Inilah Fitur Baru Adobe Photoshop untuk Anda Kreator NFT!

0
412
fitur Adobe Photoshop nft

Berbagai fitur Adobe Photoshop selama ini sudah banyak membantu para digital art designer dalam menciptakan karya mereka. Software desain ini memang punya segudang fitur yang bisa membantu para kreator untuk menghasilkan karya yang berkualitas, termasuk kreator NFT.

Melihat perkembangan NFT yang semakin pesat, Adobe pun tergerak untuk menambahkan fitur yang mendukung para kreator NFT. Seperti apa fitur terbaru Adobe Photoshop yang ditujukan khusus untuk para kreator NFT ini? Berikut ulasan selengkapnya!

Kolaborasi Adobe Photoshop dengan NFT Marketplace

Pada penghujung bulan Oktober 2021 lalu, Adobe Photoshop mengumumkan melalui blog Adobe tentang penjajakan mereka di ekosistem NFT. Adobe meluncurkan beberapa fitur baru untuk Photoshop yang memudahkan para kreator ‘menandai’ karya mereka.

Selain pengumuman mengenai fitur Adobe Photoshop, postingan tersebut juga menyebutkan soal proyek kerja sama Adobe dengan beberapa NFT marketplace besar dunia seperti OpenSea, KnownOrigin, dan SuperRare. Nantinya, karya yang dibuat melalui Photoshop dan dipamerkan di marketplace tersebut akan memiliki kredensial khusus sebagai tanda kepemilikan karya.

Keuntungan bagi Kreator NFT

fitur Adobe Photoshop nft Keuntungan bagi Kreator NFTApa keuntungan dari fitur Adobe Photoshop ini bagi para kreator NFT? Masih dalam postingan yang sama, Adobe menyebutkan bahwa fitur baru Photoshop akan memudahkan kreator dalam memberikan kredensial pada karya yang mereka buat.

Selain itu, kerja sama Adobe dengan NFT marketplace besar dunia juga diharapkan bisa memberikan exposure yang lebih besar kepada kreator NFT, terutama kreator yang masih belum diketahui banyak orang.

Dari sisi kolektor NFT, hadirnya fitur baru dari Adobe Photoshop ini juga akan sangat membantu. Adanya kredensial yang dibubuhkan pada karya NFT bisa memudahkan pelacakan. Kolektor akan lebih mudah mengetahui orisinalitas karya tanpa harus melakukan tracking yang memakan waktu lama.

Baca Juga: Yuk, Pahami Konsep dan Cara Kerja Biaya Royalti pada NFT!

Fitur Terbaru Adobe Photoshop untuk kreator NFT

Sekarang mari membahas satu per satu fitur baru yang ditawarkan oleh Adobe Photoshop khusus untuk para kreator NFT beserta cara kerjanya.

1. Content Credentials

Fitur pertama yang ditawarkan bernama Content Credentials. Apa yang bisa dilakukan dengan fitur ini? Dengan Content Credentials, Anda para kreator NFT bisa memberikan identitas unik pada karya yang dibuat melalui Adobe Photoshop. Selain itu, Anda juga bisa menautkan kredensial karya pada website Behance yang merupakan platform portofolio digital dari Adobe.

Fitur Terbaru Adobe Photoshop untuk kreator NFT
Sumber: https://blog.adobe.com/

Fitur Adobe Photoshop ini akan menyimpan identitas karya yang dibuat melalui Photoshop dalam sebuah database. Sebagai pelengkap, Adobe juga meluncurkan sebuah website resmi yang memungkinkan kolektor untuk memverifikasi keaslian karya NFT bernama Verify.

Untuk memudahkan pembuatan kredensial melalui Content Credentials ini, kreator sebaiknya menautkan akun Adobe mereka dengan profil media sosial atau dompet crypto mereka. Jadi, saat kreator menjual karyanya, sistem akan langsung mencocokkan dengan data dompet crypto yang sudah didaftarkan. Jika cocok, berarti karya tersebut asli. Namun, jika tidak, bisa jadi ada kemungkinan replikasi karya.

2. Prepare as NFT

 fitur Adobe Photoshop nftSebagai sebuah software design yang digunakan banyak orang, Adobe Photoshop memang terus mengembangkan fitur mereka. Untuk menyesuaikan perkembangan tren desain yang mulai dipengaruhi ekosistem NFT, Adobe pun meluncurkan fitur-fitur baru yang berhubungan dengan NFT.

Selain Content Credentials, Adobe Photoshop juga akan meluncurkan fitur lain yang disebut-sebut akan membantu para desainer untuk mempersiapkan karya mereka agar bisa menjadi NFT. Fitur yang belum punya nama resmi ini akan didukung oleh Inter-Planetary System.

Harapannya, fitur baru ini mampu mengatasi permasalahan yang kerap dihadapi para kreator NFT saat menggunakan Adobe Photoshop. Salah satunya adalah masalah penjiplakan karya. Beberapa kreator menemukan bahwa karya yang di-mint melalui software Adobe bisa ditiru oleh kreator lain tanpa ada solusi untuk menemukan siapa kreator asli karya tersebut.

Dengan adanya fitur Adobe Photoshop terbaru ini, diharapkan proses kreatif para kreator NFT akan menjadi lebih mudah. Risiko yang kerap dihadapi seperti masalah penjiplakan karya pun nantinya bisa diminimalisir.

Sudah punya karya untuk dijadikan aset digital NFT? Anda bisa coba langsung pamerkan di TokoMall. TokoMall merupakan inovasi oleh TokoCrypto untuk menghadirkan ekosistem NFT di Indonesia. Di TokoMall, kreator bisa menjual karyanya dengan satuan harga ETH. Tunggu apa lagi? Daftar segera di TokoMall!