Connect with us

Crypto

Volume Perdagangan Ethereum (ETH) Turun $ 1,5 Triliun. Apa Penyebabnya?

Published

on

Ilustrasi Ethereum.

Market aset kripto tampaknya sedang tidak baik-baik saja. Selain Bitcoin, volume perdagangan Ethereum pun dilaporkan turun pada kuartal I 2022. Apa penyebabnya?

Dikutip Be[In]Crypto, akibat adanya tren bearish di pasar kripto, volume perdagangan Ethereum selama kuartal pertama 2022 lebih rendah daripada saat kuartal pertama 2021. ETH masih terus diperdagangkan di bawah harga $ 4.000 pada April 2022, meski pasar kripto sudah perlahan-lahan mulai pulih.

Minat Investor Terhadap Ethereum Turun

Menurut laporan Be[In]Crypto Research, minat investor pada Ethereum mengalami penurunan selama kuartal pertama 2022. Aset kripto dengan kapitalisasi pasar (market cap) terbesar nomor 2 ini hanya mencatatkan volume perdagangan sekitar $ 1,34 triliun.

Ilustrasi market turun.
Ilustrasi market turun.

Baca juga: Menakar Keunggulan Metaverse Zilliqa (ZIL), Metapolis

Angka tersebut turun 54% bila dibandingkan dengan angka di periode Januari hingga Maret 2021, yang berada di area $ 2,94 triliun.

Padahal saat Januari 2021, volume perdagangan ETH sebesar $ 1,18 triliun, dengan level tertinggi harian kurang lebih $ 60 miliar. Sementara itu, di bulan Januari 2022, volume perdagangan ETH berada di angka $ 491 miliar dan level tertinggi hariannya sekitar $ 28 miliar.

Turunnya minat investor tercermin dari perdagangan ETH untuk stablecoin Tether (USDT) agar menghindari persentase kerugian yang tinggi, dapat dikatakan sebagai penyebab penurunan volume perdagangan Ethereum.

Minat Investor Terhadap Bitcoin juga Turun

Arus Keluar Bitcoin Besar-besaran dalam 7 Hari dari Bursa, Sinyal Mega Bullish?
Ilustrasi aset kripto, Bitcoin.

Baca juga: Binance Membakar Koin BNB Senilai $ 740 Miliar, Harganya Bakal Naik?

Be[In]Crypto Research juga melaporkan minat investor pada Bitcoin (BTC) juga alami penurunan tajam pada kuartal pertama tahun 2022. Volume perdagangan BTC pada kuartal pertama tahun 2022 masih di bawah dua setengah kali kuartal pertama tahun 2021.

Advertisement

Volume perdagangan yang dicatat untuk Bitcoin selama kuartal pertama tahun ini adalah sekitar $ 2,42 triliun. Ini adalah penurunan 60% dalam volume perdagangan yang tercatat antara Januari dan Maret 2021 sekitar $ 6,02 triliun.

Be[In]Crypto melaporkan tren bearish di pasar crypto secara keseluruhan menyebabkan penurunan volume perdagangan harian dan terutama dapat dikaitkan dengan penurunan minat investor terhadap Bitcoin.

Popular