Connect with us

Crypto

5 Tips Cuan Maksimal Investasi Kripto saat Lebaran

Published

on

Ilustrasi cuan investasi kripto saat lebaran.

Momen lebaran biasanya membawa berkah bagi sisi keuangan karena adanya Tunjangan Hari Raya (THR). Pendapatan yang berlebih tersebut, jangan dihabiskan untuk memenuhi kebutuhan saja, namun alangkah baiknya, jika disisihkan untuk investasi, termasuk aset kripto.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, kedatangan bulan Ramadhan akan disambut suka cita. Ada banyak keberkahan yang terjadi bagi umat Muslim, termasuk bagi karyawan yang merayakan Lebaran bisa dapat pendapatan tambahan melalui THR.

Bonus di luar penghasilan bulanan ini menjadi hal paling ditunggu mendekati Hari Raya Idul Fitri. Saat punya dana atau uang berlebih inilah, kamu tetap harus berinvestasi, di samping memenuhi kebutuhan harian atau bayar utang.

Ilustrasi Tunjangan Hari Raya (THR). Foto: Shutterstock.
Ilustrasi Tunjangan Hari Raya (THR). Foto: Shutterstock.

Salah satu instrumen investasi yang bisa membawa keuntungan maksimal adalah aset kripto. Investasi aset kripto sudah legal di Indonesia sejak tahun 2019 di bawah pengawasan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian perdagangan. Kripto pun tergolong aset komoditi, bukan mata uang sebagai alat pembayaran.

Momen lebaran yang mempererat silaturahmi dengan sanak saudara dan dengan adanya dana berlebih dari THR ternyata bisa memaksimalkan keuntungan atau cuan di investasi aset kripto. Bagaimana caranya? Simak tipsnya di bawah ini.

Atur Dana Investasi

Sebagaimana memulai investasi, biasanya dibutuhkan tujuan dan strategi agar pengelolaan keuangan bisa seimbang. Banyak ahli menyarankan alokasi dana yang bersumber dari gaji atau THR, bisa disisikan sedikitnya 10-20%.

Jika THR kamu dapat Rp 5 juta, maka sisihkan Rp 1 juta-Rp 2 juta untuk investasi kripto. Pastikan kamu sudah menyisihkan dana THR untuk kebutuhan Lebaran, bayar utang, sedekah dan lain-lainnya

Kamu bisa sisihkan dana investasi di awal, begitu menerima THR. Bijak dalam mengatur pengeluaran THR bisa menambah peluang kesejahteraan di masa depan.

Advertisement

Pilih Aset Kripto yang Tepat

Dalam investasi aset kripto, yang terpenting adalah meningkatkan skill kita sebagai investor. Dengan skill yang mumpuni, kita bisa mendapat keuntungan yang lebih banyak.

Kamu harus mempelajari fundamental dari aset kripto yang ingin kamu beli. Jangan sembarang memilih karena aset kripto tersebut sedang hype dan atas rekomendasi orang lain.

Kamu bisa jadikan sumber berita dan orang lain di komunitas sebagai referensi, untuk membuat keputusan yang tepat sebelum memulai investasi kripto. Jangan FOMO atau fear of missing out. Ingat, tidak ada yang bisa memprediksi masa depan, dan tak ada saran yang lebih baik daripada melakukan penelitian sendiri.

Ilustrasi market kripto.
Ilustrasi market kripto.

Baca juga: Webinar PPKM: Pelajari Potensi cuan Kripto dengan Maksimal

Salah satu yang bisa dipelajari sebelum membeli aset adalah, pahami dulu utilitas dari kripto tersebut, bagaimana teknologinya, siapa pengembangnya, lihat roadmapnya, semua itu terangkum di whitepaper.

Lakukan Diversifikasi

Saran ini mungkin berlaku di semua instrumen investasi, tidak hanya kripto. Sebagai smart investor, kamu harus selalu melakukan diversifikasi aset dalam investasi.

Diversifikasi ini jadi salah satu strategi untuk meminimalisir risiko dari investasi kita. Tujuannya adalah untuk meminimalisir kerugian dan memaksimalkan keuntungan. Itulah mengapa dalam dunia investasi dikenal dengan istilah don’t put your eggs in one basket.

Gampangnya, kamu bisa investasikan uang kamu di beberapa aset kripto yang berbeda. Misalnya, kamu punya portofolio di salah satu portofolio di aset kripto big cap, stabelcoin hingga altcoin.

Advertisement

Lihat Peluang di Market Kripto

Investasi aset kripto kini sedang menarik perhatian banyak orang. Pertumbuhan jumlah investornya pun meningkat setiap tahunnya.

Tercatat pertumbuhan investasi aset kripto telah mencapai 12,4 juta investor per Februari 2022. Padahal pada akhir tahun 2020, hanya ada sekitar 4 juta investor. Selain itu dari sisi nilai transaksinya tak main-main hingga Februari 2022 lalu, telah mencapai lebih dari sudah mencapai Rp 83,8 triliun.

Ilustrasi investasi aset kripto.
Ilustrasi tips investasi aset kripto agar selalu cuan.

Baca juga: Mendag Lutfi Apresiasi Program Akselerator Startup Blockchain, TSBA

Pasar kripto memunculkan peluang baru untuk investor mencari cuan. Kamu harus pandai melihat peluang baru, pasti memanfaatkannya dengan baik. Seperti situasi market yang sedang bearish bisa dimanfaatkan untuk memulai invstasi, karena harga aset kripto yang cenderung turun.

Untuk melihat peluang yang terjadi di market kripto setiap minggunya, sehingga meraih profit, kamu bisa simak Tokocrypto Market Signal yang terbit di TokoNews. Dalam ulasannya akan dibahas lima koin/token yang berpotensi bullish dan bearish selama satu pekan ke depan.

Ajak Kerabat Investasi Kripto

Lebaran identik dengan pulang kampung dan silaturahmi ke kerabat. Momen ini rupanya bisa membawa untung untuk kamu yang investasi aset kripto. Loh kok bisa? Ya, kamu bisa mengikuti program Rayakan Mudik Lebaran bersama Tokocrypto.

Dalam program ini, kamu bisa ajak orang tua, mertua, kerabat, teman, pacar, gebetan dan lainnya untuk memulai investasi aset kripto. Berikan kode referral akun Tokocrypto kamu dan raih bonus senilai Rp 100.000 untuk setiap nasabah baru yang menggunakan kode dari kamu dan lolos KYC (Know Your Costumer).

Ilustrasi cuan investasi kripto saat lebaran.
Ilustrasi cuan investasi kripto saat lebaran.

Baca juga: Tips Cari Cuan Investasi Aset Kripto di Kala Market Anjlok

Dapatkan ekstra bonus, jika nasabah yang menggunakan kode referral kamu melakukan trading minimal $ 25, maka kamu akan mendapatkan Rp. 50.000 dan yang dia akan mendapatkan Rp. 100.000.

Advertisement

Program ini mulai berjalan dari 1 April 2022 00:00 WIB hingga 10 Mei 2022 23:59 WIB. Dan periode KYC mulai 25 April 2022 15:00 WIB sampai 10 Mei 2022 23:59 WIB. Untuk info selengkapnya bisa kunjungi link ini.

Ayo tunggu apalagi ajak keluarga dan kerabat kamu gabung di Tokocrypto dan raih cuan di hari Lebaran!

Popular