Connect with us

Blockchain

Gunakan Strategi Trading Bitcoin Berikut Agar Untung

Published

on

Ilustrasi investasi di bursa kripto.

Beberapa waktu belakangan, tidak sedikit masyarakat yang mencari peruntungan lewat trading aset kripto Bitcoin. Hal ini dibuktikan dengan banyak orang yang berhasil mendapat cuan yang berlimpah. Jika Anda juga tertarik mencari keuntungan lewat Bitcoin dengan trading, ketahui sejauh mana Anda telah memahami strategi trading Bitcoin serta apa saja yang harus dipersiapkan melalui artikel ini!

Trading, Cara Meraih Keuntungan Lewat Bitcoin

Sejak kenaikan harga Bitcoin secara besar-besaran pada 2017 yang hampir mencapai 300 juta Rupiah, fenomena trading Bitcoin semakin digandrungi para investor, khususnya di Indonesia. Trading dianggap sebagai cara paling praktis untuk meraup keuntungan dalam berinvestasi Bitcoin. Prinsip dalam trading Bitcoin, yaitu “Membeli di harga rendah dan menjual di harga yang lebih tinggi.” 

Merajalelanya trading Bitcoin disebabkan oleh keandalan Bitcoin dalam hal kapitalisasi pasar serta popularitasnya sebagai aset kripto terbesar. Selain itu, Bitcoin memiliki sifat yang fluktuatif dan tidak sepenuhnya dapat diprediksi. Melihat perkembangannya, harga Bitcoin cenderung akan kembali meningkat meski habis mengalami penurunan yang anjlok. 

Dari sana, para trader menggunakan kemampuannya dalam memanfaatkan kesempatan untuk mendapat untung. Tak heran, banyak sekali investor yang sukses di Indonesia berkat trading. Namun, mereka yang meraih kesuksesan tak semata-mata hanya melakukan trading saja, tetapi juga andal dalam memperhatikan kondisi pasar dan tentunya menggunakan strategi trading yang tepat.

Persiapan Sebelum Trading Bitcoin

Sebagai trader, tentu Anda tidak ingin mengalami kerugian, kan? Agar bisa mencapai kesuksesan dalam trading Bitcoin, selain dana yang Anda sisihkan untuk trading dan digital exchanger sebagai platform jual-beli Anda, masih ada beberapa hal lain yang wajib dipersiapkan, yaitu

 

  • Pengetahuan Soal Koin

Sebelum memutuskan untuk bermain, penting bagi Anda untuk mengetahui seluk beluk aset kripto yang akan Anda investasikan, sama halnya seperti Bitcoin. Bitcoin memiliki perkembangan yang pesat, sehingga akan terus ada informasi baru mengenai koin tersebut, termasuk soal teknik trading

Selain menambah wawasan soal  Bitcoin, informasi ini juga akan membantu Anda menghindari kerugian dengan melakukan trading dalam jumlah yang tidak besar, sehingga masih ada aset yang tersisa.

Advertisement

 

  • Pemahaman Kondisi Pasar

Dalam trading Bitcoin, kondisi pasar memiliki pengaruh besar terhadap strategi trading yang digunakan. Dengan kemampuan analisis pasar yang baik, Anda dapat menentukan langkah yang harus dipilih agar tetap mendatangkan keuntungan. 

Misalnya, Anda harus mengetahui bahwa pasar Indonesia adalah follower, artinya harga Bitcoin biasanya akan mengikuti pergerakan harga internasional dan cenderung lebih rendah dari harga Bitcoin di wilayah penguasa Bitcoin (Eropa, Amerika, dan Jepang).

 

  • Punya Tujuan yang Jelas

Dalam berinvestasi, tak terkecuali investasi aset kripto, Anda harus mempunyai tujuan yang jelas. Tujuan ini akan membantu Anda dalam menentukan langkah Anda selanjutnya. Jika tujuan Anda dalam berinvestasi Bitcoin adalah untuk memperoleh keuntungan dengan trading, maka Anda harus memfokuskan diri untuk jual-beli, bukan untuk mengumpulkan Bitcoin biasa.

 

  • Pasang Target yang Sesuai

Penting bagi Anda untuk menentukan target di awal, terutama sebelum memulai trading. Target ini dapat membantu Anda agar tidak merasa haus akan keuntungan yang berlebihan. Saat Anda telah mencapai target yang telah lebih dahulu Anda tetapkan di awal, tentunya Anda akan disambut dengan rasa puas.

Tipe Strategi Trading Bitcoin yang Bisa Digunakan

Dalam trading Bitcoin, selain faktor lain yang telah disebutkan di atas, teknik yang Anda gunakan juga berperan penting dalam pengambilan keputusan saat trading. Berikut strategi trading Bitcoin yang bisa Anda lakukan agar mendapat cuan, yaitu

 

  • Day Trading

Day Trading berarti trading yang dilakukan secara harian. Para trader yang menggunakan strategi ini akan membuka dan menutup trading dalam jangka waktu satu hari, yakni dalam hari yang sama. Strategi ini bertujuan menghindari biaya dan risiko yang akan dihasilkan dari menahan posisi selama lebih dari satu hari. 

Dengan demikian, trader yang menjalankan Day Trading harus teliti dan fokus terhadap pergerakan harga Bitcoin dari waktu ke waktu. Trader akan langsung menjual Bitcoin jika terdapat peluang harga jual yang lebih tinggi dibanding harga pada saat membeli Bitcoin.

Advertisement

 

  • Scalping

Strategi Scalping masih mirip dengan Day Trading, tetapi dengan sistem yang lebih ekstrem. Tujuan Scalping sendiri adalah memperoleh profit sedikit dari jual-beli dalam jumlah besar, sehingga Anda cenderung akan langsung menjual Bitcoin sesaat Anda telah merasa untung, biasanya hanya butuh hitungan detik hingga menit.

Scalping dianggap efektif untuk aset yang volatilitasnya sangat tinggi seperti Bitcoin, karena Anda dapat closing secepatnya saat pasar berubah agar meminimalisasi kerugian. Walaupun begitu, tetap dibutuhkan keterampilan trader dalam analisis pasar. Pasalnya, satu kerugian besar dapat menghapus keuntungan-keuntungan kecil lainnya.

 

  • Swing Trading

Swing Trading menjadi strategi yang paling umum digunakan di kalangan trader Bitcoin. Strategi ini fokus pada meraup keuntungan dalam trend harga jangka pendek, setidaknya menahan selama beberapa hari hingga pekan, untuk kemudian dijual. Melalui Swing Trading, trader tidak perlu pusing memantau pergerakan tiap detik atau menit, karena dapat disesuaikan.

Meski Swing Trading berpeluang memberikan keuntungan yang lebih maksimal, trader butuh pemahaman khusus soal indikator teknis beserta faktor lain seperti event yang bisa mempengaruhi pasar. Swing Trading cukup tricky, terutama pada saat pergerakan harga pasar yang pasti, karena sulit untuk mengidentifikasi swing atau pergerakan harga yang akan terjadi selanjutnya.

 

  • Reverse Trading

Seperti namanya, Reverse Trading dilakukan dengan membalikkan trend di pasar. Jika Bitcoin sudah berada di posisi harga yang rendah dalam jangka waktu tertentu, para trader dengan strategi ini akan mencari kesempatan untuk membalikkan trend dan memanfaatkannya.

Keunikan dari Reverse Trading adalah strategi trading yang memperkirakan harga tertinggi dan terendah Bitcoin dalam satu hari, kemudian menghasilkan cuan dari prediksi tersebut. Risiko yang akan dialami juga cenderung umum, yaitu saat terjadi kesalahan dalam membuat prediksi soal waktu pembalikkan.

 

Advertisement
  • Position Trading

Position Trading bisa menjadi pilihan strategi yang tepat jika trader mencari posisi jangka panjang. Strategi ini dilakukan dengan menahan posisi dalam jangka waktu yang cukup lama, bahkan bisa berbulan-bulan hingga bertahun-tahun lamanya. 

Alasan dari menahan posisi tersebut adalah trader ingin meminimalisasi kegiatan jual-beli, berbeda dengan strategi trading lain yang telah disebutkan sebelumnya. Dengan Position Trading, trader juga dapat mempertimbangkan aspek teknologi, rate of adoption, hingga kompetitor.

Ternyata, mengumpulkan cuan lewat trading Bitcoin sangat mungkin untuk dilakukan, baik untuk pemula maupun yang sudah berpengalaman. Namun, Anda harus pintar-pintar dalam memilih tipe strategi trading Bitcoin yang sesuai dengan tujuan serta manajemen risiko Anda. Pastikan juga Anda memilih digital exchanger yang sudah resmi terdaftar di BAPPEBTI seperti Tokocrypto, ya. Tunggu apa lagi? Daftarkan diri Anda dan langsung KYC di Tokocrypto sekarang!

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular