Connect with us

Crypto

Binance Dominasi Exchange Kripto di Dunia dengan Peningkatan Transaksi

Published

on

Ilustrasi Binance

Platform perdagangan aset kripto global, Binance dilaporkan mendominasi pasar sebesar 30% dari transaksi exchange di seluruh dunia. Binance mampu mengalah Coinbase, OKX, BeQuant, FTX dan Huobi Global.

Dilansir CoinDesk, Binance, salah satu pertukaran aset kripto terkemuka di dunia, menangkap 30% dari pangsa pasar volume spot pada bulan Maret 2022. Menurut laporan CryptoCompare, pangsa pasar Binance naik 15% dari bulan Februari 2022.

Diperkirakan Binance telah menangani transaksi sekitar $ 490 miliar perdagangan spot pada bulan Maret lalu, meningkat 15% dari bulan sebelumnya. Posisi Binance dibuntuti oleh Coinbase (COIN) pada $ 81,9 miliar (turun 12%) dan OKX dengan $ 75,9 miliar (turun 26%).

“Binance telah memiliki pangsa pasar yang signifikan selama beberapa waktu,” kata Head of Trading Covario, Florian Giovannacci. “Mereka sangat andal (secara teknis), mencakup sejumlah besar token dan menawarkan beberapa likuiditas terbaik, yang menarik volume.”

Ilustrasi Binance
Ilustrasi Binance. Foto: SOPA IMAGES/LIGHTROCKET VIA GETTY IMAGES.

Baca juga: Ahli Prediksi BTC dan ETH akan Tembus Level Tertinggi di Tahun 2022

Dominasi 30% pangsa pasar Binance pada bulan Maret, hanya sedikit di bawah rekor sebesar 34% yang dicapai pada November 2021. Binance juga memimpin pasar derivatif dengan 52% dari total volume di bulan Maret 2022. Ini diikuti oleh OKX dan Bybit.

Volume Perdagangan Binance Naik

Volume perdagangan bulanan Binance selama kuartal I 2022 terus meningkat, meski sentimen pasar kripto berada dalam kondisi bearish. Total volume perdagangan Binance selama kuartal I 2022 sebesar $ 5 triliun.

Menurut Be[In]Crypto Research, volume perdagangan dari Binance selama kuartal pertama 2022 mencapai sekitar $ 5,54 triliun. Ada kenaikan volume perdagangan sebesar 8%, sekitar $ 5,09 triliun, selama Januari 2021 hingga Maret 2021.

Advertisement
Ilustrasi Binance.
Ilustrasi Binance.

Baca juga: 5 Crypto Potensial di Akhir April: KLV, DSLA, KAVA, SCRT dan GMM

Variatifnya aset kripto yang tersedia dalam platform Binance, merupakan alasan utama dari kenaikan volume perdagangannya. Beberapa aset kripto yang memberikan kontribusi, meliputi: ApeCoin (APE), Bitcoin (BTC), Ethereum (ETH), Terra (LUNA), Fantom (FTM) dan STEPN (GMT).

Biasanya pasangan perdagangan (trading pair) yang paling banyak digemari adalah dengan USDT dan stablecoin milik Binance, BUSD. Pada hari-hari biasa, Binance memiliki volume perdagangan spot empat kali lipat lebih banyak dari pesaing terdekatnya.

Popular