Cara Bijak Atur Keuangan Awal Bulan, Check!

0
209
investasi jangka panjang

Awal bulan setelah gajian waktunya kamu atur strategi buat beberapa pos keuangan, bener gak? Pengen beli ini itu, jajan ini itu, wajar banget buat apresiasi kerja keras diri sendiri. Tapi pastikan dulu keuangan kamu sehat ya!

Apalagi di masa pandemi yang penuh ketidakpastian ini, mengatur keuangan dengan strategis merupakan salah satu  yang wajib dilakukan. Siapa tau ada biaya – biaya tak terduga yang harus dikeluarkan.

Lalu gimana sih caranya biar bisa atur keuangan dengan rapi dan bijak? Simak beberapa hal yang bisa kamu terapkan

 

  • Tentukan Prioritas Kamu

 

Prioritas kamu menjadi penentu bagaimana kamu mengatur strategi keuangan. Tentunya, strategi itu akan berbeda jika kamu sudah berkeluarga atau masih single. Jadi gimana cara mulainya? Saat habis gajian, jangan langsung jajan! 

Coba pakai metode 50/30/20 untuk buat strategi keuangan kamu. 50% dari pendapatan kamu bisa digunakan untuk membayar kebutuhan pokok guna bertahan hidup seperti cicilan KPR, sewa rumah, makanan, asuransi kesehatan, listrik, dan lainnya. Pastikan semua kebutuhan pokok kamu tidak lebih dari alokasi ini.

Gunakan 30% dari pendapatan kamu untuk memenuhi keinginan seperti makan/jajan di luar, kebutuhan elektronik, liburan, dan lainnya. Lalu 20% sisanya digunakan untuk menabung. Nah menabung pun bisa dibagi beberapa kategori seperti tabungan dana darurat, tabungan pensiun, tabungan sekolah anak, dan lainnya.

 

  • Sisihkan Dana Darurat

 

Di masa pandemi ini khususnya, memiliki dana darurat menjadi hal yang sangat penting untuk keperluan tidak terduga jika ada keluarga sakit atau hal lainnya. Perhitungan dana darurat idealnya adalah 6 x Pengeluaran Kebutuhan Pokok (jika kamu single) dan 12 x Pengeluaran Kebutuhan Pokok (jika kamu berkeluarga). 

Melihat poin no 1 dimana tabungan diambil dari 20% pendapatan, kamu bisa set target mulai dari sekarang untuk menabung dan mengamankan dana darurat sesuai dengan priotitasmu.

 

  • Melakukan Investasi

 

Selain untuk dana darurat, kamu juga bisa mengalokasikan sebagian jatah 20% dari pendapatan kamu untuk memulai investasi. Saat ini banyak instrumen investasi yang bisa menjadi pilihan buat kamu, salah satunya adalah investasi aset kripto.

Sebelum memulai investasi, pelajari dulu teknologi blockchain dan aset kripto apa yang sesuai dengan profil investasi kamu. Meskipun banyak yang bilang investasi kripto pasti cuan, tetap ada risikonya ya jadi kamu harus berhati – hati dan memahami teknisnya. Jangan tergiur cuan dengan menggunakan alokasi dana darurat apalagi kebutuhan pokok!

Pastikan kamu melakukan investasi aset kripto di pedagang aset yang mengedepankan keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Seperti Tokocrypto yang merupakan pedagang aset pertama yang teregulasi oleh Bappebti.

Nah, khusus di Agustus ini, Tokocrypto bersama GoPay menghadirkan promo spesial buat para pengguna Tokocrypto. Seluruh pengguna Tokocrypto berkesempatan mendapatkan cashback hingga Rp 35.000 jika melakukan deposit melalui GoPay yang berlaku pada 1 – 31 Agustus 2021. Menarik dan pastinya mudah banget nih buat kamu yang baru mau mulai investasi, yuk langsung trading di Tokocrypto!

Mau tau detailnya, cek langsung di sini ya! #salamtothemoon