Connect with us

Altcoin News

8 Cara Mudah Cuan dari Kripto 

Published

on

Ilustrasi 8 cara mudah cuan dari kripto.

“Banyak jalan menuju Roma”

Pepatah yang bijak itu punya arti yang sangat dalam. Kita diharuskan tidak mudah putus asa dalam mengupayakan sesuatu, dalam menggapai impian. Hal itu juga berlaku dalam mendulang cuan dari aset kripto.

Dunia aset kripto kini sudah lebih maju dibandingkan dengan beberapa tahun lalu. Nyatanya untuk mendapatkan keuntungan dari kripto, kini ada banyak cara. Sekarang tidak hanya melulu bicara soal mining atau menambang, investasi hingga trading.

Pemilik kripto dapat menumbuhkan asetnya dan mendapatkan keuntungan dengan beberapa cara. Metode ini bisa dipakai sebagai passive income dan sumber pendapatan alternatif yang sangat berguna. Penasaran bagaimana cara mudah dapat cuan dari kripto? Simak daftarnya berikut ini.

1. Investasi

Cara paling umum dan bisa menjadi pondasi adalah investasi. Berinvestasi adalah strategi jangka panjang untuk membeli aset kripto. Perlu diingat kripto sangat fluktuatif dalam jangka pendek tetapi memiliki potensi pertumbuhan jangka panjang yang luar biasa.

Strategi investasi mengharuskan kamu untuk mengidentifikasi aset yang lebih stabil untuk jangka panjang. Maka dari itu dituntut untuk mempelajari analisis fundamental dan teknikal.

2. Trading

Berbeda dengan investasi, trading merupakan meraih keuntungan dari aset kripto yang mengeksploitasi peluang jangka pendek. Seperti yang diketahui, pasar kripto tidak stabil. Ini berarti harga aset dapat naik dan turun secara dramatis dalam jangka pendek. 

Advertisement

Untuk menjadi trader yang sukses, kamu harus memiliki keterampilan analisis dan teknis yang tepat. kamu harus menganalisis grafik pasar tentang kinerja aset yang terdaftar, sehingga dapat membuat prediksi yang akurat tentang kenaikan dan penurunan harga. 

Saat trading, kamu dapat mengambil posisi panjang atau pendek, tergantung pada apakah mengharapkan harga aset naik atau turun. Ini berarti dapat menghasilkan keuntungan terlepas dari apakah pasar kripto sedang bullish atau bearish.

Baca juga: 4 Cara Menghasilkan Uang Lewat NFT!

Ilustrasi penambang kripto

Ilustrasi penambang kripto.

3. Mining

Mining atau penambangan adalah cara menghasilkan uang dari aset kripto yang tertua untuk mendapatkan penghasilan pasif. Mining masih merupakan komponen penting dari mekanisme Proof of Work. Di sinilah nilai aset kripto dihasilkan.

Pada dasarnya mining berarti menggunakan daya komputasi untuk mengamankan jaringan, sehingga dapat menerima hadiah. Perlu dicatat bahwa menyiapkan dan memelihara peralatan mining, seperti rig GPU dan lainnya memerlukan investasi awal yang sangat besar, serta beberapa tenaga ahli yang kompeten. 

4. Staking

Staking adalah cara untuk memvalidasi transaksi kripto yang terjadi di atas sistem blockchain. Staking bisa menjadi cara terbaik untuk meningkatkan kepemilikan aset kripto dengan sedikit usaha.

Crypto staking menggunakan sistem algoritma konsensus Proof-of-Stake yang berlaku di dalam sistem Ethereum 2.0. Oleh karenanya, seseorang dapat menambang atau memvalidasi transaksi aset kripto di blockchain sesuai dengan jumlah koin yang ia “kunci”. 

Artinya, semakin banyak koin yang dimiliki, maka mereka punya daya tawar (stake) yang tinggi dalam melakukan hal tersebut. Nah, di situlah sumber cuan yang didapatkan para stakers. Saat ini, banyak platform desentralisasi yang menawarkan jasa staking kepada para penggunanya.

Advertisement

5. Lending

Lending atau pinjaman adalah cara yang sepenuhnya pasif untuk mendapatkan bunga dalam kepemilikan aset kripto. Ada banyak platform pinjaman peer-to-peer (P2P) yang memungkinkan kamu untuk mengunci dana dalam jangka waktu tertentu untuk kemudian mengumpulkan pembayaran bunga sebagai bentuk kompensasi. 

Tingkat bunga dapat diperbaiki (ditetapkan oleh platform) atau ditentukan oleh kamu berdasarkan tingkat pasar saat ini. Metode ini sangat ideal untuk pemegang aset kripto jangka panjang yang ingin meningkatkan kepemilikan mereka dengan sedikit usaha yang diperlukan.

Baca juga: Market Kripto Membaik, tapi Belum Masuk Fase Bullish

Ilustrasi sukses investasi aset kripto.

Ilustrasi sukses investasi aset kripto.

6. Affiliate 

Beberapa exchange atau pedagang aset kripto akan memberi kamu imbalan karena mendapatkan lebih banyak pengguna ke platform mereka. Biasanya exchange akan memberikan diskon lain yang ditawarkan kepada pengguna baru yang kamu ajak bergabung.

Jika kamu memiliki follower media sosial yang lebih besar, program afiliasi dapat menjadi cara terbaik untuk mendapatkan penghasilan sampingan. Namun, untuk menghindari penyebaran informasi yang kurang akurat dan tawaran investasi yang abal-abal, selalu ada baiknya melakukan riset tentang layanan sebelumnya.

7. Airdrop dan Forks

Airdrop adalah distribusi atau pemberian aset kripto secara cuma-cuma. Dalam prosesnya, aset kripto yang dibagikan akan dikirimkan secara langsung ke wallet penerima.

kegiatan airdrop biasanya menjadi salah satu aktivitas promosi dalam marketing yang dilakukan untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap produk aset kripto baru. Dapat pula dimanfaatkan untuk meningkatkan volume trading di platform exchange.

Forks juga bisa jadi cara untuk mendapatkan peningkatan aset kripto. Forks sendiri adalah perubahan atau peningkatan dalam protokol yang membuat koin baru. Jika kamu memegang koin di rantai asli, biasanya akan mendapatkan token gratis di jaringan baru. Ini berarti bisa dapat koin gratis karena kamu berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat.

Advertisement

Baca juga: Panduan untuk Pemula yang Ingin Terjun ke Dunia NFT

Ilustrasi program hodl TKO di aplikasi Nanovest.

Ilustrasi program hodl TKO di aplikasi Nanovest.

8. Hodl

Hodl adalah kepanjangan dari Hold On for Dear Life dan mengacu pada istilah yang berasal dari kesalahan ejaan “hold” atau “tahan”. Hodl merupakan strategi beli dan tahan dalam konteks perdagangan aset kripto.

Hodl kini juga menjadi salah satu strategi investasi aset kripto untuk mendulang cuan. Hodl bisa mengurangi potensi FOMO (Fear of missing out), FUD (Fear, uncertainty, and doubt) dan emosi psikologis penyebab nilai aset kripto turun. Hodl bisa digunakan untuk investasi jangka panjang untuk melihat potensi pertumbuhan dari aset kripto.

Bagi kamu yang ingin mencoba strategi hodl dalam investasi aset kripto, bisa ikut program partnership antara Nanovest dan Tokocrypto. Kamu harus membeli dan meng-hodl token TKO di aplikasi Nanovest dan akan mendapatkan token Nanobyte senilai $ 100-$ 500.

Peserta yang ikut program ini harus memiliki minimal 100 TKO Token di aplikasi Nanovest per 21 Februari 2022 pukul 15.00 WIB. Snapshot data akan dilakukan pada pukul 15.00 WIB. Semakin banyak TKO Token yang dimiliki di Nanovest pada saat snapshot, semakin besar pula slot Public Sale NBT yang bisa didapatkan (maksimal slot tetap 500 USDT).

Untuk detail persyaratan dan cara daftarnya bisa simak di link berikut ini.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular