakan salah satu instrumen investasi online.

Penyebab Populernya Aset Kripto sebagai Instrumen Investasi Online

Dilansir dari Kompas.com, Analisis Capital Future Wahyu Laksono mengatakan yang menjadi alasan banyaknya peminat aset kripto diantaranya, meningkatnya ketidakpercayaan orang-orang terhadap mata uang resmi atau fiat. Ia menuturkan, nilai uang fiat akan tergerus inflasi. Inilah yang akhirnya membuat banyak orang berlomba-lomba untuk menginvestasikan dananya pada aset-aset ekonomi non uang untuk menghindari pengurangan nilai tersebut.

Ia pun menambahkan walaupun instrumen investasi emas juga bisa dipilih untuk menghindari inflasi, banyak orang yang tetap tertarik dengan aset kripto karena sifatnya yang efisien, yakni tidak membutuhkan ruang penyimpanan khusus, berbeda seperti emas. Ia menjelaskan, emas memiliki fisik dan perlu storage, inilah yang menjadikannya kurang efisien. Sedangkan kripto karena ia dilakukan secara digital, maka kelebihannya secara teknologi lebih efisien, unbank, connected, dan open.

Pengaruh lain datang dari banyak pebisnis dunia yang ikut mempopulerkan jenis kripto. Salah satunya, CEO Tesla Elon Musk, terus membicarakan berbagai jenis kripto lewat akun twitternya. Bahkan, ia pun bakal menjadikan Bitcoin sebagai salah satu alat pembayaran yang sah untuk transaksi mobil listrik miliknya, Tesla.

Jenis-jenis Aset Kripto

Kini jenis aset kripto yang ada sangat banyak, lho! Tercatat di coingecko.com, ada lebih dari 6000 jenis aset kripto yang tersebar di seluruh dunia. Inilah beberapa jenis aset kripto yang perlu Anda ketahui!

  1. Bitcoin

    Jenis aset kripto yang pertama tentunya adalah Bitcoin. Koin yang sering dijuluki sebagai King of Cryptocurrency ini merupakan mata uang digital yang menempati posisi pertama yang memiliki nilai harga yang tinggi. Jumlahnya yang terbatas dan permintaan nya yang tinggilah yang menyebabkan ia memiliki harga yang tinggi.

  2. Ethereum

    Selanjutnya adalah Ethereum. Ethereum menduduki posisi kedua sebagai aset kripto yang memiliki tingkat likuiditas yang cukup tinggi. Ini disebabkan karena mata uang yang beredar cukup banyak, makanya pencairannya lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan mata uang lainnya.

  3. Litecoin

    Litecoin kerap disebut sebagai mata uang digital terbaik dan bisa disejajarkan dengan BTC dan ETH. Mengapa demikian? Ia memiliki tingkat likuiditas tinggi serta market yang besar. Litecoin yang beredar di market saat ini berjumlah 84 juta LTC.

  4. Dogecoin

    Mata uang digital ini diluncurkan pertama kali tahun 2013 menggunakan teknologi yang berasal dari Litecoin. Siapa yang menyangka jika awalnya doge merupakan mata uang lelucon saja, kini ia mempunyai banyak penggemar. Mata uang satu ini memang mampu menarik perhatian banyak orang di awal tahun 2021. Jika awal Januari 2021 harga doge masih berkisar puluhan perak, kini ia memiliki harga yang tinggi jauh berkali-kali lipat. Bahkan pada 7 May 2021, harganya mampu mencapai Rp 9.783 per doge!

  5. Binance Coin (BNB)

    Binance coin diluncurkan sebagai token ERC-20 yang berjalan di atas jaringan ethereum. Binance sendiri digunakan pada platform pertukaran mata uang kripto Binance. Anda bisa menggunakan binance untuk membayar trading di Binance Exchange.

Jika Anda ingin berinvestasi online dan memilih aset kripto sebagai instrumen investasinya, daftarkan diri Anda sekarang di Tokocrypto!