Blockchain

NFT Jadi Cara Baru Jual Lukisan, Beri Keuntungan ke Seniman

Published

on

Lukisan adalah salah satu karya seni yang punya banyak peminatnya dan jadi incaran para kolektor sejak dahulu. Sebagian dari kita mungkin sudah tak asing dengan berbagai genre lukisan yang dijual oleh para seniman. Tapi, tahukah Anda jika kini cara menjual lukisan dapat ditempuh dengan lebih luas dengan mengubahnya menjadi NFT? Bukan tidak mungkin, para seniman bisa meraup pasar internasional. 

Wah! Bagaimana caranya, ya?

2  Cara Menjual Lukisan

Sebelum berbicara cara menjual lukisan dalam bentuk NFT, mari kita bahas terlebih dulu gimana sih cara-cara yang sering kita temukan selama ini.

1. Konvensional

Umumnya ada dua cara yang bisa dilakukan secara konvensional. Pertama, menjual lukisan di pameran. Pada cara ini seniman harus mencari lokasi pameran yang akan dibuka. Biasanya, exhibition yang membuka pendaftaran sejak jauh-jauh sebelum hari H. Sebaiknya pendaftaran dilakukan lebih dini agar persiapan dapat dilakukan dengan matang. Saat hari H biasanya para kreator akan melakukan promosi secara langsung kepada pengunjung pameran dan di sinilah biasanya transaksi jual beli dapat terjadi.  

Kedua, memamerkannya di toko atau galeri. Ada seniman yang memiliki toko fisik sendiri. Jika tidak, ada beberapa galeri yang bisa memamerkan sekaligus menjual lukisan. Namun, sebelumnya seniman haruslah melalui proses submission karena space yang ada tak banyak. Adapun prosesnya adalah memasukkan artwork, CV atau portofolio, artist statement, dan proposal tertulis. Barulah setelah itu proses kurasi akan dilakukan oleh pihak galeri. Setelah lukisan terpajang, galeri akan menjadi perantara bagi seniman dengan kolektor.

2. Digital

Cara menjual lukisan secara digital yang pertama ialah melalui media sosial. Ada Facebook, Instagram, maupun Tumblr yang bisa dipilih sesuai dengan pertimbangannya. Ya, kekuatan media sosial di zaman sekarang tak bisa diragukan lagi. Tak hanya untuk saling terkoneksi dengan komunitas, media sosial bisa dimanfaatkan untuk menjual lukisan. 

Cara kedua ialah melalui situs website pihak ketiga. Setidaknya cara ini menguntungkan bagi seniman baru. Tak hanya itu, banyak pembeli yang merasakan nyaman dan aman melalui situs website karena mereka memberikan perlindungan pelanggan. Beberapa situs website Indonesia yang bisa dipilih antara lain Etsy atau Arti.id.

Baca juga: Perbedaan Mengoleksi Seni Konvensional dan Seni Digital NFT

Cara Menjual Lukisan Lebih Luas Melalui NFT

Kehadiran NFT atau non-fungible token memungkinkan bagi para seniman untuk memamerkan serta menjual lukisannya dengan lebih luas karena kolektor bisa datang dari mana saja. Tak menutup kemungkinan hingga internasional. Seniman bisa menjual NFT lukisan ini di marketplace global seperti  OpenSea atau marketplace buatan Indonesia seperti TokoMall.

Cara Menjual Lukisan NFT di TokoMall

Sebelum mendaftar di Tokomall, pastikan Anda memiliki dompet kripto atau Metamask, jika belum bisa buat terlebih dahulu dengan mengikuti panduan dalam video ini:

Berikut langkah-langkah mendaftarkan diri sebagai Merchant :

  • Klik menu “user” pada bar navigasi dan halaman login akan muncul
  • Setelah Anda menghubungkan wallet Metamask, muncul halaman dengan pilihan “role” dan pilih sebagai “Merchant”
  • Isi form Individu/Perusahaan
  • Setelah form terisi dan terkirim, halaman proses verifikasi akan muncul
  • Anda akan mendapatkan notifikasi melalui email jika akun TokoMall disetujui maupun ditolak.

Selanjutnya mari kita lihat cara menjual lukisan NFT di TokoMall:

  1. Login ke akun TokoMall dan sambungkan dengan wallet Anda
  2. Klik “NFT” pada menu profil 
  3. Lalu akan muncul tampilan “Unggah NFT”.  Nah, di sini Anda bisa mengunggah atau menjual lukisan/karya seni lain yang akan dijadikan sebagai NFT. Namun perlu diingat jika maksimum ukuran file adalah 50 MB dengan format JPG, PNG, GIF, SVG, MP4, WEBM, MP3, WAV, OGG, M4A, dan X-M4A.
  4. Setelah memasukan karya yang akan dijadikan sebagai NFT, Anda harus mengisi Judul NFT, Serial, hingga Deskripsi dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris
  5. Klik “Submit”
  6. Sehabis itu, akan muncul halaman summarize dari karya yang Anda upload dan klik persetujuan dalam kolom “Disclaimer” lalu klik “Submit”
  7. Kemudian menuju ke halaman minting dengan klik “Lihat halaman buat NFT” 
  8. Klik “Upload ke blockchain” dan pastikan Anda sudah memiliki BNB, ya
  9. Jika sudah selesai, Anda bisa langsung menentukan harga lukisan yang Anda buat 

Ilustrasi TokoMall.

Cara Menjual Lukisan di Marketplace Global, OpenSea

Setelah mengetahui cara menjual lukisan NFT di TokoMall, berikut langkah-langkah mendaftar dan menjual lukisan ke luar negeri melalui OpenSea:

  1. Pertama-tama, Anda harus mendaftar dulu di OpenSea. Pastikan Anda melakukannya di perangkat yang sudah ter-install wallet-nya. Kunjungi https://opensea.io/  dan klik ikon dompet atau ikon foto profil, lalu pilih “Connect Wallet” dan pilih wallet yang Anda gunakan, misalnya MetaMask
  2. Setelah itu, wallet akan terhubung dengan OpenSea
  3. Klik opsi “Account”, lalu kemudian klik opsi “Profile” untuk menyelesaikan setting profil Anda. Masukkan username beserta alamat e-mail, dan lain-lain kemudian klik opsi “Sve”
  4. Lakukan verifikasi permintaan pembuatan akun yang dikirimkan OpenSea di email.
  5. Terakhir, akun Anda siap dipakai. 

Nah, selanjutnya adalah langkah untuk membuat lukisan Anda menjadi NFT serta menjualnya.

  1. Pertama, di halaman awal OpenSea, klik opsi “Create” dan masukkan file lukisan Anda yang ingin dijadikan NFT
  2. Masukkan nama NFT beserta pengaturan lainnya.
  3. Setelah selesai, klik opsi “Create” yang ada di bagian bawah.
  4. NFT sudah siap dijual
  5. Untuk menjualnya, Anda harus menuju ke ops “My Collection” dengan mengklik ikon foto profil yang ada di pojok kanan atas halaman OpenSea
  6. Pilih NFT-nya, lalu klik opsi “Sell
  7. Kemudian Anda bisa memilih 2 skema penjualan. Jika ingin menjual langsung klik opsi “Fixed Priced”, sedangkan untuk lelang klik opsi “Time Auction”
  8. Masukkan harga NFT dengan mata uang kripto yang diinginkan
  9. Klik kolom “Duration” untuk mengatur berapa lama durasi Anda akan menjual NFT tersebut
  10. Jika sudah, klik opsi “Complete Listing”.

Itu dia cara menjual lukisan dengan mengubahnya menjadi NFT. Ingin belajar lebih banyak tentang NFT? Yuk, gabung dengan komunitas resmi TokoMall Discord dan Telegram!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular

Exit mobile version