Blockchain

Kenalan dengan CryptoPunk, Salah Satu NFT Termahal yang Pernah Ada

Published

on

Seperti yang sama-sama kita ketahui, kehadiran NFT telah membawa banyak perubahan pada dunia kesenian. Tak heran, hal ini mendorong masyarakat untuk ikut menyelami dunia NFT ini dan membuat harganya menjadi mahal. Nah, dari sekian banyak NFT yang telah terjual, tentunya ada banyak di antaranya yang mencetak harga sangat tinggi sejak awal kemunculannya, salah satunya adalah CryptoPunk.

Penasaran dengan apa yang ada di balik proyek NFT ini, sehingga bisa mencetak harga hingga puluhan juta Dollar AS? Yuk, simak selengkapnya!

Apa Itu NFT CryptoPunk dan Siapa Penciptanya?

CryptoPunk merupakan sebuah proyek NFT art yang menggambarkan berbagai macam karakter unik dalam bentuk pixel dan terdiri dari 10.000 keping, mengutip Larva Labs. NFT ini dijalankan di jaringan blockchain Ethereum dan pertama kali diterbitkan oleh Matt Hall dan John Watkinson melalui Larva Labs pada 23 Juni 2017.

Gaya seni proyek NFT ini banyak terinspirasi dari budaya punk yang sempat terjadi di wilayah Inggris, tepatnya pada tahun 70-an. Selain itu, ada juga inspirasi dari film Blade Runner yang didominasi oleh aliran cyberpunk, hingga musisi Daft Punk. Dari 10.000 keping tersebut, lebih dari 9.000 keping didominasi oleh potret seseorang dengan berbagai macam gaya, hobi, juga ras dan etnis. Sisanya merupakan hewan seperti kera, lalu zombie, juga alien. Meski terdiri dari berbagai macam karakter yang berbeda, tiap karakternya tetap memiliki pengaruh budaya punk.

Meski masing-masing kepingnya pasti memiliki perbedaan antara satu dengan yang lain, CryptoPunk dikategorikan ke dalam beberapa jenis berdasarkan status yang dimiliki pada blockchain. Untuk keping yang sudah tidak dijual memiliki warna background biru, lalu untuk yang dalam kondisi dijual atau bisa dibeli background-nya berwarna merah, dan yang sedang aktif dilelang memiliki background berwarna ungu.

Baca juga: Apa Itu Ethereum? Berikut Panduan Lengkapnya!

Perkembangan Harga CryptoPunk 

Melihat harganya yang kini amat menjulang, ternyata di awal kemunculannya pada tahun 2017, CryptoPunk bisa didapatkan secara gratis di blockchain Ethereum, lho! Setelah itu, mulailah NFT ini dijual dengan rentang harga 1 hingga 34 USD. Harganya pun semakin berkembang seiring berjalannya waktu, di mana para pemiliknya menjual harganya secara besar-besaran. 

Bahkan, hanya selang 1 tahun pada 2018, sudah ada satu keping nft yang terjual seharga 1.700 USD, yaitu “CryptoPunk #8857”. Lalu memasuki bulan September 2021, NFT tersebut berhasil terjual di harga 6.6 juta USD dan berhasil menjadi salah satu CryptoPunk dengan harga termahal. Kejadian serupa juga terjadi pada “CryptoPunk #1417”, di mana pada tahun 2020 harganya masih senilai 2.700 USD saja, tetapi berhasil melonjak hingga lebih dari 200 ribu USD pada 2021!

Source: OpenSea – CryptoPunk #8857

Memang, puncak penjualan proyek NFT ini terjadi sepanjang tahun 2021. Melansir Larva Labs, penyumbang penjualan terbesar berasal dari penjualan yang terjadi pada tahun 2021. Mulai dari “CryptoPunk #2140”, “#CryptoPunk #6275”, hingga “CryptoPunk #7804”. Hal ini membuat floor price atau harga pasarannya sudah mencapai lebih dari 215 ribu USD pada 2021, dengan harga terendah yang tersedia saat ini yaitu sekitar 172 ribu USD.

Berkat peningkatan harganya yang tajam ini pula yang menjadikan beberapa keping CryptoPunk sebagai NFT termahal di dunia, di antaranya yaitu “CryptoPunk #9998” seharga 529.77 juta USD, lalu “CryptoPunk #5882” dengan harga 23.58 juta USD, dan “CryptoPunk #4156” senilai 10.35 juta USD melansir DappRadar.

Source: OpenSea – CryptoPunk #9998

Spektakuler, bukan? Meski begitu, sebenarnya apa sih yang membuat nft satu ini bisa memiliki harga yang amat mahal? Padahal kan, hanya berupa avatar saja? Nah, berikut sudah kami rangkum empat penyebabnya!

4 Penyebab NFT CryptoPunk Mahal

Termasuk NFT tertua

Hal utama yang membuat CryptoPunk menjadi kian populer dan dibanderol harga hingga puluhan juta USD adalah proyek NFT ini menjadi salah satu proyek yang tertua di blockchain Ethereum. Tepatnya, dirilis pada tahun 2017 alias 5 tahun yang lalu. Hal ini bisa ditelusuri melalui metadata yang selalu dilengkapi oleh CryptoPunk, sehingga seluruh data tercatat dan bisa diakses di blockchain.

Karena telah berada cukup lama, CryptoPunk juga sering dijadikan inspirasi oleh banyak proyek NFT lain yang tak kalah populer, seperti CryptoKitties, Bored Ape Yacht Club, dan Doodles.

Popularitas yang tinggi 

Dikarenakan menjadi salah satu NFT pionir di Ethereum dan dianggap sebagai proyek terpercaya dan potensial, CryptoPunk berhasil menarik perhatian banyak orang. Banyaknya permintaan terhadap NFT inilah yang membuat harganya terus meningkat, sebagaimana teori supply dan demand bekerja. 

Terbukti pada September 2020, penjualan tertingginya hanya mencapai 2.96 juta USD saja per kepingnya. Sementara, satu tahun setelahnya di Agustus 2021, proyek NFT ini mencapai volume transaksi sebesar 680 juta USD! Fantastis, kan?

Sudah tercatat pula nama besar di industri yang telah mengoleksi CryptoPunk, seperti public figure Snoop Dogg dan Jay-Z. Tak hanya itu,  brand besar Visa pun ikut serta dalam euforia CryptoPunk ini, dengan membeli salah satu keping NFT pada Agustus 2021 lalu seharga 150 ribu USD.

Source: Twitter Visa

Memiliki keunikan

Penyebab lainnya adalah keunikan yang dimiliki oleh CryptoPunk, tentunya dari sisi gaya seni. Seperti yang telah diketahui bersama, tiap NFT CryptoPunk menggambarkan avatar bergaya pixel dengan sosok yang berbeda-beda, mulai dari manusia hingga alien. Pada waktu perilisannya pun, belum ada NFT yang mengusung ide serupa. Dikarenakan dinilai berbeda dari karya seni digital kebanyakan, jadilah CryptoPunk terus menuai popularitas dan menjadi mahal. 

Koleksi terbatas

Selain karena bentuknya sebagai NFT yang tiap kepingnya hanya terdapat satu di blockchain dan tidak bisa digandakan, CryptoPunk juga sengaja merilis edisinya secara terbatas atau limited edition, yaitu sebanyak 10.000 keping saja. Dengan demikian, banyak orang berbondong-bondong untuk membelinya, sebelum harganya melonjak.

Ternyata, bukan tanpa alasan ya harga NFT CryptoPunk bisa melonjak hingga puluhan juta Dollar AS! Pantas saja beberapa keping di antaranya menyandang status NFT termahal yang pernah ada. Lantas, apakah Anda jadi tertarik untuk mendalami dunia NFT? Yuk, langsung daftarkan diri Anda di TokoMall dan cari tahu serba-serbi NFT di Komunitas NFT Tokomall!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Popular

Exit mobile version