Pentingnya Strategi Fibonacci Dalam Trading Crypto

0
2378

Pasar Kripto sama halnya dengan pasar keuangan yang lainnya, yang mana cukup rentan terhadap volatilitas dan ketidakpastian. Maka dari itu banyak sekali para trader maupun investor menggunakan analisis teknikal untuk mengetahui saat yang tepat untuk membeli dan saat yang tepat untuk menjual asetnya. 

Jika kamu investor Kripto pastinya kamu sudah tahu apa itu Fibonacci. Akan tetapi buat kamu yang sedang baru-baru ini masuk dalam investasi kripto alangkah baiknya kita mengetahui apa itu Fibonacci dan bagaimana cara menggunakannya untuk trading maupun investasi kripto. 

Dalam hal analisis teknikal, banyak trader kripto menggunakan berbagai alat dan indikator untuk menganalisis pergerakan naik turunnya harga, untuk tahu kapan harus membeli dan menjual. Dengan indikator dan alat analisis teknikal tersebut dapat digunakan untuk merumuskan strategi perdagangan agar lebih menguntungkan. 

Fibonacci merupakan salah satu alat yang dapat kita gunakan untuk mengetahui tingkat resistensi dan tingkat support harga suatu kripto maupun saham. Level retracement Fibonacci merupakan salah satu indikator teknis yang sering digunakan di dalam perdagangan pasar kripto. Analisis ini berdasar pada deret Fibonacci yang ditemukan lebih dari 700 tahun yang lalu. 

Jika kamu tertarik dengan perdagangan futures crypto, Fibonacci retracement adalah indikator teknis yang dapat kamu gunakan untuk menghasilkan strategi perdagangan yang lebih berkualitas. Dengan strategi ini kamu bisa melihat tren harga, harga support terbesar dan harga resisten terbesar. 

Apa Itu Fibonacci Retracement ?

Sebelum kita membahas Fibonacci Retracement kita perlu tahu apa itu Fibonacci dan Retracement itu sendiri. Fibonacci merupakan suatu deret angka secara acak yang selalu digunakan pada berbagai bidang dalam dunia perdagangan mata uang (forex), perdagangan pasar saham dan juga pasar kripto.

Sedangkan Retracement sendiri yaitu pembalikan harga yang bersifat sementara dan terjadi di tengah tren yang besar. Retracement ini bersifat sementara, setelah itu harga akan menuju sesuai tren yang mayoritas. Misal tren yang sedang berlangsung adalah Uptrend maka harga tidak akan selalu uptrend akan tetapi harga akan mengalami koreksi yang kemudian akan naik atau mengikuti trend besar yang sedang berlangsung. 

Setelah mengetahui apa itu Fibonacci dan Retracement, maka Fibonacci Retracement sendiri merupakan salah satu alat trading yang terdiri dari garis-garis horizontal dan menunjukan level posisi harga support dan resistance yang kemungkinan akan terbentuk. Angka yang muncul berdasar pada pola deret angka Fibonacci. 

Deret Angka Fibonacci

Deret Fibonacci adalah deret bilangan yang dimulai dari angka 0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, …

Deret fibonacci angka berikutnya dihasilkan dengan menjumlahkan dua angka sebelumnya. Misalnya : 

  • 2 ditemukan dengan menambahkan dua angka sebelumnya (1+1),
  • 3 ditemukan dengan menambahkan dua angka sebelumnya (1+2),
  • 5 adalah (2+3),
  • dan seterusnya

Setelah 34 berapa angka selanjutnya ? Angka selanjutnya setelah 34 yaitu 34 + 21 = 55. Begitu juga selanjutnya setelah 55 anda dapat menambahkannya dengan 34 yaitu menghasilkan angka 85. 

Berikut merupakan deret angka fibonacci yang lebih panjang

0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, 55, 89, 144, 233, 377, 610, 987, 1597, 2584, 4181, 6765, 10946, 17711, 28657, 46368, 75025, 121393, 196418, 317811, …..

Dengan mengetahui deret angka Fibonacci dan cara menghitungnya semoga kamu dapat menyusun strategi trading kripto menjadi lebih bagus dan berkualitas.  

Rumus Level Fibonacci Retracement

Pada saat alat Fibonacci Retracement diterapkan ke grafik, kamu dapat memilih dua titik. Sesudah kedua titik itu dipilih, garis digambar berdasarkan persentase dari gerakan harga. 

Contohnya harga kripto A naik dari harga 10 USDT ke harga 16 USDT. Maka level 25% akan berada di 14,5 USDT dengan rumus (16 – (6 x 0,25) = 14,5). 

Rumus tersebut dapat dilihat bahwa 16 adalah harga tertinggi, 6 adalah selisih (perubahan harga) dan 0,25 adalah level persentase dari 25%. 

Manfaat Fibonacci Retracement

Fibonacci memiliki banyak sekali manfaat dalam dunia perdangan aset seperti keuangan, saham maupun kripto. Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan Fibbonaci Retracement antara lainnya yaitu 

  1. Mengetahui titik harga support dan titik harga resistance, dengan mengetahui titik harga ini kamu dapat menyusun strategi untuk trading khususnya pada harga berapa kamu akan membeli dan pada harga berapa kamu akan menjual. 
  2. Mengetahui pola pergerakan harga, dengan mengetahui hal ini kamu juga dapat menganalisa secara mendalam dan menambahkan alat lainnya untuk mengetahui pergerakan harga selanjutnya. 
  3. Mengetahui kemungkinan kenaikan harga dan penurunan harga. Jika harga naik dan menyentuh garis fibonacci, maka kemungkinan harga akan naik. begitu juga sebaliknya
  4. Mengetahui trend harga yang sedang berlangsung. 
  5. Dapat digunakan untuk menempatkan entri order dengan menentukan stop loss dan juga untuk menentukan target harga yang ingin kamu tentukan. 

Nah itulah pentingnya fibonacci retracement untuk analisa teknikal dalam menyusun strategi trading. Jadi buat kamu yang sedang baru-baru ini terjun ke dunia kripto alangkah baiknya kamu menyusun strategi yang matang agar tidak mengalami kerugian. Kamu dapat melakukan dan memulai trading di Tokocrypto dengan berbagai fitur yang menarik seperti Crypto Hero yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah trading kripto kamu di Tokocrypto.