Oxygen for Indonesia Kumpulkan Donasi Sebesar 61 Miliar Rupiah

0
365

Peningkatan kasus COVID-19 di Indonesia beberapa waktu lalu menyebabkan tingginya kebutuhan akan oksigen di berbagai fasilitas kesehatan. Sayangnya ketersediaan oksigen yang ada di fasilitas kesehatan tidak dapat mencukupi kebutuhan yang tinggi dari pasien yang terdampak dan membutuhkan pertolongan.

Dengan latar belakang ini, ekosistem startup di Indonesia bergerak bersama dalam “Oxygen for Indonesia” guna membantu memerangi pandemi dengan memberikan tambahan pasokan oksigen dalam negeri. 

“Oxygen For Indonesia merupakan gerakan gotong royong sesungguhnya dimana semua relawan terbentuk dari 20 start up & 12 VC yang kemudian di dukung oleh donasi dari 60 perusahaan dan 20 figur publik serta ribuan masyarakat yang berdonasi, bekerja bersama – sama dan melepaskan semua atribut perusahaan, golongan, jabatan, dll. Semua relawan bekerja bersama untuk Indonesia”

Pada Rabu (1/9) kemarin, Bapak Budi Gunadi Sadikin selaku Menteri Kesehatan RI memberikan apresiasinya secara langsung kepada inisiator, perusahaan dan figur publik yang telah bersama-sama mendukung Indonesia untuk bernapas kembali melalui gerakan Oxygen For Indonesia. Acara dilangsungkan secara online dan eksklusif, dihadiri oleh 31 perusahaan dan 10 figur publik.

“Gerakan Oxygen For Indonesia ini bukti nyata bahwa anak – anak muda Indonesia jika bersatu mampu membuat sebuah dampak besar untuk Indonesia. Tidak banyak bersuara tetapi hasilnya luar biasa. Personally I would like to thank you. Bukan hanya untuk donasinya tapi energi positif, and the social capital that you unlock yang dirajut bersama oleh teman-teman dan you show it to other people, this is the way we should live in the future. What you have done is not only saving lives, but it is a tribute to humanity. Amazing job!” ujar Budi Gunadi Sadikin.

Oxygen for Indonesia telah mendatangkan 2.500 konsentrator oksigen yang telah didistribusikan ke berbagai rumah sakit di Indonesia sesuai arahan dan rekomendasi Kementerian Kesehatan. Kedepannya, gerakan Oxygen For Indonesia akan melakukan pembangunan Oxygen Generator di beberapa wilayah rekomendasi di Indonesia, bersinergi dan bekerjasama dengan KADIN dan Kementerian Kesehatan RI .

Pada 17 Agustus lalu, CEO Tokocrypto, Pang Xue Kai bersama Chef Arnold Poernomo serta Aldi Haryopratomo, mantan CEO Gopay juga melakukan sesi Lelang Amal yang diadakan di Twitter Space untuk penggalangan dana Oxygen for Indonesia melalui lelang NFT pertama yang dilakukan di Indonesia.

Berkolaborasi dengan salah satu seniman Indonesia, William Tan berhasil mengumpulkan 222 ETH senilai 10 Miliar rupiah dalam waktu kurang dari 4 Jam. Tercatat hingga 1 September 2021, gerakan Oxygen for Indonesia berhasil mengumpulkan donasi sebesar 61 Miliar rupiah.