Connect with us

Tokocrypto Update

NFT KPOP: Tak Mau Kalah, JYP dan SM Entertainment Ikutan Rilis NFT!

Published

on

NFT K Pop

Beberapa waktu belakangan, publik terus diramaikan oleh gencarnya perkembangan dari Non-Fungible Token atau NFT di berbagai negara. Salah satunya kabar terbaru datang dari JYP Entertainment yang akan merilis NFT  Kpop agar bisa dikoleksi oleh para penggemarnya!  

Jauh dari hadirnya berita tersebut, NFT sejatinya memang bisa hadir dalam beberapa bentuk. Mudahnya, NFT merupakan pengaplikasian teknologi kripto yang berjalan di atas sistem blockchain, yang di mana pemiliknya memiliki sertifikat keaslian yang menyatakan bahwa aset tersebut tak bisa tergantikan atau dibuat ulang. NFT sendiri bisa berbentuk foto, digital painting, avatar atau item untuk games, lagu, gif, video, atau bahkan dalam bentuk tulisan. 

Wah, lalu seperti apa sih NFT Kpop tersebut? Yuk, simak selengkapnya!

Wacana JYP & SM untuk Dirikan NFT dalam Waktu Dekat

Dilansir dari Band Wagon Asia mengumumkan jika JYP Entertainment, sebuah perusahaan label musik dan agensi asal Korea Selatan telah mengungkapkan bahwa mereka siap memasuki dunia NFT. JYP Entertainment bekerja sama untuk meluncurkan platform dengan Dunamu, sebuah exchange aset kripto di Korea Selatan yang dimana nantinya akan memproduksi dan juga mendistribusikan barang-barang digital yang akan mereka NFT-kan. 

Sedikit informasi JYP Entertainment menaungi banyak idol terkenal seperti Twice, 2 PM, Stray Kids, Itzy, dan Day 6. Dengan begitu nantinya platform ini berguna untuk mendistribusikan konten dari idol-idol K-pop tersebut. 

Oh iya, JYP Entertainment juga telah bekerja sama dengan SM Entertainment, lho. JYP Entertainment membeli sebagian saham SM Entertainment yang ada di platform Dear U Bubble, yakni sebuah platform yang memungkinkan Anda chat secara personal dengan idol kesayangan Anda. 

Wah, kalau begini, tak menutup kemungkinan untuk SM Entertainment akan membuat NFT juga!

Beberapa Karya K-pop yang Dijadikan NFT

Brave Girls merupakan salah satu grup idol K-pop yang terdiri dari 5 anggota perempuan telah merilis NFT edisi terbatas pada bulan Juni 2021 di acara bertajuk “Irreplaceable Brave Girls, Be Mine with NFT”. Brave Girls bekerjasama dengan Upbit, sebuah platform exchange untuk meluncurkan NFT yang berbentuk ilustrasi Brave Girls berwarna, hitam putih, dan versi sketsa. Ilustrasi ini diberikan secara acak kepada penggemar dalam rangka comeback serta perilisan mini album kelima dari grup idol ini. 

Sebulan setelahnya, penyanyi K-pop Se7en juga merilis single pertamanya setelah vakum yang bertajuk “Mona Lisa” beserta NFT dari lagu tersebut bersama NFT Mania. Lagu “Mona Lisa” merupakan lagu yang beraliran pop funky yang menghadirkan kepiawaian penyanyinya dalam memainkan gitar. Oh iya, lagu ini pun juga ditulis serta digubah langsung oleh Se7en sendiri, lho

Bagi pecinta Idol K-pop mungkin sudah tak asing dengan mengoleksi berbagai album, merchandise seperti poster maupun photocard dari para idola mereka. Dengan pengadopsian NFT ke merchandise tersebut tentunya memberikan keuntungan bagi sang kolektor dan juga idol. 

Lalu mari kita ambil contoh pada photocard. Dengan diubahnya photocard tersebut menjadi digital dan sudah ditokenisasi menandakan hal ini akan terjamin keaslian dari photocard versi NFT tersebut. Karena kembali ke prinsip dasar dari NFT yang dimana ia merupakan bukti kepemilikan suatu item yang memiliki keunikannya tersendiri. Oleh sebab itu, tentunya photocard yang telah di-NFT-kan ini akan terjamin keasliannya. 

Selain itu, karena bentuknya yang sudah digital, tentunya akan meminimalisir photocard rusak atau hilang. Wah, tentunya hal tersebut akan menjengkelkan apabila Anda berniat untuk mengoleksinya. Nah, satu hal yang paling menarik dari photocard versi NFT ini adalah ia bisa menjadi ajang investasi Anda! 

NFT K-pop mungkin hanya akan menjadi salah satu bagian dari semakin berkembangnya pengadopsian NFT di beberapa aspek kehidupan kita. So, apakah Anda tertarik untuk mengoleksi NFT atau bahkan menjadi kreatornya? Yuk, daftarkan diri Anda di www.mall.tokoscape.com sekarang juga!

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Blockchain

Ajang Pencarian Project Web3, Supernova Live Events Sukses Digelar di T-Hub Bali

Published

on

Supernova Live Events sukses digelar di T-Hub Bali

Supernova Live Events, ajang pencarian project Web3 dan blockchain lokal sukses digelar di T-Hub Bali by Tokocrypto. Acara ini sudah berjalan sejak awal Juni 2022, diadakah setiap hari Jumat dan per pekannya dihadiri oleh ratusan peserta secara offline.

Acara yang diprakarsai oleh ICP Network (Dfinity) ini telah menampilkan lebih dari dua puluh project blockchain terpilih dari seluruh komunitas web3 di Bali. Para developer project tersebut mempresentasikan proposal mereka dalam upaya untuk mendapatkan pendanaan sebesar US$ 100.000 dari Dfinity Foundation. Ada lima project web3 yang sudah melakukan pitching di antaranya: Balicoop, Clubconscious, Favourse, Happnow, dan Qui-Xi.

Supernova Live Events Bali adalah salah satu dari rangkaian acara hackathon blockchain terbesar yang pernah diselenggarakan oleh ICP Network (Dfinity). Saat ini, sudah ada lebih dari 4.000 developer blockchain bergabung dari seluruh dunia untuk mendapatkan hadiah utamanya pendanaan lebih dari US$ 6 Juta sebagai apresiasi proyek kripto mereka di Supernova Demo Day yang digelar 30 Juni 2022.

Supernova Live Events sukses digelar di T-Hub Bali
Supernova Live Events sukses digelar di T-Hub Bali.

Baca juga: Investor Aset Kripto di Indonesia Tembus Lebih dari 14 Juta Pelanggan

“Sebagai penyelenggara Supernova Live Events, kami atas nama Dfinity merasa terhomat menjadi perjalanan yang luar biasa bagi perkembangan dunia blockchain dan web3 di Bali. Suasana yang dibangun oleh komunitas dan kualitas proyek yang muncul sungguh luar biasa, menunjukkan betapa substansial industri blockchain di Indonesia dan betapa pentingnya bagi pemain utama seperti IC untuk menjadi “glocal” dan “phygital,” Kata Emilio Canessa, Special Projects of ICP Network (Dfinity).

Rangkaian acara ini telah menyatukan seluruh spektrum komunitas kripto hingga web3 di Bali, baik lokal maupun ekspatriat, menarik lebih dari 500 orang secara total dari semua latar belakang: NFT, kripto, Blockchain dan DAO. Mengutip data internal Tokocrypto, jumlah pengguna kripto di Bali telah melonjak menjadi 37.660 investor per Februari 2022, naik dari hanya 808 investor pada awal tahun 2021.

Supernova Live Events sukses digelar di T-Hub Bali
Supernova Live Events sukses digelar di T-Hub Bali.

Baca juga: Memahami Aset Kripto, NFT dan Gagasan “Greater Fool Theory”

“Antusiasme yang ditunjukkan orang-orang untuk acara ini semakin memperkuat keyakinan bahwa Bali telah menjadi salah satu episentrum pengembangan proyek blockchain di Asia yang harus diperhitungkan,” ungkap Antria Pansy, Senior Community Engagement Tokocrypto.

Kegiatan Supernova Live Events selaras dengan visi dan misi T-Hub Bali by Tokocrypto, untuk menjadi hub yang aman bagi komunitas kripto untuk berkumpul, berjejaring, dan berkolaborasi. Dengan lebih banyak acara kolaboratif, seperti Supernova Live Events, perkembangan industri kripto dan blockchain di Bali dan Indonesia, dapat didorong untuk selalu tumbuh dan berkembang.

Tokocrypto meluncurkan T-Hub di Bali pada Januari lalu, sebagai bentuk dukungan upaya pemulihan perekonomian daerah, sekaligus diharapkan membawa multiplier effect untuk membangkitkan ekonomi nasional melalui pengembangan ekonomi digital dan akselerasi industri berbasis wisata dan hospitality.

Continue Reading

Blockchain

Investor Aset Kripto di Indonesia Tembus Lebih dari 14 Juta Pelanggan

Published

on

Ilustrasi investasi aset kripto di Indonesia.

Investasi aset kripto semakin diminati oleh masyarakat Indonesia. Walaupun saat ini market kripto global sedang mengalami tekanan di tengah tren bearish, industri kripto di dalam negeri perlahan terus tumbuh.

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan merilis laporan terbaru terkait jumlah investor aset kripto di Indonesia dan transaksi perdagangan yang dihimpun sampai bulan Mei 2022. Dalam laporan tersebut, Bappebti menyebutkan dari akhir Desember 2021 sampai Mei 2022, terdapat penambahan hampir 3 juta investor dari 11,2 juta sekarang mencapai 14,1 juta investor.

Sementara, untuk jumlah transaksi perdagangan aset kripto di Indonesia, selama periode Januari hingga Mei 2022 sudah mencapai Rp 192 triliun. Jika dibandingkan dengan jumlah transaksi pada tahun 2021 dengan masa periode yang sama, terjadi penurunan. Pada Mei 2021, jumlah transaksi aset kripto mencapai Rp 370 triliun.

VP Marketing Tokocrypto, Adytia Raflein. Foto: Tokocrypto.

VP Marketing Tokocrypto, Adytia Raflein, mengatakan laporan pertumbuhan yang dikeluarkan oleh Bappebti memberikan bukti nyata bahwa industri aset kripto di Indonesia masih bergerak ke arah positif, meski dihantam situasi bear market. Meski pertumbuhan tidak terlalu memuaskan, jumlah investor aset kripto masih jauh lebih besar dibanding saham.

“Pertumbuhan jumlah investor aset kripto masih bergerak ke arah positif di saat situasi market yang mengalami banyak tekanan. Dampak dari kondisi market terlihat dari jumlah transaksi perdagangan, namun hal ini sudah diantisipasi sebelumnya, sehingga belum memberikan efek serius untuk pertumbuhan bisnis industri kripto di Indonesia,” kata Adytia.

Baca juga: Giatkan Literasi Aset Kripto, Tokocrypto Gelar TokoInvasion di Surabaya

Bear Market Kripto Bisa Jadi Peluang

Lebih lanjut, Adytia mengatakan industri kripto dalam negeri masih terus bergeliat. Hal ini dilihat dari masih adanya sejumlah project aset kripto dan NFT baru dari pelaku industri lokal yang rilis. Mereka percaya bahwa bear market bisa menjadi peluang yang baik untuk menunjukkan project mereka. 

Kondisi bear market bisa menjadi seperti seleksi alam di dunia aset kripto dan blockchain, di mana project kripto dan NFT akan diuji untuk bertahan dan mencari peluang. Pasar akan memperlihatkan mana project yang punya fundamental yang baik dan tidak, sehingga membuka potensi untuk yang lebih besar di masa mendatang.

Cara Cuan Ketika Bearish Market
Cuan Ketika Bearish Market.

Dari segi bisnis Tokocrypto sendiri masih mengalami pertumbuhan. Perusahaan berhasil mencatatkan pertumbuhan jumlah investor mencapai 2,7 juta investor per Mei 2022. Sementara, transaksi perdagangan atau weekly trading volume mencapai US$ 300-400 juta. 

“Bisnis Tokocrypto masih mengalami pertumbuhan. Kami terus mengembangkan ekosistem blockchain, TokoVerse untuk meningkatkan revenue perusahaan. Sejauh ini kami juga masih mencari talenta-talenta terbaik untuk bergabung di perusahaan dan bersama untuk memajukan industri aset kripto dan blockchain di Indonesia,” jelas Adytia.

Baca juga: Solana Luncurkan Smartphone Android, Langkah Baru Menuju Adopsi Global

Tokocrypto Bangun Ekosistem Blockchain

Ekosistem TokoVerse, yang terdiri dari TokoMall (NFT marketplace), TokoLabs (program akselerator startup blockchain), T-Hub (crypto hub), Kriptoversity (edutech), TKO (project kripto) dan lainnya bisa menjadi lini bisnis baru yang bisa memanfaatkan perkembangan blockchain, Web3, Metaverse, NFT, DeFi, GameFi dan lainnya. Revenue perusahaan tidak hanya bertumpu pada pendapatan dari exchange saja, sehingga sustainability tetap bertahan untuk jangka panjang.

Ilustrasi ekosistem blockchain, TokoVerse by Tokocrypto.
Ilustrasi ekosistem blockchain, TokoVerse by Tokocrypto.

Untuk terus mendorong pertumbuhan, Tokocrypto juga fokus pada edukasi dan perlindungan investor. Tujuannya agar masyarakat bisa mendapatkan rasa trust dan confidence untuk masuk ke dalam industri aset kripto. Salah satu cara edukasi yang dijalankan oleh Tokocrypto adalah membuat program TokoInvasion yang digelar di Surabaya pada tanggal 23 hingga 26 Juni 2022.
“Dalam industri investasi dan layanan keuangan, perihal trust menjadi hal utama. Maka dari itu, kita ingin menciptakan rasa trust di masyarakat dalam memandang aset kripto dan blockchain. Kita sejak lama fokus di edukasi dan literasi. Kita ingin menciptakan pertumbuhan industri yang sehat dan menekan investasi ilegal dan stigma negatif dari aset kripto,” pungkas Adytia.

Baca juga: Mengulik Ekspektasi Bitcoin Bakal Lampaui US$ 100.000 di Tahun 2025

Continue Reading

Blockchain

Giatkan Literasi Aset Kripto, Tokocrypto Gelar TokoInvasion di Surabaya

Published

on

Tokocrypto menggelar TokoInvasion di Surabaya

Tokocrypto kembali menyelenggarakan TokoInvasion, sebuah kegiatan yang bertujuan untuk memberikan edukasi dan literasi terkait blockchain dan aset kripto secara langsung kepada masyarakat. TokoInvasion kali ini akan digelar secara offline di Atrium Tunjungan Plaza 3, Surabaya mulai tanggal 23 hingga 26 Juni 2022.

TokoInvasion merupakan kegiatan yang diselenggarakan secara rutin oleh Tokocrypto sejak tahun 2021 untuk memperkenalkan aset kripto dan teknologi blockchain kepada seluruh lapisan masyarakat. TokoInvasion telah digelar secara offline maupun online di beberapa kota di Indonesia; Yogyakarta, Bandung, Lampung, Palangkaraya, Semarang, Palembang, Malang dan Lombok.

VP Marketing Tokocrypto, Adytia Raflein, mengatakan dipilihnya kota Surabaya sebagai destinasi selanjutnya dari TokoInvasion bukan tanpa alasan. Dari data internal Tokocrypto, jumlah investor aset kripto di Jawa Timur dan Surabaya mengalami pertumbuhan yang signifikan. Kegiatan ini bisa menjadi wadah bagi masyarakat dan investor pemula untuk lebih memahami blockchain dan aset kripto. 

Tokocrypto mencatat jumlah investor aset kripto di Jawa Timur pada tahun 2021 lebih dari 144 ribu pengguna, kemudian meningkat sangat pesat sampai Mei 2022, di mana lebih dari 211 ribu pengguna yang berinvestasi di Tokocrypto. Sementara, jumlah pengguna Tokocrpyto khususnya di Surabaya juga meningkat pesat dari 20 ribu pengguna di tahun 2021, menjadi lebih dari 42 ribu pengguna sampai Mei 2022.

“Edukasi dan literasi sudah menjadi fokus utama dari Tokocrypto sejak lama. Melalui TokoInvasion, kami berharap dapat mengakselerasi adopsi dan memberikan pemahaman lebih terkait manfaat dari teknologi blockchain, serta cara berinvestasi aset kripto dan mengelola keuangan secara bijak dan cerdas,” kata Adytia.

Baca juga: Kolaborasi Tokocrypto dan UKI Dirikan Pusat Inovasi dan Literasi Blockchain

Kemeriahan TokoInvasion Surabaya

TokoInvasion di kota Surabaya akan dimeriahkan oleh berbagai rangkaian acara. Secara khusus Tokocrypto akan memberikan edukasi dan literasi terkait pemanfaatan teknologi blockchain, metaverse, industri aset kripto secara umum, tips dan trik investasi maupun trading kripto. 

Selain itu, akan ada pengenalan ekosistem blockchain dari Tokocrypto yaitu TokoVerse, seperti TokoMall, TokoCare, TokoLabs, TokoScholars, Kriptoversity dan lainnya. Sesi talkshow akan dibuat sangat insightful dengan para pembicara yang menarik. 

VR Games di TokoInvansion Surabaya
VR Games di TokoInvasion Surabaya.

Para narasumber talkshow yang akan meramaikan rangkaian acara TokoInvasion di Kota Pahlawan tersebut adalah mulai dari Rieka Handayani (VP Corporate Communication Tokocrypto), M Wendy Taufik (VP Tech Tokocrypto), Afid Sugiono (Trader Tokocrypto), Brenda Andrina, Revina VT, Andre Lestari, Angga Andinata, Sigit Tanoko, Arief Muhammad dan masih banyak lainnya.

Tidak hanya sesi talkshow seputar aset kripto dan industri blockchain, ada juga booth interaktif dan beragam program aktivitas lainnya dengan total hadiah jutaan rupiah. Para pengunjung TokoInvasion Surabaya bisa lebih memahami tentang Tokocrypto dan ekosistem blockchain yang dibangun melalui booth Milestones, TokoMall Exhibition dan langsung bergabung serta verifikasi KYC (Know Your Customer) di booth Tokocrypto untuk mendapatkan hadiah menarik.

Tokocrypto menggelar TokoInvasion di Surabaya
Tokocrypto menggelar TokoInvasion di Surabaya.

Ada juga berbagai aktivitas lain seperti Cash Cubes, VR Games, hingga Lucky Draw dengan total hadiah puluhan juta rupiah. Pengunjung TokoInvasion dapat menikmati beragam aktivitas hiburan menarik, seperti pertunjukan musik dari penyanyi dan grup band ternama yaitu Jaz Hayat, Silampukau, 501 dan Incase Band.

“Tokocrypto ke depannya akan terus berkomitmen #SiapLebih dalam mendorong edukasi dan literasi aset kripto dan blockchain kepada masyarakat di Indonesia. Kami juga akan terus berkolaborasi dengan berbagai mitra strategis lainnya demi menciptakan adopsi kripto yang secara lebih luas dan terus membuka peluang menciptakan dampak positif bagi masyarakat,” tutup Adytia.

Baca juga: Pria Ini Berhasil Kalahkan Bos Tokocrypto di Cerdas Cermat Kriptoversity

Continue Reading

Popular