Connect with us

Blockchain

Mengenal NFT: Peluang Besar Industri Kreatif di Indonesia Merambah Pasar Global

Published

on

Mengenal NFT

Perkembangan teknologi blockchain saat ini merupakan salah satu yang perlu diantisipasi oleh masyarakat dan para pelaku bisnis. Setelah diramaikan oleh Decentralized Finance (DeFi) pada akhir tahun 2020, kini salah satu pengembangan blockchain yang sedang ramai diperbincangkan adalah Non-Fungible Token atau biasa disingkat NFT.

NFT mulai hadir sejak tahun 2014, namun semakin disorot sejak salah satu digital artist bernama Mike Winklemann (Beeple) menjual karya NFT “Everyday: The First 5000 Days” dengan rekor penjualan termahal di Christie dengan nilai $69.3 juta pada Maret lalu. 

Tokocrypto sebagai salah satu pedagang aset kripto terbesar di Indonesia, melaksanakan sebuah survei online kepada komunitas terkait pendapat dan pemahaman mereka atas tren NFT.

Hasil survei yang dilaksanakan pada 5 – 8 Juli 2021 lalu pada 400 responden, sebanyak 67,9% responden memahami NFT sebagai karya seni digital, 23,8% responden menjawab token digital, sementara sisanya menjawab NFT sebagai platform seni atau lainnya.

Baca Juga: Mastercard Meningkatkan Fitur Dompet Crypto dan Bisnis Pertukaran

NFT sendiri dapat dikatakan sebagai aset digital yang unik dan merepresentasikan karya seni dari kreator di berbagai kategori seperti musik, foto, video, digital arts, komik, apparel, merchandise, dan lainnya. Kebanyakan NFT dibangun di atas Ethereum blockchain, sehingga menjamin bukti kepemilikan, riwayat perpindahan NFT akan selamanya tercatat di Blockchain.

Melalui NFT, kreator dan kolektor bisa melakukan transaksi secara online dengan menggunakan mata uang kripto sebagai alat pembayaran. Setiap NFT memiliki kode unik tersendiri, dimana ada bukti kepemilikan dan keaslian NFT sebagai jaminan kolektor yang membeli karya tersebut. Sementara di sisi kreator, hal ini bisa mengantisipasi adanya duplikasi atau replikasi karya seni yang dibuat.

Nevertoolavish (NTL) sebagai salah satu sneaker customizers paling bergengsi di Indonesia melihat bahwa NFT merupakan sebuah medium baru sebagai seni digital dengan eksplorasi kreativitas yang tidak terbatas.

Advertisement

“Setelah eksis di dunia artisan customizer, kami memutuskan terjun di NFT dan melihat bahwa sistem serta mediumnya sangat menarik, dimana secara ekosistem dapat menguntungkan dari sisi kreator maupun kolektor,” ujar Muhammad Haudy, CEO & Co-Founder Nevertoolavish

Baca Juga: 3 Crypto dengan Apresiasi Tertinggi di Semester Satu 2021

Sementara itu, Winny Wong selaku CEO Banyan Core menambahkan bahwa “Indonesia memiliki banyak sekali artist bertalenta seperti arsitek, desain interior, digital artist, pelukis, penulis lagu, aktor, dan lainnya. Namun sayangnya, mereka tidak banyak terekspos ke global market, bahkan secara umum karya yang dimiliki belum diapresiasi dengan harga yang setimpal. NFT akan menjadi kesempatan besar bagi para kreator bertalenta untuk menunjukkan passion dan kreativitas yang dimiliki, dan menjadi strategi dalam mendorong bisnis kreatif di Indonesia.”

Mengeksplorasi NFT akan memberikan beberapa manfaat baik dari sudut pandang kreator maupun sebagai kolektor. Dari sisi kolektor, NFT dapat membantu mereka memperluas eksposur karya seninya mencakup pasar lokal dan internasional juga kesempatan untuk mendapatkan royalti atas karya NFT meskipun telah berpindah tangan ke kolektor lainnya.

Sementara di sisi kolektor, rasa kepemilikan dan keaslian atas karya NFT dari artist yang disukai menjadi daya tarik utama untuk memiliki NFT, ditambah beberapa NFT memungkinkan pemiliknya untuk menukarkan NFT tersebut ke dalam bentuk barang fisik atau menjadikannya sebagai salah satu investasi jangka panjang. 

Tokocrypto sendiri akan meluncurkan platform NFT lokal sejalan dengan pengembangan utilitas dari TKO Token. Platform yang rencananya akan hadir di Agustus 2021 ini diharapkan bisa menjadi wadah bagi kreator lokal Indonesia di berbagai kategori untuk memamerkan karyanya dan menjangkau pasar yang lebih luas melalui platform ini.

Sebelum peluncurannya, Tokocrypto mengundang para NFT antusias untuk bergabung dan melakukan pre sign-ups di mall.tokocape.com, dimana berkesempatan mendapatkan total hadiah $7000 dan 30 NFT merchandise dari beberapa official merchant partner seperti Nevertoolavish, Banyan Core, dan Maximall Footwear.

 

Advertisement
Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular