Connect with us

NFT

Inilah 5 Deretan NFT Marketplace Buatan Indonesia!

Published

on

illustrasi nft marketplace

Tak bisa dipungkiri aset digital Non-fungible Token (NFT) di Indonesia kian populer. Beriringan dengan hal tersebut, komunitas dan ekosistem yang ada pun juga terbentuk. Jika sebelumnya kolektor dan kreator hanya bisa memasarkan NFT mereka di marketplace global, kini sudah pula bermunculan NFT marketplace Indonesia. 

Penasaran mana saja yang merupakan NFT marketplace asal Indonesia? Yuk, simak selengkapnya!

NFT Marketplace, Tempat Bertemunya Kolektor dan Kreator

Sebelum kami menghadirkan beberapa listnya, tentu tidak afdol kalau kita tidak membahas apa itu NFT marketplace itu sendiri. 

NFT marketplace adalah tempat di mana para kreator memamerkan dan menjual karyanya untuk kemudian dibeli oleh para kolektor. Mudahnya, NFT marketplace bisa dikatakan sebagai platform jual-beli NFT, layaknya marketplace lain yang berfungsi sebagai wadah untuk menjual berbagai macam barang. 

Awal Mula Kehadiran NFT Marketplace Global

nft marketplace opensea

Berbicara NFT marketplace global yang ada di dunia tentu tidak bisa lepas kaitannya dengan OpeanSea. Ya, OpenSea pada laman resminya menyebutkan jika ia adalah marketplace untuk NFT pertama dan juga terbesar di dunia. 

Bermula dari kegilaan pada hype CryptoKitties yang terjadi pada tahun 2017 di mana game yang berjalan di atas blockchain tersebut menarik perhatian banyak orang. Namun memang fokus dari mereka untuk menjadi mainstream audiens. Sayangnya, CryptoKitties pun belum seterkenal itu. 

Pencipta dari OpenSea, Devin Finzer dan Alex Attallah terinspirasi dengan cara baru memperkenalkan blockchain yang mulanya tidak miliki oleh siapapun menjadi bisa dilihat dari mana saja, diperjual beli secara terbuka, dan dapat dimiliki dengan ‘cara baru’ yang sebelumnya tak mungkin dilakukan pada dunia digital. Keduanya bergabung dengan komunitas CryptoKitties di Discord, dan akhirnya mereka mendirikan OpenSea versi Beta di akhir tahun 2017. 

Baca juga: Mengenal Apa itu OpenSea dan Cara Daftarnya

Advertisement

5 Deretan NFT Marketplace Indonesia

1. TokoMall

tokomall nft marketplace pertama indonesia

Source by TokoMall

TokoMall merupakan pelopor NFT marketplace di Indonesia. TokoMall berasal dari pengembangan Toko Token (TKO) oleh Tokocrypto yang berjalan di atas jaringan Binance Smart Chain (BSC).  Kreator dan kolektor bisa menghubungkan akun mereka dengan dompet digital Wallet Connect maupun Meta Mask. 

Hadirnya TokoMall sendiri mengusung konsep unik yang mana sebagai jembatan antara dunia digital dan realita. Selain itu, tentunya TokoMall hadir guna mendukung merek, artist, dan kreator lokal untuk mendunia. 

2. Baliola

tampilan balilola

Source by Baliola

Jika sebelumnya kita membahas NFT marketplace pertama di Indonesia, kali ini ada Baliola yang merupakan NFT marketplace pertama yang ada di Bali. Awal mula Baliola hadir adalah adanya proyek Kepeng.io yang merupakan token utilitas dan investasi yang dikembangkan sebagai aset digital berbasis teknologi blockchain. Token Kepengen (KPG) disiapkan untuk ekosistem pariwisata, seni, dan budaya.

Tak hanya NFT yang berbentuk lukisan, di Baliola Anda bisa menemukan  jenis NFT lainnya dalam bentuk fotografi, animasi, ilustrasi, komik, dan bahkan musik. Adapun tujuan dari hadirnya marketplace ini tentu untuk pekerja seni yang ada di Bali. 

3. Kolektibel

tampilan kolektibel

Source by Kolektibel

Selanjutnya ada dari NFT marketplace Indonesia yang punya ciri khas dengan menjual koleksi NFT terbaik dari olahraga, budaya, musik, hingga lifestyle. Kolektibel sendiri berjalan menggunakan jaringan blockchain Vexanium. Oh iya, Vexanium sendiri didirikan oleh Vexanium Foundation dan merupakan satu-satunya perusahaan berbasis public blockchain pertama di Indonesia.  

4. Enevti

tampilan nft marketplace enevti

Source by Enevti

Berbeda dengan NFT marketplace lainnya, Enevti menghadirkan pengalaman yang berbeda bagi para pemegangnya. Enevti adalah platform NFT media sosial yang terdesentralisasi. Di sana penggemar dengan influencer kesayangan mereka dapat berhubungan secara eksklusif. Misalnya, Anda sebagai pemegang NFT bisa melakukan video call langsung, hingga mendapatkan hadiah eksklusif dari para kreator NFT-nya. 

5. Paras

tampilan nft marketplace paras

Source by Paras

Paras merupakan marketplace yang mempertemukan kreator dan kolektor NFT yang punya kesenangan pada pop culture, khususnya pada fandom dan gamer. Paras didirikan oleh Rahmat Albariqi dan Afiq Shofy Ramadhan beserta tim lainnya yang juga berasal dari Indonesia dan berjalan di atas NEAR Protocol. Sehingga transaksi yang bisa dilakukan saat ini ialah menggunakan aset kripto NEAR.

Advertisement

Kemunculan NFT marketplace Indonesia pada akhirnya mempunyai tujuan yang sama, yakni sebagai wadah bertemunya antar kreator, dan juga kreator dengan kolektor guna membangun ekosistem NFT yang baik. Sehingga para kolektor bisa terus berkarya dengan baik dan memasarkannya menjadi lebih mendunia. Tertarik punya koleksi NFT pertama kali? Kunjungi TokoMall  dan bergabung dengan komunitas resminya di Telegram sekarang juga!

Popular